SELF-EFFICACY ADALAH SUMBER UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONFIDENCE

“Self-efficacy adalah sebuah keyakinan yang diperlihatkan melalui perilaku. Di mana, walau badai besar menghadang Anda, Anda tidak akan menghentikan perjalanan Anda untuk mencapai sukses.”~Djajendra

Self-confidence atau kepercayaan diri adalah cahaya dalam perjalanan hidup. Salah satu sumber untuk penguatan kepercayaan diri adalah keyakinan diri yang tinggi, yang biasa disebut dengan self-efficacy. Self-efficacy pertama kali di temukan oleh Albert Bandura sebagai sumber penguatan kepercayaan diri seseorang. Self-efficacy bermakna diri yang sangat yakin atas kemampuannya untuk mencapai keberhasilan atas tugas atau pekerjaan yang dilakukan. Dalam hal ini, walau situasi yang dihadapi sangat berat dan tidak pasti; rintangan dan kesulitan yang dihadapi penuh resiko; cobaan dan ketidakpastiaan benar-benar berada di titik tergelap; tetapi, orang-orang yang memiliki self-efficacy mampu membangun mental pemenang dan menemukan cahaya kemenangan, untuk menghadapi situasi terberat sampai mencapai kemenangan.

Self efficacy adalah sebuah keyakinan untuk memperkuat kepercayaan diri Anda yang bersumber dari perilaku – perilaku hebat Anda yang tidak pernah berhenti atau menyerah untuk mencapai keberhasilan; kemampuan kecerdasan sosial Anda untuk selalu berada di lingkungan yang optimis dan belajar dari lingkungan tersebut; logika dan akal sehat Anda untuk menjadi sangat kreatif dan inovatif dalam segala situasi dan kondisi.

Self-Efficacy atau keyakinan diri yang tinggi bersumber dari pikiran positif dan mental pemenang Anda. Dalam hal ini,  Anda sangat percaya diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab karena Anda merasa memiliki pengalaman yang hebat; Anda sangat percaya diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab karena Anda merasa bisa belajar dari cara orang lain untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan penuh kualitas; Anda sangat percaya diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab karena Anda merasa memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menyelesaikannya; Anda sangat percaya diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab karena Anda merasa memiliki energi kemenangan di dalam diri Anda. Intinya, self-efficacy Anda menjadikan Anda tidak gentar ataupun khawatir terhadap tugas dan tanggung jawab Anda, walaupun Anda sedang berada dalam kegelapan dan ketidakpastian. Anda tidak akan pernah berhenti dan menyerah untuk menemukan cahaya terang bagi keberhasilan Anda.

Ketika Michael Jordan ditanya tentang rahasia suksesnya, maka dia menjawab karena kegagalan demi kegagalan yang dia alami itulah yang telah mengantarnya menuju sukses. Michael Jordan juga mengatakan ketika tidak seorang pun mau membantu Anda saat Anda terpuruk, maka bangkitlah dengan antusiasme yang tinggi untuk membantu diri Anda sendiri. Perilaku Michael Jordan ini merupakan hasil dari self-efficacy yang tinggi. Dia memiliki kemampuan untuk mewujudkan dirinya sesuai impian dan keinginannya. Dia mampu menciptakan seorang Michael Jordan yang menjadi legenda di olah raga bola basket. Dia adalah kesuksesan buatan diri sendiri karena dia memiliki keyakinan atau self-efficacy yang tinggi.

Self-efficacy dapat dipelajari oleh siapapun. Tidak ada yang sulit. Artinya, siapapun Anda, bila mau menguatkan self-efficacy dari kesadaran tertinggi Anda, maka apapun yang Anda impikan dan rencanakan dalam hidup dapat diwujudkan dengan sempurna. Dengan memiliki self-efficacy, Anda akan memiliki keyakinan yang hebat untuk memperkuat kepercayaan diri Anda dalam mencapai target dan tujuan hidup Anda. Komitmen dan kerja keras Anda akan mengalir di dalam keyakinan yang hebat dan mental pemenang untuk mencapai kesuksesan. Walau badai besar menghadang Anda, Anda tidak akan menghentikan perjalanan Anda untuk mencapai sukses. Anda tetap fokus dan ikhlas bekerja seinci demi seinci agar bisa sampai pada tujuan Anda. Suara hati Anda selalu mengatakan “saya bisa” atau “saya pasti bisa” dan ini menjadi keyakinan batin Anda untuk mencapai apa yang Anda impikan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan