KEPERCAYAAN DIRI ADALAH KEKUATAN UNTUK MENCAPAI SUKSES

“Kepercayaan diri yang berlebihan menjadikan Anda tinggi hati atau sombong; kurang kepercayaan diri menjadikan Anda rendah diri atau takut bertindak. Kepercayaan diri terbaik dihasilkan dari pribadi yang rendah hati, bertanggung jawab, jujur, hati-hati, menghitung resiko, berani, memiliki pengetahuan dan kompetensi, bermental pemenang, serta bertindak dengan kesadaran untuk mendapatkan kemenangan.”~Djajendra 

Ketika Anda terlalu berani mengambil resiko tanpa perhitungan yang jelas, maka hal itu dapat dikatakan Anda sudah berlebihan dan kepercayaan diri Anda sudah tanpa perhitungan. Menjadi pribadi yang terlalu percaya diri tidaklah salah, asalkan memiliki kesadaran tentang batas kemampuan dalam pengambilan resiko. Kepercayaan diri diperlukan untuk mencapai keberhasilan, bukan untuk mengalami kegagalan karena bertindak tanpa memperhitungkan resiko.

Percaya diri bukan berarti nekad dan asal berani. Percaya diri adalah kecerdasan dan kemampuan untuk bertindak dengan perhitungan yang tepat. Orang-orang yang percaya diri tidak membuat tindakannya beresiko dan menghasilkan kegagalan. Mereka tidak bertindak di luar kemampuan mereka. Mereka sangat optimis dan selalu bertindak dengan prinsip kehati-hatian agar tindakannya sesuai harapan.

Orang-orang yang kurang percaya diri selalu ragu, takut, gugup, berandai-andai, meraba-raba, dan tidak berani bertindak. Mereka tidak mengerti cara untuk mempersiapkan perjalanan menuju tindakan. Mereka tidak mempunyai pengetahuan, keterampilan, wawasan, dan kompetensi yang dibutuhkan. Mereka sangat takut melihat tindakan di luar zona kenyamanan. Pikiran dan perilaku mereka tidak mampu keluar dari zona kenyamanan.

Fondasi untuk membangun kepercayaa diri adalah kompetensi yang dilandasi dengan pengetahuan dan keterampilan terbaru. Tanpa kompetensi yang tepat, kepercayaan diri sulit ditingkatkan, kecuali orang-orang nekat yang kepercayaan dirinya berlebihan. Harus diingat bahwa kepercayaan diri yang bersumber dari kenekatan seseorang mengandung resiko yang sangat tinggi dan bersifat spekulasi. Jadi, semua tindakan dengan resiko yang tinggi memiliki potensi kegagalan yang tinggi.

Kepercayaan diri terkait dengan mental pemenang. Bila Anda selalu bertindak dengan mental pemenang, maka Anda tidak pernah berhenti sebelum berhasil. Mental pemenang dengan keyakinan yang kuat ditambah dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, memiliki fokus dan tekad untuk pencapaian terbaik.

Kepercayaan diri memotivasi diri sendiri untuk bekerja keras, belajar, menerima tantangan, bertahan dalam menghadapi kemunduran, optimis, dan menyiapkan diri dengan disiplin tinggi untuk meraih yang terbaik. Sebaliknya, kepercayaan diri yang rendah membuat diri pesimis, tidak punya inisiatif, malas, suka menyalahkan orang lain, berpikir negatif, merasa sebagai korban, tidak mampu menghadapi tantangan, tidak mampu menghadapi kemunduran, dan tumbuhnya perilaku yang merusak diri sendiri.

Kepercayaan diri adalah jalan untuk mencapai kemenangan dalam hidup. Kepercayaan diri adalah kekuatan untuk menemukan sukses. Orang-orang yang percaya diri mampu menjaga sikap positif, sehingga selalu dipercaya oleh orang lain untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan besar.

Orang-orang yang percaya diri selalu tenang saat menghadapi kritik, mereka bersyukur dan belajar dari kritik untuk memperkuat jalan menuju sukses. Mereka tidak  marah atau kecewa kepada pengkritik. Walau kritikan itu tidak masuk akal, mereka tetap tenang dan mencoba belajar makna lain dari kritikan tersebut. Intinya, orang-orang yang percaya diri tidak tergoyahkan oleh ejekan ataupun kritikan siapapun.

Sikap percaya diri menimbulkan keberanian untuk bertindak, dan mendorong untuk mempersiapkan perjalanan menuju pencapaian dengan baik. Kesadaran dan kerendahan hati untuk mengukur dan memetakan kemampuan, serta pencapaian awal yang sudah sempurna selalu menjadi awal yang baik untuk penguatan kepercayaan diri.

Informasi yang benar, data yang benar, pengetahuan yang tepat, keterampilan yang unggul, dan pengalaman yang teruji menjadi kekuatan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Pikiran yang fokus pada kekuatan dan kekuatan untuk merasakan keberhasilan adalah cara untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Arah yang jelas dan prioritas yang dikerjakan dengan sepenuh hati menjadi kekuatan untuk peningkatan kepercayaan diri. Pikiran yang optimis dan keyakinan diri yang hebat membangkitkan kepercayaan diri untuk melakukan banyak hal yang hebat.

Ketika kepercayaan diri Anda ditakutkan oleh tantangan yang besar, maka mulailah dengan langkah kecil untuk menaklukkan tantangan besar tersebut. Yang penting, jangan menyerah atau diam, tetapkanlah tujuan-tujuan kecil, lalu raih satu persatu dengan sempurna. Pencapaian tujuan-tujuan kecil tersebut selalu berakumulasi untuk menguatkan kepercayaan diri Anda dalam menghadapi tantangan besar tersebut.

Kepercayaan diri adalah kekuatan untuk mencapai sukses. Jadi, pastikan Anda memiliki persiapan yang rinci dengan prioritas untuk pencapaian terbaik; pastikan Anda memiliki keterampilan, kualitas, pengetahuan, dan pengalaman untuk menetapkan proses menuju pencapaian; pastikan Anda memiliki motivasi dan semangat yang tinggi untuk bekerja lebih efektif dan produktif menuju keberhasilan. Kepercayaan diri harus selalu ditingkatkan dengan cara menyempurnakan kualitas dan kompetensi Anda dan tim.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com