PIKIRAN POSITIF ADALAH SAHABAT DI MASA SULIT

“Jangan menolak kehadiran pikiran negatif, terimalah kedatangan pikiran negatif dengan pikiran positif Anda.”~Djajendra

Melarang kehadiran pikiran negatif dalam hidup sama saja seperti menciptakan perang dengan diri sendiri. Pikiran negatif tidak mungkin bisa dihentikan, tetapi dapat dikendalikan melalui pikiran positif. Biasanya, orang-orang yang cerdas emosional memiliki cara untuk menghadapi bahaya pikiran negatif, yaitu: mereka membiarkan pikiran negatif hadir ke dalam hidup mereka, tetapi mereka tingkatkan kesadaran diri untuk menguatkan pikiran positif, lalu menekan pikiran negatif menjadi selemah mungkin. Mereka sadar bahwa pikiran negatif adalah sebuah realitas yang tidak bisa diabaikan keberadaannya. Jadi, mereka tidak akan berupaya untuk menghapus pikiran negatif, karena hal itu tidak mungkin bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk orang-orang yang paling tercerahkan.

Anda tidak mungkin bisa menjalani kehidupan hanya dengan pikiran positif. Pikiran negatif dan pikiran positif adalah bagian dari kehidupan setiap manusia. Tidak seorang pun yang bisa menghindar dari rasa yang tidak menyenangkan dan dari rasa yang menyenangkan. Ketika Anda merasakan hal-hal yang tidak menyenangkan hati, maka kekuatan pikiran negatiflah yang sedang mendominasi pikiran dan emosi Anda. Demikian juga, ketika Anda merasakan hal-hal terbaik dalam hidup Anda, maka kekuatan pikiran positiflah yang sedang mendominasi pikiran dan emosi Anda.

Setinggi apapun kemampuan Anda untuk ikhlas dengan hidup Anda, tetapi saat hal-hal yang tidak Anda sukai mendominasi hidup Anda, Anda pun pasti tak mampu mencegah kehadiran pikiran negatif ke dalam diri Anda. Pikiran negatif hanya dapat dikalahkan oleh pikiran positif. Dalam hal ini, jangan pernah berupaya untuk menghilangkan pikiran negatif dan emosi negatif dari hidup Anda. Sebab, Anda pasti gagal dan akhirnya menyerah pada realitas hidup Anda.

Ketika badai pikiran negatif dan emosi negatif menyerang Anda, maka tenangkan diri dan fokuskan perhatian terhadap hal-hal yang membuat Anda bersyukur. Jangan membangkitkan niat untuk memerangi pikiran positif, sebab niat Anda tersebut pasti mendapat perlawanan yang hebat dari pikiran negatif.Jadi, kalau Anda memerangi pikiran negatif, maka pikiran negatif juga akan lebih menguatkan diri untuk memerangi Anda. Dampaknya, Anda semakin tenggelam dalam kecewasan dan ketakutan hidup, sulit untuk bangkit dari dominasi pikiran negatif.

Tidak seorang pun yang hidup tanpa masalah. Masalah selalu ada untuk memaksa seseorang menjadi lebih kreatif. Ketika Anda menerima masalah dengan pikiran positif, maka Anda sudah menemukan jalan untuk solusi terbaik. Dalam hal ini, akal sehat dan energi kreatif Anda akan mengelola masalah yang Anda hadapi untuk dapat menemukan solusi terbaik.

Saat pikiran negatif menguasai jiwa Anda, tingkatkan kesadaran untuk menumbuhkan ketenangan batin. Biarkan pikiran negatif itu menguasai jiwa Anda, dan yang harus Anda lakukan hanyalah memfokuskan perhatian dan pikiran untuk menguatkan kekuasaan pikiran positif di dalam jiwa Anda. Tidak perlu memerangi atau melawan apapun, tingkatkan kesadaran untuk menerima realitas dari perjalanan hidup dengan pikiran positif. Terimalah realitas yang merugikan Anda dengan pikiran positif, terimalah realitas yang menguntungkan Anda dengan rendah hati dan pikiran positif. Tidak perlu berlebihan menyikapi untung dan rugi dalam perjalanan hidup.

Tidaklah mudah menjaga diri secara konsisten di dalam kekuatan energi positif. Kadang, pikiran bawah sadar suka membawa diri ke dalam energi negatif, sehingga emosi rendah dan pikiran negatif mudah menguasai jiwa tanpa Anda sadari. Jadi, menjalani hidup ini tidak bisa mutlak untuk menjadi positif atau negatif. Selalu ada tantangan untuk setiap pilihan hidup yang Anda buat.

Saat pikiran negatif menyerang Anda dan merusak suasana hati Anda, maka jangan membiarkan pikiran negatif mengembangkan cerita negatifnya kepada diri Anda. Segera hentikan pikiran negatif dengan menggunakan kekuatan ikhlas dan cinta, lalu kuatkan pikiran positif melalui doa dan afirmasi, serta ciptakan suasana hati yang baik untuk mengembangkan pikiran positif Anda.

Kehidupan yang baik adalah menerima semua bagian dari kenyataan hidup dengan ikhlas. Semua orang tahu bahwa mengucapkan ikhlas itu mudah, menjalankannya yang tidak mudah. Oleh karena itu, ikhlas tidak perlu Anda ucapkan, tetapi Anda jadikan sebagai perilaku saat Anda berhadapan dengan pikiran negatif. Saat realitas tidak menyenangkan itu hadir dalam hidup Anda, saat itulah ikhlas Anda sedang diuji. Bila Anda mampu menyikapinya dengan rendah hati dan belajar untuk memperbaiki diri, maka pikiran positif Anda akan semakin menguat untuk menjadikan Anda optimis dan percaya diri dalam menemukan solusi terbaik. Saat hal-hal yang tidak Anda inginkan hadir dan merusak kedamaian hidup Anda, saat itu adalah ujian bagi ikhlas yang sudah Anda niatkan dalam hidup Anda. Jadi, kata ikhlas tidak perlu diucapkan, cukup dijalankan dalam perilaku kehidupan sehari-hari, untuk menyikapi realitas hidup yang tidak Anda inginkan.

Pikiran negatif tidak akan membuat hidup Anda berantakan dan terjebak dalam stres kalau Anda mampu menyikapinya dengan pikiran positif. Jadi, jangan takut dan khawatir dengan pikiran negatif. Jangan menolak kehadiran pikiran negatif, terimalah kedatangan pikiran negatif dengan pikiran positif Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan