PIKIRAN NEGATIF TIDAK PERNAH HILANG

“Manusia adalah tempatnya salah, dan sikap rendah hati dapat mengendalikan ego yang tidak mau mengakui kesalahan.”~Djajendra

Ketika yang tidak Anda inginkan terjadi, pikiran negatif akan hadir. Pikiran negatif tidak mungkin bisa dihapus dan dihilangkan, tetapi dapat dilemahkan dan dibuat tak berfungsi.

Saat pikiran negatif hadir, jadilah jujur kepada diri sendiri untuk berpikir positif. Pahami pemikiran negatif Anda, lakukan identifikasi untuk menemukan hal-hal yang memicu kehadiran pikiran negatif di dalam diri Anda. Miliki kesadaran tentang bahaya pikiran negatif dan lemahkan pikiran negatif tersebut dengan pikiran positif Anda.

Berbicaralah dengan hati nurani untuk menghentikan energi negatif yang mengalir di dalam pikiran dan emosi Anda. Jangan memikirkan hal-hal yang tidak Anda inginkan secara terus-menerus. Sebab, semakin Anda memikirkan yang tidak Anda sukai, semakin kuat mereka tumbuh dan menguasai hidup Anda. Maafkan yang tidak Anda sukai dan kendalikan pikiran untuk tidak memikirkan yang tidak Anda inginkan. Fokuskan perhatian pada hal-hal yang bisa menguatkan pikiran positif Anda.

Pikiran negatif selalu muncul tiba-tiba oleh berbagai realitas yang tidak Anda inginkan. Jadi, walaupun Anda sudah terlatih dan terbiasa dengan pikiran positif, bukan berarti Anda bebas dari pikiran negatif. Dalam hidup, tidak semua yang Anda inginkan tersedia untuk Anda, dan tidak semua kerja keras Anda memberikan jawaban sesuai harapan Anda. Ingatlah selalu bahwa manusia hidup dalam dinamika antara pasti dan tidak pasti. Banyak hal dalam hidup kadang menjadi tidak pasti. Di dalam ketidakpastian inilah pikiran negatif muncul secara spontan untuk menjadikan Anda takut, bingung, ragu, khawatir, sedih, dan kehilangan kepercayaan diri.

Ada terang, ada gelap. Demikianlah hidup selalu berganti dari terang ke gelap, dan dari gelap ke terang. Demikian juga dengan pikiran kita. Pikiran kita selalu berganti-ganti dari positif menjadi negatif, dan negatif menjadi positif. Tidak mungkin secara konsisten menjadi pemikir positif. Pemikiran negatif pasti akan hadir untuk menantang mental pemenang Anda.

Kesadaran untuk hidup bahagia dan damai dapat mengendalikan pikiran negatif yang mengganggu hidup Anda. Hal ini hanya bisa terjadi saat Anda terbiasa dan terlatih untuk menjadi ikhlas dalam menghadapi hal-hal yang tidak Anda inginkan. Bila ikhlas sudah menjadi bagian dari mental pemenang Anda, maka Anda mampu mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif dalam waktu seketika. Jadi, Anda tidak perlu menunggu beberapa hari, minggu, atau bulan untuk menjadi ikhlas; Anda bisa secara spontan menghentikan pemicu pikiran negatif, dan secepatnya mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif.

Setiap saat pelajari suara hati Anda. Arahkan suara hati untuk selalu berbicara tentang kebaikan. Jangan biarkan suara hati untuk berbicara tentang benci, dendam, sakit hati, marah, khawatir, takut, dan semua yang negatif lainnya. Lakukan afirmasi setiap hari untuk menguatkan suara hati Anda yang baik.

Berpikir positif seperti menanam benih-benih yang baik agar di masa depan Anda bisa memanen yang terbaik untuk hidup Anda. Jadi, kalau hari ini Anda berpikir positif, belum tentu hari ini Anda menerima kebaikan dari kehidupan. Mungkin kebaikan Anda dan pikiran positif Anda tidak dibalas dengan kebaikan oleh orang lain, tetapi janganlah Anda lalu menyerah untuk berpikir positif. Walaupun semua orang tidak merespon pikiran positif Anda, tetaplah berpikir positif dan tetaplah menerima segala hal pada saat ini dengan ikhlas dan sabar. Semakin ikhlas dan sabar Anda menghadapi orang-orang yang negatif dengan pikiran positif Anda, semakin Anda tumbuh menjadi lebih bijak untuk menerima yang terbaik di masa depan.

Hidup tidak selalu menguntungkan, kadang juga mengecewakan. Saat hidup menguntungkan Anda, tetaplah rendah hati dan jangan menjadi tinggi hati kepada siapapun. Saat hidup mengecewakan Anda, tetaplah tenang dan optimis.

Kegagalan dan kekalahan kalau diterima dengan pikiran positif maka dia akan membuat Anda menjadi lebih tangguh, lebih berpengalaman, lebih menguasai resiko, dan lebih banyak tahu. Jadi, tetaplah berpikir positif walau sedang mengalami kegagalan yang tidak Anda harapkan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com