RENUNGAN KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS 2016

“Bila ada orang-orang atau kelompok-kelompok yang terlalu bebas mengekspresikan kebebasannya tanpa toleransi, maka kebebasan itu akan menghilangkan kemerdekaan.”~Djajendra

17 Agustus adalah bulan dan tanggal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Hari ini, 17 Agustus 2016, kita merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang telah dideklarasikan pada tahun 1945. Usia Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah 71 tahun, usia yang sangat dewasa untuk menjadi bangsa yang kuat dan tangguh dalam kehidupan sehari-hari.

Bangsa yang merdeka adalah bangsa yang berdaulat di dalam kebebasan, keadilan, kebaikan, kecerdasan, kesejahteraan, dan kemakmuran. Bangsa yang merdeka adalah bangsa yang menciptakan orang-orang positif dan optimis untuk keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari.

Orang-orang merdeka adalah orang-orang yang berpikir positif dan memiliki kemampuan untuk menciptakan kebahagiaan, keamanan, kedamaian, nilai tambah ekonomi, keharmonisan, keadilan, tanggung jawab, hubungan baik, dan toleransi di dalam kehidupan sosial.

Energi kemerdekaan dapat dirasakan oleh setiap individu bila setiap anak bangsa saling menjaga kehormatan dan harga diri; menghormati hak azasi setiap orang; menjamin hak kehidupan ekonomi setiap orang; menjamin hak setiap orang untuk menjadi kreatif, produktif, kaya, sehat, sejahtera, dan menjalankan keyakinan tanpa menghakimi keyakinan orang lain.

Bangsa yang merdeka memiliki semangat kebersamaan, semangat gotong royong untuk kehidupan bersama yang lebih sejahtera dan damai. Kemerdekaan dapat dirasakan dengan baik ketika kebebasan dibatasi oleh tanggung jawab dan integritas, untuk menjaga keharmonisan dan kedamaian bersama. Bila ada orang-orang atau kelompok-kelompok yang terlalu bebas mengekspresikan kebebasannya tanpa toleransi, maka kebebasan itu akan menghilangkan kemerdekaan.

Kemerdekaan dihasilkan dari perjuangan yang dipimpin oleh para pemimpin yang kaya integritas dan tanggung jawab, yang mampu menyatukan dan menguatkan rakyat untuk memerdekaan kehidupan bangsa dan negara.

Merdeka berarti kekuatan dan kekuasaan ada karena persetujuan rakyat. Oleh karena itu, pemimpin dan kekuasaan harus selalu sadar untuk melayani warga negara dengan sepenuh hati.

Kemerdekaan tidak hanya berhenti setelah memenangkan perang yang panjang melawan penjajah. Memenangkan perang yang penuh pengorbanan jiwa dan raga adalah awal untuk hidup merdeka. Kehidupan merdeka dimulai dari kesadaran pemimpin dan rakyat untuk selalu solid dalam membangun kehidupan yang sejahtera, kaya, sehat, cerdas, kuat, makmur, adil, beradab, terhormat, damai, kreatif, produktif, efektif, optimis, dan saling menjaga satu sama lain walau berbeda persepsi.

Orang-orang merdeka adalah orang-orang positif yang dipikirannya tidak ada noda jelek pada bangsanya sendiri. Artinya, walau berbeda dan beragam pola pikir dan pola hidup anak bangsa, semua itu tidak menjadi alasan untuk memecah belah kehidupan sosial bangsa sendiri. Tidak ada perilaku rasial dalam kehidupan sosial. Bangsa yang merdeka selalu menjaga kesetaraan sosial bagi setiap perbedaan dan keragaman hidup. Jiwa kebangsaan menghadirkan toleransi dalam kehidupan sosial yang beragam, berbeda, dan tidak sama.

Dalam negara yang merdeka, pemimpin menggunakan kekuasaan dan kekuatannya untuk membangkitkan dan melibatkan setiap warga negara, agar dapat menciptakan produktivitas dan kinerja yang tinggi bagi kemakmuran setiap anak bangsa.

Tata kelola dan sistem negara tidak boleh menjadi penghambat bagi kesejahteraan dan kemakmuran hidup warga negara.

Negara harus hadir dan mendorong warga negara untuk menjadi energi produktif dan positif dalam pembangunan bangsa.

Bangsa yang merdeka tidak membiarkan tirani di setiap proses kehidupan warga negara. Kebebasan dalam batas tanggung jawab dan integritas haruslah diutamakan.

Merdeka berarti mampu menjaga sukacita kehidupan di dalam negeri. Setiap individu warga negara harus menjadi energi positif yang menularkan sukacita, kedamaian, kebaikan, keharmonisan, dan keindahan.

Selamat merayakan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 71. Semoga Indonesia jaya selalu, setiap warga negaranya mampu menjadi energi positif dan produktif bagi kemajuan Indonesia.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan