KECERDASAN EMOSIONAL ANDA MEMUDAHKAN ANDA UNTUK BEKERJA DALAM KERAGAMAN DAN PERBEDAAN

“Jika Anda bersedia untuk melihat diri sendiri dengan jujur, maka Anda mudah menemukan kekuatan dan kelemahan diri sendiri untuk menata kehidupan terbaik.”~Djajendra

Kodrat kehidupan manusia adalah perbedaan dan keragaman. Tidak ada seorang pun yang mampu menentang kehendak Tuhan atas kehidupan manusia di dalam perbedaan dan keragaman. Oleh karena itu, kita hanya punya satu pilihan untuk bisa hidup berdampingan. Pilihan tersebut adalah merangkul semua pemikiran dan kepribadian yang berbeda. Kita harus pahami bahwa kita semua memiliki kepribadian yang berbeda, cara berpikir yang berbeda, cara mengekspresikan emosi yang berbeda, kebutuhan yang berbeda, keinginan yang berbeda, dan harapan yang berbeda. Jadi, kita tidak hidup untuk memaksa maunya kita, tetapi kita hidup untuk menjalin hubungan yang baik dengan semua orang yang berbeda dan beragam.

Untuk bisa hidup harmonis di dalam perbedaan dan keragaman, Anda harus memiliki kecerdasan emosional yang baik. Kecerdasan emosional yang baik menjadikan Anda lebih bijaksana dan lebih pandai untuk menjalani kehidupan yang berkualitas di tengah-tengah perbedaan dan keragaman.

Ketika Anda sudah terbiasa untuk mengenali emosi Anda, dan memahami maunya pikiran Anda, maka Anda bisa mengendalikan diri Anda agar tidak menciptakan konflik dalam hubungan sosial Anda. Emosi Anda yang cerdas dan positif mampu mempengaruhi orang-orang di sekitar Anda. Kemampuan Anda untuk tetap tenang dan terkendali saat menghadapi situasi dan peristiwa yang tidak menyenangkan, akan membantu perasaan Anda untuk mengelola hubungan yang lebih baik dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Keberhasilan karir di tempat kerja sangat ditentukan oleh kecerdasan emosional Anda. Semakin berkualitas kecerdasan emosional Anda, semakin mudah Anda beradaptasi dengan berbagai situasi dan peristiwa di tempat kerja. Anda mudah terhubung dan bekerja sama dengan atasan, rekan kerja, bawahan, pelanggan, dan semua pemangku kepentingan yang lainnya. Anda mampu secara konsisten bersikap baik, bijaksana, pandai, tenang, dan merasakan kebutuhan emosional orang lain. Anda mampu menjadi pendengar yang baik dan memahami pola pikir orang lain.

Bila Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi; maka, apa pun situasi dan peristiwa yang sedang Anda hadapi, Anda tidak pernah tersinggung atau marah. Anda peduli dan memberikan perhatian untuk menciptakan situasi dan peristiwa menjadi positif. Inilah dampak positif bila Anda memiliki kecerdasan emosional yang baik.

Bagaimana cara Anda memiliki kecerdasan emosional?

Untuk memiliki kecerdasan emosional, Anda harus berlatih dan membiasakan diri untuk memahami emosi dan pola pikir Anda. Jelas, yang pertama, Anda harus sadar diri dulu. Anda harus memiliki kesadaran diri untuk belajar tentang diri sendiri dan memahami emosi-emosi yang sering dihasilkan oleh diri Anda. Dalam hal ini, Anda harus sadar dan memiliki komitmen agar emosi-emosi yang tidak baik dapat Anda kontrol, serta tidak membiarkannya keluar dari diri Anda. Menjadi jujur kepada diri sendiri untuk melihat kekurangan dan kekuatan diri sendiri sangatlah penting dalam membangun kecerdasan emosional Anda. Intinya, integritas Anda merupakan fondasi terpenting dalam memperkuat kecerdasan emosional Anda.

Anda juga harus memiliki disiplin dan aturan-aturan dari niat Anda untuk mengendalikan diri Anda. Dalam hal ini, Anda harus memiliki aturan-aturan untuk diri sendiri agar tidak mudah marah, tidak mudah cemburu, tidak mudah khawatir, tidak mudah takut, tidak ceroboh, tidak makan berlebihan, tidak bereaksi secara berlebihan, dan tidak berpikir negatif. Anda harus memiliki aturan-aturan untuk diri sendiri agar selalu tenang dalam menghadapi berbagai situasi; selalu merasa nyaman dan bersyukur dengan semua peristiwa kehidupan yang harus Anda hadapi; selalu merasa bertanggung jawab untuk menjadikan diri Anda lebih bahagia; selalu mampu menjaga pola makan yang sehat; dan mampu mengatakan tidak untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan kebaikan hidup Anda.

Kecerdasan emosional menjadi konsisten bila Anda memiliki motivasi yang tinggi, untuk selalu cerdas emosi dalam menghadapi berbagai situasi dan peristiwa kehidupan. Dalam hal ini, Anda harus bersedia untuk berlatih dan membiasakan emosi-emosi baik menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda. Apa pun situasi dan peristiwanya Anda mampu menjaga motivasi Anda untuk melakukan hal-hal terbaik bagi kebahagiaan hidup Anda.

Empati dan keterampilan sosial merupakan pengetahuan yang wajib Anda miliki untuk memperkuat kecerdasan emosional Anda. Empati Anda mampu memahami isi hati dan isi pikiran orang lain. Keterampilan sosial Anda menjadikan Anda mudah berkomunikasi dan terhubung dengan kepribadian yang berbeda dan beragam. Jadi, empati dan keterampilan sosial Anda memudahkan Anda untuk berhubungan dengan orang lain. Dan, Anda juga mampu memahami kebutuhan, keinginan, dan harapan orang lain sehingga mudah memberikan pelayanan dan bantuan yang dibutuhkan oleh orang lain.

Kecerdasan emosional sangatlah penting untuk menjadikan Anda memahami berbagai realitas kehidupan di tempat kerja. Anda yang cerdas emosional menjadi mudah memahami pola pikir orang lain; mudah memahami emosi-emosi yang muncul di lingkungan kerja Anda; Anda mampu memiliki kerendahan hati untuk memahami orang lain; Anda mampu tampil penuh percaya diri dan berani bersikap; Anda mampu tampil tenang dan fokus pada solusi; Anda tidak akan terjebak oleh pujian dan sanjungan;  dan Anda juga mampu bereaksi positif terhadap situasi stres.

Orang-orang yang cerdas emosi tidak suka menyalahkan orang lain atau menjadi marah pada mereka. Orang-orang yang cerdas emosi selalu terkendali dan bijaksana dalam memahami realitas yang ada. Mereka menjaga emosi di bawah kontrol pikiran positif. Mereka bersedia meminta maaf dan memaafkan orang lain.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan