MENYATU DALAM PROSES DAN TIDAK TERLALU TERHUBUNG KE HASIL AKHIR

“Jika Anda hidup dalam hasil, Anda akan kehilangan segalanya. Jika Anda hidup dalam proses, Anda akan mendapatkan segalanya.”~Djajendra

Proses yang baik mengantar Anda menuju pencapaian terbaik. Ketika Anda sedang bermimpi besar, maka Anda harus menyiapkan mental dan emosi untuk menghadapi proses panjang sebelum pencapaian. Bila Anda mengabaikan proses dan hanya fokus pada hasil, maka Anda bisa menyerah terlalu cepat. Proses adalah jalan untuk mencapai yang Anda inginkan.

Anda yang mengabaikan proses seperti sedang menciptakan kebiasaan sabotase diri sendiri. Sebab, ketika Anda mengabaikan proses dan muncul tantangan yang mempersulit pencapaian akhir, maka Anda kehilangan keberanian dan terjebak dalam situasi panik. Kalau Anda membiarkan semuanya mengalir dalam proses, serta berani melalui semua rasa takut dan tidak pasti, maka Anda mampu tampil secara kreatif untuk menemukan solusi yang tepat.

Proses menjadikan Anda lebih sabar menuju ke hasil akhir. Tidak ada rasa takut gagal di sepanjang perjalanan proses menuju hasil. Apalagi kalau Anda mampu menikmati rutinitas dari proses yang Anda jalani, maka perjalanan Anda menuju ke hasil akan terlihat indah dan nikmat.

Dalam proses, Anda melewati situasi-situasi kecil, peristiwa-peristiwa kecil, dan semua ini membutuhkan sikap Anda yang positif dan optimis. Kemampuan Anda untuk memberikan respon yang optimis terhadap berbagai situasi dan peristiwa, serta disiplin Anda untuk terus-menerus bergerak menuju ke masa depan terbaik, menjadikan Anda selalu mencapai kinerja terbaik.

Dalam menghadapi berbagai situasi dan peristiwa di sepanjang proses, Anda harus tampil lebih kreatif agar dapat memiliki pilihan dan kontrol yang tepat untuk mengubah tantangan menjadi peluang. Intinya, kuatkan mental pemenang Anda dan perilaku yang memotivasi diri sendiri untuk bergerak maju dalam setiap kesulitan dan tantangan yang harus Anda hadapi.

Masalah adalah bagian dari solusi. Oleh karena itu, kalau terjadi masalah, jangan panik dan takut. Masalah hadir untuk mengatakan kepada Anda bahwa proses yang Anda jalani perlu solusi yang lebih tepat. Sikapilah masalah dengan optimis dan positif. Jangan menyalahkan orang lain, fokuskan waktu dan energi Anda untuk menemukan solusi. Tingkatkan kesadaran dan emosi positif Anda untuk mengendalikan pikiran yang mungkin suka mencari penyebab dari timbulnya masalah. Memang Anda perlu tahu akar masalah, tetapi jangan fokus untuk menyalahkan akar masalah. Fokuslah untuk menemukan solusi, bukan untuk menyalahkan.

Ketika Anda sudah berjuang dan bekerja keras dalam proses, tetapi Anda mendapatkan hasil yang berbeda dari rencana, maka Anda tidak perlu kecewa dan marah. Kendalikan diri dan tingkatkan kesadaran untuk mengevaluasi terhadap semua proses yang sudah Anda lakukan. Tenangkan diri, hilangkan ambisi yang berlebihan, dan ambil tanggung jawab untuk tindakan yang lebih tepat agar Anda mendapatkan hasil sesuai rencana.

Ketika pikiran Anda sulit dikendalikan oleh kesadaran Anda, maka pindahkan fokus Anda untuk penguatan kesadaran. Pikiran suka sekali berfokus pada hambatan dan hanya kesadaran yang berfokus pada peluang. Tanpa penguatan kesadaran Anda, pikiran Anda akan mengacaukan hidup Anda. Ingatlah selalu untuk tidak mempercayai pikiran Anda dan jangan pernah memberikan kekuatan yang berlebihan pada pikiran Anda. Kekuatan hanya boleh diberikan kepada kesadaran, sehingga Anda mampu tampil lebih hebat untuk mensukseskan proses Anda.

Tidak ada seorang pun yang bisa melakukan semuanya, manusia adalah tempatnya kekurangan dan keterbatasan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut atau khawatir tentang kekurangan dan keterbatasan Anda. Anda fokuskan saja pada apa yang bisa Anda lakukan, dan tidak perlu khawatir atau takut terhadap hal-hal yang tidak bisa Anda kerjakan. Dalam hal ini, Anda harus terbiasa rendah hati dan mau belajar terus-menerus untuk perbaikan secara berkelanjutan.

Ketika Anda dihempaskan dalam perjalanan proses hidup, jangan takut dan putus asa, fokuslah pada peluang yang ada dari peristiwa kehidupan yang Anda hadapi. Dan, tingkatkan kesadaran untuk mendapatkan kejelasan dari peristiwa yang Anda hadapi.

Anda tidak harus selalu menang dengan situasi yang Anda hadapi. Kadang, perlu mengalahkan diri agar diri sadar untuk menyiapkan kualitas diri yang lebih baik. Ketika Anda kehilangan pandangan untuk menuju hasil, Anda harus berhenti sejenak, istirahat sejenak sambil menguatkan kesadaran Anda.

Kesadaran sangat diperlukan agar Anda bisa mengatasi kekuatan negatif yang bersumber dari alam bawah sadar Anda. Sebab, sering sekali, ketika Anda mengalami kesulitan dalam proses, alam bawah sadar suka melindungi kekurangan Anda dan pikiran mulai mencari-cari alasan untuk kegagalan Anda.

Tidaklah seorang pun yang sempurna dalam mengendalikan pikirannya. Sebab, pikiran sangat cerdas dan terlalu kreatif untuk mengambil kembali kendali kekuasaan dari kesadaran Anda. Pikiran selalu memperkuat dirinya sendiri agar bisa menguasai hidup Anda. Pikiran juga mengendalikan berbagai emosi untuk Anda rasakan. Jadi, Anda tidak mungkin bisa melawan pikiran Anda, Anda hanya bisa menempatkan pikiran Anda untuk fokus pada pilihan hidup Anda. Memang tidak mudah mengatur pikiran, tetapi melalui langkah-langkah yang tepat dan sabar, Anda pasti bisa mengatur pikiran Anda untuk kebaikan hidup Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan