KEPEMIMPINAN YANG MENGHARGAI KEMAMPUAN BAWAHAN

“Pemimpin yang berkualitas adalah kekuatan bagi para bawahannya.”~Djajendra

Kepemimpinan yang berkualitas ditentukan oleh bawahan yang kaya kinerja. Bawahan yang andal dan berkualitas merupakan kekuatan pemimpin untuk mencapai misi dan visi kepemimpinan. Oleh karena itu, pemimpin harus cerdas memberdayakan semua potensi dari para bawahan, serta memotivasi mereka agar dapat menghasilkan kinerja dan prestasi terbaik.

Hormati dan hargai kemampuan bawahan, tunjukkan kepada mereka bahwa Anda sebagai pemimpin membutuhkan keahlian dan integritas mereka. Pahami kemampuan dan keahlian bawahan, berikan mereka semangat dan kepercayaan diri untuk bekerja secara efektif dan produktif. Kepercayaan dan energi positif pemimpin untuk para bawahan akan menjadikan mereka lebih produktif dalam menuntaskan tugas dan tanggung jawab.

Sebagai pemimpin yang berkualitas miliki kekuatan karismatik dalam menetapkan tujuan, arah kerja, kolaborasi, koordinasi, motivasi, inspirasi, daya tahan, kepercayaan diri, dan bimbingan kepada setiap bawahan. Kekuatan karismatik pemimpin merupakan energi yang mampu menarik dukungan dari bawahan untuk bekerja sesuai visi dan misi pemimpin.

Pemimpin yang kuat selalu bekerja dengan sangat terperinci, dan memastikan bahwa setiap bawahan bekerja sesuai visi. Kemudian, memiliki keyakinan yang kuat terhadap bawahan untuk melakukan apa yang ditugaskan dengan sebaik mungkin. Pemimpin tidak boleh melemahkan bawahan, tetapi selalu harus hadir di tengah-tengah mereka untuk memberikan kekuatan dan energi positif. Kekuasaan pemimpin haruslah digunakan untuk melayani dan memberdayakan setiap potensi bawahan, dan mendorong mereka menjadi aset produktif bagi organisasi.

Ketika pemimpin menghargai keahlian dan etos bawahan, maka mereka pun akan mempercayai pemimpin untuk memimpin mereka di sepanjang waktu. Mereka akan membuat sebagian besar kerja keras mereka untuk keberhasilan pemimpin. Mereka akan meningkatkan keahlian, kompetensi, kemampuan, kualitas, dan keandalan kerja mereka bagi keberhasilan pemimpin. Mereka akan menyiapkan dirinya menjadi lebih kredibel dan selalu sadar untuk meningkatkan kualitas kerja di setiap proses kerja.

Jangan biarkan ketidakpastian menciptakan kekhawatiran atau ketakutan di level bawahan. Jadilah pemimpin yang selalu ada untuk para bawahan, dan selalu berkomunikasi dua arah untuk memastikan bawahan berdaya tahan kuat dalam menghadapi ketidakpastian. Dengarkan suara hati para bawahan dengan empati. Pastikan mereka tetap unggul dan hebat di setiap situasi penuh tantangan. Jangan mengekspresikan keraguan dihadapan bawahan. Tunjukkan kepada bawahan bahwa Anda sebagai pemimpin siap menangani resiko dan krisis apapun. Tunjukkan kepada bawahan bahwa Anda adalah pemimpin yang berani, dan memiliki kemampuan untuk menangani setiap situasi yang tidak pasti.

Ketika pemimpin menghargai kemampuan dan keahlian bawahan, bawahan pun akan siap bekerja keras untuk mensukseskan visi pemimpin. Mereka akan mengarahkan upaya terbaik mereka untuk menuju visi pemimpin dengan penuh kinerja. Mereka menjadi sangat berharga dan terlibat secara proaktif di setiap proses kerja. Dalam hal ini, pemimpin harus selalu menemukan cara terbaik untuk memotivasi bawahan agar mereka melakukan tanggung jawab dengan berkualitas.

Pemimpin harus memberikan koordinasi terbaik untuk membangun kekuatan di setiap proses kerja. Setiap bawahan harus diberikan energi positif dan memotivasi mereka untuk menuntaskan pekerjaan. Inspirasi dan komunikasi pemimpin harus terfokus untuk memberdayakan setiap bawahan dalam menghasilkan yang terbaik.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com