MENANG MENGHADAPI MASA SULIT, RENDAH HATI MENGHADAPI MASA SENANG

motivasi-15092016

“Situasi kehidupan yang sulit dan rumit bukan untuk dibiarkan dan dikeluh-kesahkan, tetapi untuk dijadikan dasar dalam membangun kehidupan yang lebih baik.”~Djajendra

Hidup adalah rahasia Tuhan. Sesuatu yang sulit saat ini belum tentu buruk bagi kehidupan Anda. Sesulit apapun situasi yang harus Anda hadapi, laluilah dengan doa dan keyakinan bahwa Tuhan pasti membantu dan menyelamatkan Anda.

Manusia menjadi lebih pintar, berkembang, tumbuh, dan lebih berkualitas karena adanya masa sulit. Tanpa ada rintangan dan kesulitan, orang-orang terjebak dalam zona nyaman, yang membuatnya sulit untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik bagi dirinya dan kehidupan yang lebih luas.

Mungkin Anda pernah membaca atau mendengar cerita tentang seorang petani yang selalu menyikapi semua peristiwa baik dan buruk dengan rendah hati.

Saya ceritakan kembali.

Petani yang rendah hati ini memiliki seekor kuda. Suatu hari, kuda tersebut keluar kandang dan melarikan diri ke dalam hutan. Para tetangga dan teman si petani merasa kasihan sama si petani. Mereka berkata,”satu-satunya kudamu sudah melarikan diri, sangat buruk nasibmu.” Mendengar kata-kata para tetangga dan teman, petani hanya tersenyum, dan berkata. “Siapa tahu jika kejadian ini baik atau buruk?” Beberapa hari kemudian, kuda si petani kembali bersama beberapa kuda liar dan masuk ke dalam kandang. Melihat hal ini, para tetangga dan teman si petani heran dan takjub. Merekapun ramai-ramai berkata, “sangat beruntung nasibmu, kau memiliki banyak kuda sekarang.” Petani tersenyum dan dengan tenang menjawab, “siapa yang tahu jika hal ini baik atau buruk?” Beberapa hari kemudian, anak petani mencoba menaiki kuda liar tersebut. Hasilnya, dia terlempar dari kuda dan kakinya patah. Seperti biasa, para tetangga dan teman si petani ramai-ramai memberi komentar, “kuda-kuda itu membawa sial, lihat anakmu kakinya patah dan tidak bisa membantumu kerja di ladang.” Mendengar kata-kata tetangga dan teman, si petani kembali tersenyum dan menjawab dengan tenang.“Siapa yang tahu jika kejadian ini baik atau buruk?” Beberapa minggu kemudian, tentara memasuki desa untuk mencari setiap laki-laki muda yang sehat dan kuat untuk tugas militer pergi berperang melawan musuh negara. Semua anak laki-laki dari desa tersebut wajib mengikuti tugas militer, dan anak petani yang kakinya patah tidak terpilih. Seperti biasa, para tetangga dan teman si petani berkomentar, “kau sagat beruntung, anakmu kakinya patah sehingga tidak perlu ikut perang.” Mendengar komentar tetangga dan teman, si petani dengan tenang menjawab. “Siapa yang tahu jika kejadian ini baik atau buruk?”

Apapun peristiwa kehidupan yang sedang Anda hadapi, tetaplah positif dan rendah hati. Tidak perlu membanggakan sebuah keuntungan, tidak perlu menangisi sebuah kerugian. Biarlah kehendak Tuhan yang bekerja di dalam semua peristiwa hidup. Jalani semua situasi hidup dengan kreativitas untuk berkembang dan tumbuh menjadi lebih baik.

Situasi kehidupan yang sulit dan rumit bukan untuk dibiarkan dan dikeluh-kesahkan, tetapi untuk dijadikan dasar dalam membangun kehidupan yang lebih baik. Jelas, sangat normal, bahwa kehidupan yang sulit pasti membuat perasaan tidak nyaman, serta banyak kecemasan yang harus dilalui karena ketidakpastian. Tetapi, bila Anda membiarkan setiap hari hidup Anda dalam kecemasan, ketakutan, kemarahan, kesedihan, pesimis, dan ketidakyakinan; maka, kualitas hidup Anda akan turun dan membuat hidup Anda lebih sulit untuk bangkit kembali.

Ketika Anda merasa sulit untuk mewujudkan cita-cita, tujuan, keinginan, dan kebutuhan; Anda harus belajar melepaskan semua itu dan bersyukur dengan apa yang Anda miliki saat ini. Jangan terlalu dipikirkan atau terlalu banyak hitungan untuk segala sesuatu yang belum pasti. Kekuatan hidup dapat dimiliki saat Anda sudah mampu melepaskan ambisi, keinginan, cita-cita, lalu memfokuskan kehidupan yang dimiliki saat ini dengan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan.

Semua orang menginginkan kehidupan yang ideal dan sempurna, padahal kehidupan itu sendiri tidak pernah ideal dan sempurna. Ideal dan sempurna hanya ada dalam fantasi atau imajinasi manusia. Penderitaan muncul karena orang ngotot untuk memiliki kehidupan yang ideal dan sempurna; kesulitan muncul karena orang ngotot untuk hidup secara ideal dan sempurna. Ingat selalu bahwa hidup bukan maunya kita, tetapi maunya Tuhan. Tuhanlah yang punya rencana dan tujuan atas diri setiap orang. Jadi, jangan memaksa tujuan dan rencana Anda harus terwujud, biarkan saja kehendak Tuhan melalui rencana dan tujuannya yang bekerja untuk kehidupan yang Anda jalani. Hanya jiwa-jiwa yang terlatih dan terbiasa untuk bersyukur, ikhlas, berterima kasih, dan tidak pernah berhenti menjadi kreatif untuk kehidupan yang lebih baik, yang bisa searah dengan rencana Tuhan.

Jangan biasakan untuk menilai setiap peristiwa yang Anda lalui dengan pikiran negatif. Ketika situasi yang sulit harus Anda hadapi, jangan menilai situasi tersebut dengan pikiran negatif. Jangan biarkan pikiran negatif membangkitkan emosi negatif. Memang ini bukan perkara mudah, Anda harus terlatih dan terbiasa di dalam kesadaran tinggi untuk menjadi ikhlas dan belajar dari peristiwa hidup.

Melatih dan membiasakan diri untuk tidak menyalahkan orang lain; yakinkan kepada diri sendiri bahwa peristiwa sulit tersebut untuk menjadikan Anda lebih baik; jangan menyalahkan diri sendiri; jangan membiarkan situasi sulit tersebut melemahkan semangat dan daya tahan Anda.

Kembangkan mentalitas pemenang dan pejuang, jauhkan hidup Anda dari mentalitas korban. Jangan pernah membiarkan peristiwa apapun menjadikan Anda sebagai korban. Katakan kepada diri sendiri bahwa Anda adalah pemenang, dan setiap peristiwa apapun bertujuan menjadikan Anda lebih baik.

Hiduplah untuk menemukan sesuatu yang membuat Anda bersyukur pada saat ini. Fokuskan perhatian pada hal-hal terindah walau Anda sedang dalam situasi yang rumit dan sulit. Hidup ini hanya sebuah jalan-jalan di bumi yang indah sambil bekerja mewujudkan kehendak Tuhan atau rencana Tuhan atas diri kita masing-masing. Mati pun tubuh tidak dibawah dan pasti ditinggal dibumi, jadi tidak ada alasan untuk menyiksa diri dengan berbagai penderitaan hanya untuk memenuhi keinginan materi dan harta. Biarkan Tuhan bekerja dengan caranya, lalu Anda bekerja dengan rasa syukur dan terima kasih dengan apa yang Anda punya saat ini.

Kita semua adalah bagian terkecil untuk sebuah kehidupan yang luas di alam semesta, dan semua ini hanya untuk sementara waktu. Tidak mungkin kita hidup selamanya, pasti kita digantikan oleh generasi baru, oleh orang-orang baru. Jadi, kita ini hanya pekerja dan pelayan yang menghidupi kehidupan di alam semesta yang kita tempati untuk sementara. Oleh karena itu, tidak perlu menanggapi kesulitan dengan penderitaan, tidak perlu menanggapi keuntungan dengan kebanggaan. Semua yang kita lalui adalah sekolah dan pengalaman untuk membentuk kualitas diri yang lebih baik.

Menang menghadapi masa sulit, rendah hati menghadapi masa senang. Hiduplah untuk berkembang dan tumbuh, jangan sia-siakan hidup dalam kesulitan. Hiduplah sepenuh hati dan totalitas untuk kehidupan terbaik yang Anda miliki saat ini. Jangan mengasihani diri sendiri dalam menghadapi kesulitan sehari-hari. Ingat, kesulitan itu ada kalau Anda berpikir itu sulit; masalah itu ada kalau Anda berpikir itu masalah. Anda tidak dapat mengontrol segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan, Anda hanya bisa mengontrol diri Anda sendiri. Kendalikan diri sendiri dan berikan respon yang positif atas setiap situasi hidup dengan rendah hati.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com