BERANI MENGHADAPI RASA TAKUT DAN MENUJU TUJUAN DENGAN PERCAYA DIRI

“Temui rasa takut dan tunjukkan keberanian kepadanya. Kemudian, ciptakan kebiasaan untuk melakukan yang Anda takuti dengan penuh percaya diri.”~Djajendra

Rasa takut adalah perbuatan ego untuk mencegah dan melindungi diri dari terluka. Dalam hal ini, ego akan menciptakan emosi yang membuat diri waspada dan hati-hati. Biasanya, bila ketakutannya berlebihan, maka pikiran dan tubuh akan langsung menunjukkan reaksi. Pikiran bisa pusing, tubuh bisa berkeringat, jantung bisa berdetak tak teratur. Intinya, rasa takut yang dihasilkan ego akan membuat pikiran, tubuh, dan jiwa tidak nyaman dan tidak damai hidupnya.

Rasa takut menguras energi dan pikiran sehingga hidup menjadi melelahkan. Bila rasa takut menguasai hidup Anda, maka Anda tidak bisa tenang dan berkonsentrasi untuk mencapai sesuatu. Rasa takut Anda yang berlebihan itu akan mengalihkan fokus Anda untuk mencapai tujuan. Kendalikan rasa takut, lalu fokuskan waktu dan energi untuk bergerak menuju tujuan. Jangan pernah membiarkan rasa takut mensabotase masa depan Anda.

Perjalanan hidup setiap orang pasti melalui rintangan dan cobaan. Dalam hal ini, Anda tidak boleh panik, tidak boleh cemas, atau tidak boleh kehilangan kepercayaan diri. Anda harus menjaga hidup Anda dengan percaya diri, dan jangan merusaknya dengan ketakutan yang berlebihan.

Ketika berurusan dengan rasa takut, Anda harus fokus untuk meningkatkan keberanian Anda. Bila Anda membiarkan rasa takut menguasai diri Anda, maka hal ini akan menjadi proses awal pelemahan kekuatan Anda, dan potensi sukses Anda tidak akan tumbuh, Anda pun akan memiliki kebiasaan-kebiasaan negatif yang pada akhirnya merugikan kemajuan Anda.

Manusia adalah tempatnya salah, tempatnya kekurangan, dan tempatnya ketidaksempurnaan. Jelas, realitas ini akan menjadi sumber munculnya rasa takut di dalam diri. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran untuk menerima semua realitas hidup dengan rasa syukur dan terima kasih. Apapun peristiwa hidup yang harus Anda lalui dan hadapi, jalani saja dengan ikhlas dan penuh syukur. Ketika ikhlas dan penuh syukur ini menjadi kekuatan Anda, maka Anda akan menyikapi semua persoalan hidup dengan percaya diri. Kekuatan percaya diri Anda akan melemahkan ketakutan Anda.

Ciptakan kebiasaan hidup yang tidak takut dengan ketakutan Anda. Biasakan untuk memasuki dan melakukan hal-hal terbaik di dalam rasa takut Anda. Di sepanjang hidup, hadapi ketakutan dengan keberanian dan optimisme, serta membuatnya hilang dari realitas hidup Anda. Untuk bisa melakukan ini semua, Anda harus jujur pada diri sendiri. Anda harus sadar dan memahami kenapa rasa takut itu muncul, dan Anda harus memiliki kepercayaan diri untuk mengecilkan rasa takut di dalam diri Anda. Anda harus mampu memiliki daya tahan mental yang selalu menguatkan dan meningkatkan keberanian Anda.

Jadilah realistik sambil memetakan resiko yang ditimbulkan oleh ketakutan Anda. Sangat wajar kalau rasa takut menyerang Anda, tetapi jangan pernah membiarkan rasa takut menjajah dan menguasai hidup Anda. Bila ketakutan Anda tidak mudah diatasi, maka ambillah langkah-langkah kecil dengan kesabaran yang tinggi, lalu bergeraklah dengan optimis dan penuh percaya diri untuk melewatinya.

Ketika Anda mulai berpikir positif dan bertindak positif, maka rasa takut akan sulit mengambil hidup Anda. Kekuatan baik di dalam diri Anda akan memberi dukungan yang hebat kepada keberanian, keikhlasan, dan kepercayaan diri Anda. Sebaliknya, bila Anda mudah terluka, mudah tersakiti, mudah membenci, dan mudah dendam; maka, ketakutan Anda dengan mudah akan menguasai hidup Anda. Oleh karena itu, setiap hari ciptakan energi positif yang besar di dalam diri Anda, dan energi positif Anda tersebut akan menjadi kekuatan hebat untuk mengusir rasa takut Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan