SEBELUM MEMIMPIN ORANG LAIN PIMPINLAH DIRI SENDIRI DENGAN PROFESIONAL

“Kepemimpinan diri sendiri menjadikan Anda mengerti kekuatan dan kelemahan diri sendiri; menjadikan Anda mengerti cara memanfaatkan bakat dan potensi Anda, untuk memimpin orang lain dan perjalanan sukses Anda.”~Djajendra

Setiap orang punya mimpi; setiap orang punya tanggung jawab; setiap orang punya pekerjaan yang harus dikerjakan dengan sebaik mungkin. Untuk mewujudkan mimpi, tanggung jawab, dan pekerjaan membutuhkan kepemimpinan diri sendri yang berkualitas. Kepemimpinan diri sendiri (self leadership) terbentuk dari berbagai kompetensi dalam kesadaran diri, untuk menemukan kualitas diri terbaik sebagai modal dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan di sepanjang hidup. Kepemimpinan diri yang kuat dan tegas menjadikan diri mampu melewati kesulitan, resiko, tantangan, ancaman, serta memanfaatkan peluang dengan baik; dan juga, tidak mudah menyerah, ragu, khawatir, ataupun membiarkan rencana menguap tanpa tindakan.

Kesadaran untuk melatih dan menguatkan kepemimpinan diri sendiri menciptakan mental yang bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan segala sesuatu dengan integritas yang tinggi. Menerima tanggung jawab dan kebiasaan untuk mempertanggung jawabkan segala sesuatu di tempat kerja menjadi dasar dalam membangun budaya kerja yang sehat. Kepemimpinan diri sendiri mengembangkan kompetensi untuk memiliki pekerjaan, dan menjadikan pekerjaan sebagai dasar untuk memberikan pelayanan dan kontribusi yang optimal bagi stakeholders.

Kepemimpinan bersumber dari kualitas pikiran, emosi, akal sehat, empati, toleransi, kecerdasan, dan tindakan untuk dipersembahkan bagi kehidupan orang lain. Kepemimpinan itu bersumber dari dalam diri untuk kebaikan kehidupan orang banyak di luar diri. Kepemimpinan bukan untuk kepentingan diri sendiri, tetapi untuk kepentingan orang banyak. Oleh karena itu, menjadi seorang pemimpin haruslah sadar bahwa dirinya ada untuk kepentingan sosial, bukan untuk kepentingan diri sendiri. Bila pemimpin lupa diri untuk hidup bagi kepentingan sosial, maka kepemimpinannya tidak membawa kebaikan dan manfaat bagi kehidupan orang banyak.

Sebelum memimpin orang lain pimpinlah diri sendiri dengan profesional. Dalam hal ini, Anda harus melatih dan mempersiapkan diri untuk unggul dibidang manajemen diri, kesadaran diri, motivasi diri, kepercayaan diri, keyakinan diri, pikiran pemenang, emosi dan fisik diri yang berdaya tahan di semua situasi.

Manajemen diri adalah kebiasaan Anda untuk mengatur bakat dan potensi diri Anda bersama waktu yang Anda miliki agar Anda bisa memberikan kontribusi dan pelayanan yang optimal bagi kepemimpinan Anda. Dalam hal ini, Anda betul-betul menyiapkan diri Anda dan mengelola segala sesuatu berdasarkan prioritas. Anda fokus pada apa yang harus segera dilakukan, dan tidak berurusan pada hal-hal yang tidak penting bagi kepemimpinan Anda.

Kesadaran diri adalah kebiasaan Anda untuk mengetahui diri sejati Anda, nilai-nilai Anda, niat Anda, tujuan hidup Anda, kekuatan Anda, kelemahan Anda, potensi Anda, dan bakat-bakat Anda. Di mana, semua ini Anda sikap dari integritas diri yang jujur dan penuh tanggung jawab untuk kehidupan terbaik Anda. Intinya, kesadaran diri menjadikan Anda selalu mengetahui realitas diri sendiri saat berhadapan dengan realitas kehidupan. Jadi, apapun situasi dan keadaan hidup, Anda sadar dan tahu cara menyikapinya dengan bijak.

Motivasi diri adalah kebiasaan Anda untuk tetap optimis dan belajar dari kegagalan. Dalam hal ini, apapun realitas yang Anda hadapi, Anda selalu bangkit untuk menang. Anda tidak pernah membiarkan niat dan tujuan Anda gagal oleh sebuah keadaan. Anda selalu mampu membangkitkan semangat, gairah, keyakinan, rasa percaya diri, dan menggerakan segala kemampuan untuk mewujudkan apapun yang sudah Anda rencanakan dengan matang. Intinya, motivasi diri adalah sebuah kompetensi yang wajib Anda miliki di dalam kepemimpinan diri sendiri. Sebab, tanpa motivasi diri; Anda mudah menjadi ragu, takut, khawatir, dan kehilangan arah untuk menuju tujuan.

Kepercayaan diri adalah sebuah kompetensi yang harus selalu ada di dalam diri Anda. Dengan memiliki kepercayaan diri di dalam kepemimpinan diri sendiri, Anda selalu mengetahui cara bertindak dengan kekuatan dan kemampuan terbaik Anda. Dalam hal ini, sikap dan tindakan Anda berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang tepat. Anda juga menjadi lebih percaya diri untuk mengatasi potensi resiko dari tindakan Anda.  

Keyakinan diri adalah sebuah kompetensi yang membuat kepemimpinan diri semakin kuat. Keyakinan diri mengawal liarnya pikiran. Seperti kita ketahui, menjinakan atau mengendalikan pikiran bukanlah persoalan mudah. Dengan memiliki keyakinan yang optimis dan positif, maka apapun realitas yang dihadapi dapat ditemukan solusinya. Dalam hal ini, nilai-nilai positif dapat membentuk keyakinan yang optimis dan berdaya unggul untuk mengatasi semua persoalan. Intinya, ketika keyakinan positif menjadi kekuatan kepemimpinan diri sendiri, maka segala persoalan dapat diterima dan disesuaikan dengan kreatif di dalam solusi yang paling tepat.

Pikiran pemenang adalah sebuah kualitas yang wajib ada di dalam kepemimpinan diri sendiri. Pikiran pemenang menjadikan Anda bermental pemenang, sehingga semua kesulitan dan tantangan dapat dihadapi dengan optimis. Pikiran pemenang menguatkan diri saat diri jatuh di dalam kesulitan besar. Biasanya, pikiran pemenang menjadikan pemimpin mampu menemukan jalan keluar terbaik, untuk mendapatkan kemenangan di dalam semua aspek kehidupan yang diperjuangkan.

Emosi dan fisik diri yang berdaya tahan di semua situasi. Selain mental yang hebat dan tangguh, pemimpin juga wajib menjaga emosi yang cerdas dan fisik yang bugar untuk menghadapi realitas kepemimpinannya. Dalam hal ini, pengendalian emosi di dalam kecerdasan emosi menjadikan pemimpin unggul. Emosi yang cerdas memahami realitas sosial; emosi yang cerdas memahami realitas diri sendiri; emosi yang cerdas memahami realitas dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Biasakan untuk menjaga fisik tubuh agar selalu kuat dan bugar, juga melatih emosi dan pikiran agar selalu terkendali di dalam kekuatan positif.

Membangun kepemimpinan diri sendiri haruslah di dasarkan dari inisiatif dan niat diri sendiri. Anda tidak bisa berharap kepada orang lain untuk membangun kepemimpinan diri sendiri. Sebab, hanya Anda sendirilah yang tahu dan mengerti tentang diri Anda. Jadi, miliki motivasi dan kemauan untuk melatih dan membiasakan diri sendiri dengan berbagai kompetensi dan kualitas untuk kepemimpinan diri Anda. Cobalah untuk selalu memimpin diri sendiri di semua aspek kehidupan Anda. Buktikan kepada diri sendiri bahwa Anda mampu memimpin diri Anda untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan rasa syukur, rasa menang, dan rasa nikmat.

Setelah Anda sukses memimpin diri sendiri, Anda pasti semakin mengerti tentang siapa Anda sebenarnya, dan perilaku apa yang harus Anda miliki untuk menjalani kehidupan Anda. Jadi, setelah Anda mengenal diri sendiri dan memahami perilaku apa yang Anda butuhkan untuk perjalanan hidup Anda, maka Anda pun dengan mudah dapat mencapai tujuan hidup Anda.

Kepemimpinan diri sendiri tidak hanya dibutuhkan untuk memimpin orang lain, tetapi juga untuk memimpin diri sendiri agar diri Anda selalu bahagia hidupnya. Dalam hal ini, Anda bisa memimpin diri sendiri untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda; Anda bisa memimpin diri sendiri untuk menjaga pola makan Anda; Anda bisa memimpin diri sendiri untuk menjaga pola pikir Anda; Anda dapat memimpin diri sendiri untuk menjaga pola kerja Anda; Anda dapat memimpin diri sendiri untuk menjaga kedamaian dan keharmonisan hidup di semua aspek kehidupan Anda.

Setiap orang adalah pemimpin, dan semua itu dimulai dari kepemimpinan diri sendiri. Ketika Anda sudah terbiasa memimpin diri sendiri dengan cara-cara profesional, maka Anda dapat mengatur hidup Anda dengan berkualitas, Anda dapat mengatur hidup Anda dengan strategi dan taktik yang tepat.

Kepemimpinan diri membangun kemandiran diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, semua perilaku Anda terarah dan fokus pada tujuan, bukan sekedar aksi dan reaksi. Setiap tindakan Anda melalui ukuran yang tepat dan memiliki dampak yang positif terhadap tujuan Anda. Kepemimpinan diri yang unggul adalah kekuatan untuk mencapai kesuksesan yang lebih dari sebelumnya.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s