KEKURANGAN KARAKTER POSITIF DI TEMPAT KERJA BISA MENGHANCURKAN BISNIS YANG HEBAT

“Karakter bukanlah tentang kompetensi yang hebat, tetapi tentang siapa diri Anda yang sejati dan asli dalam semua situasi.”~Djajendra

Jika karakter lemah di lingkungan kerja, maka semua peluang terbaik akan hilang. Karakter karyawan yang positif mampu menciptakan kekuatan daya saing yang unggul, sehingga selalu mampu memenangkan kompetisi bisnis di pasar manapun. Karakter yang positif menjadikan karyawan bekerja dengan penegasan jati diri yang asli. Karakter positif membuat karyawan memiliki keberanian, harga diri, mental pemenang, kesabaran, ketekunan, kesopanan, kesadaran diri, rendah hati, melayani, tidak ditunggangi, percaya diri, tulus, hangat, fokus, bermoral, etis, memecahkan masalah, menang atas kesukaran, tenang atas temperamen negatif, empati, toleransi, peduli, membantu, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Karakter bukan sesuatu yang bisa diciptakan dengan mudah. Karakter terbentuk dari sebuah proses panjang yang dibangun sedikit demi sedikit melalui integritas, disiplin, dan kerja keras. Pembentukan karakter dimulai dari pikiran positif dan niat untuk melakukan segala sesuatu berdasarkan integritas yang tinggi. Setelah pikiran positif berakumulasi secara kuat atas semua penglihatan, pendengaran, sentuhan, rasa, dan aroma; maka, pikiran mampu melahirkan sikap dan perilaku untuk tindakan terpuji sesuai integritas. Karakter adalah fondasi nyata dari semua kesuksesan yang berharga. Pikiran positif menabur tindakan berkualitas untuk hasil terbaik. Semua tindakan dari pikiran positif yang terus-menerus dan berulang-ulang menciptakan karakter yang hebat untuk sukses.

Dalam bisnis, diperlukan karakter yang sangat dipercaya oleh stakeholders. Jadi, karakter yang setiap hari menabur kejujuran, ketulusan, kerja keras, tanggung jawab, pelayanan sepenuh hati, kesabaran, ketenangan, kegembiraan, ketegasan, keberanian, kerendahan hati, serta mempraktikkan moral dan etika dengan konsisten, adalah karakter yang pasti mengarahkan karyawan pada kesuksesan dan pencapaian kinerja terbaik.

Karakter bukanlah kompetensi, karakter adalah siapa diri Anda yang sejati dan asli. Walaupun seseorang hebat secara kompetensi dengan segala kemampuan, tetapi bila karakternya lemah, maka dia menjadi orang yang tidak bisa dipercaya. Dalam kehidupan profesional, karakter positif adalah segalanya. Bisa saja seseorang dengan karakter yang lemah menjadi sukses, tetapi karakter dia yang lemah itu juga yang akan menjatuhkan dirinya ke dalam kegagalan. Sebaliknya, bagi seseorang dengan karakter yang positif dan kuat, dia selalu akan diselamatkan oleh karakter positifnya, sehingga saat dia tergelincir, dia bisa segera bangkit dengan lebih hebat untuk meraih sukses yang lebih tinggi.

Karakter positif karyawan di tempat kerja meningkatkan kualitas etika, moral, mental, fisik, dan kepercayaan di lingkungan kerja. Intinya, karakter positif pasti menjaga perusahaan di jalan sukses, sedangkan karakter negatif membawa perusahaan ke jalan kegagalan. Untuk bisa menjaga konsistensi karakter positif, maka perhatikan pikiran dan kata-kata yang sering Anda ucapkan. Bila Anda selalu mengelurkan kata-kata pesimis dan negatif, itu artinya karakter Anda sangat lemah. Bila pikiran Anda selalu bolak-balik dari masa lalu ke masa depan, dan dari masa depan ke masa lalu, serta tidak fokus pada pencapaian kesuksesan pada momen ini; maka, itu artinya karakter Anda sangat lemah dan harus segera diperbaiki.

Karakter adalah dasar untuk pengembangan kualitas diri yang hebat dan andal. Walaupun kecerdasan, keterampilan, pengetahuan, informasi, sistem, budaya, tata kelola, dan skill setiap orang sudah sangat istimewa di tempat kerja Anda. Tetapi, bila semua kehebatan itu tidak berlandaskan karakter positif yang kuat, maka sekali badai kegagalan menghantam perusahaan Anda, semua yang hebat itu sulit bangkit untuk menyelamatkan bisnis Anda. Sebuah lingkungan kerja menderita lebih banyak karena kurang memiliki karakter positif daripada kekurangan kompetensi ataupun keterampilan. Bila karakter positif sangat kuat, maka walau keterampilan dan pengetahuan tidak banyak, tetap saja perusahaan dapat tumbuh dan bertahan di dalam badai apapun.

Karakter yang lemah akan mengkhianati visi dan tujuan bisnis. Karakter yang lemah selalu mengalahkan kerja keras dan perjuangan untuk berhasil. Karakter yang lemah tidak mampu bangkit ketika masa sulit hadir. Karakter yang lemah membuat tempat kerja tidak sehat dan selalu ramai dengan gosip yang tidak baik. Karakter yang lemah tidak meningkatkan kualitas intelektual kerja, tetapi hanya meningkatkan rasa tidak puas dan perilaku pesimis.

Untuk memiliki karakter yang hebat, seseorang harus menjadi penguasa atas pikirannya, dan tidak membiarkan pikiran untuk menjadi budak dari pancainderanya. Jadi, setiap hari, pikiran harus dilatih untuk fokus pada momen ini, dan terus-menerus menyatukan pikiran dengan hati nurani. Pilih nilai-nilai positif dan kembangkan nilai-nilai tersebut sebagai benih untuk pengembangan karakter dan kecerdasan Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan