RASA SYUKUR ADALAH OBAT UNTUK KETENANGAN HIDUP

“Tidak seorang pun sempurna untuk secara konsisten menjalani rasa syukur.”~Djajendra

Hidup sangat tidak pasti dan sangat dinamis. Coba Anda ingat kembali berapa banyak impian dan keinginan Anda benar-benar terwujud? Tidak semua orang bisa sampai pada impian dan keinginannya. Kebanyakan orang harus berputar-putar, naik-turun, jatuh-bangun, dan akhirnya terdampar pada sebuah kehidupan yang tidak pernah diimpikan atau direncanakan sebelumnya. Bila ketidakpastian dan berubahnya arah hidup diterima dengan rasa syukur, maka hidup menjadi damai dan bahagia selalu. Sebaliknya, bila memberontak dan tidak menerima realitas hidup, maka dapat dipastikan penderitaan menjadi bagian dari rutinitas hidup.

Ketika semua hal terlihat buruk dan merusak suasana hati, maka disitulah dibutuhkan rasa syukur. Rasa syukur di setiap keadaan dan situasi menjadikan hidup lebih tenang, lebih damai, dan lebih bahagia. Kehilangan rasa syukur seperti mengundang hal-hal buruk untuk menjadikan hidup tidak damai. Persoalannya, rasa syukur mudah diucapkan, tetapi sulit untuk dilaksanakan, apalagi bila jiwa tidak mempunyai keikhlasan, dan pikiran selalu bergerak oleh kepentingan. Intinya, bila pikiran belum mampu dikendalikan oleh hati nurani, maka jangan bermimpi mampu memiliki rasa syukur di situasi yang tidak bersahabat.

Pikiran positif membuat suasana hati selalu dalam kondisi nyaman. Tetapi, menjaga pikiran selalu positif bukan persoalan mudah. Pikiran sangat liar dan sangat kuat, sehingga mungkin tidak seorang pun mampu menjaga pikirannya selalu dalam keadaan positif. Diperlukan manajemen pikiran yang terkelola dengan disiplin yang tinggi. Saat pikiran turun ke wilayah negatif, maka kesadaran diri harus segera menaikkannya ke wilayah positif. Ini adalah sebuah pekerjaan seumur hidup bersama kesadaran diri yang tercerahkan di dalam energi positif.

Rasa syukur adalah obat untuk ketenangan hidup. Bila kesadaran Anda selalu mengatakan bawah rasa syukur adalah obat untuk ketenangan hidup, maka Anda harus melatih pikiran Anda untuk tunduk pada kesadaran Anda. Dibutuhkan kebiasaan sehari-hari untuk mengembangkan rasa syukur. Rasa syukur bukanlah hadiah, tetapi keikhlasan hati untuk memiliki sikap dan pikiran positif saat keadaan tidak menguntungkan hidup Anda.

Kembangkanlah kebiasaan-kebiasaan hidup yang mensyukuri dan melihat segala sesuatu sebagai makna baik.  Bila Anda tidak mampu melihat makna baik di setiap peristiwa yang tidak menyenangkan Anda; maka, hidup Anda akan mengalir ke wilayah negatif. Dan, Anda akan memiliki perasaan-perasaan tidak baik, seperti: cemas, takut, khawatir, marah. Semua perasaan tidak baik tersebut pasti membuat Anda tidak bisa tidur, banyak mengeluh, dan tubuh pun tampil kurang bugar.

Tidak seorang pun sempurna untuk secara konsisten menjalani rasa syukur. Kadang, keraguan, ketakutan, dan kesunyian bisa menyeret Anda ke dalam perasaan-perasaan yang membuat hidup Anda tidak damai. Yakinkan diri Anda dan pastikan Anda selalu kreatif untuk menciptakan suasana hati yang positif. Miliki kebiasaan dan rutinitas sehari-hari untuk keluar dari tekanan hidup.

Bangunlah setiap pagi dengan doa-doa yang bersyukur kepada Tuhan atas setiap kebaikan yang sudah diberikan kepada Anda. Bangunlah setiap pagi seolah-olah Anda dilahirkan kembali untuk menjalankan kehidupan yang bahagia. Bangunlah setiap pagi dengan niat dan semangat untuk melayani hidup dengan sepenuh hati. Bangunlah setiap pagi untuk mencintai kehidupan yang indah. Bangunlah setiap pagi untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang sangat baik.

Berpikirlah bahwa setiap detik waktu yang Anda miliki sebagai hadiah untuk kebahagiaan Anda. Oleh karena itu, apapun realitas yang Anda hadapi, yakinkan diri Anda bahwa realitas itu untuk menambah kebahagiaan Anda. Bila Anda sulit merasa bersyukur dan tidak mampu melihat hal-hal baik di setiap peristiwa tidak baik, maka kuatkan mental Anda dan lakukan segala sesuatu yang bisa memotivasi diri Anda agar menerima realitas yang sulit tersebut.

Jangan menyerah dalam kesulitan, kuatkan diri untuk bersyukur. Tersenyumlah untuk hal-hal yang membuat Anda sulit tersenyum. Hadapi hidup dengan rasa syukur.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Posted in Tak Berkategori