SETIAP ORANG BISA MENJADI PRIBADI YANG KARISMATIK

“Karismatik berarti hadir sepenuh hati dengan kekuatan diri dan kekuasaan untuk meyakinkan orang lain.”~Djajendra

Karisma adalah salah satu wujud karakter dalam interaksi dengan orang lain. Ketika Anda memiliki karisma yang tinggi, Anda mudah berinteraksi untuk mempengaruhi kehidupan orang lain; Anda menjadi lebih menarik dan dipercaya oleh banyak orang; Anda menjadi pribadi yang diikuti dan kata-kata Anda didengar oleh banyak orang. Karisma adalah sebuah kualitas penting untuk menjadi pribadi kuat yang andal dan dipercaya.

Bila saat ini Anda merasa belum memiliki karisma, maka Anda dapat mempelajarinya dan mengembangkannya menjadi karakter Anda. Karisma adalah karakter yang berkaitan dengan pola pikir, perilaku emosi, kepribadian, gaya, penampilan, atau perilaku nonverbal yang terkait dengan kehadiran seseorang dihadapan publik. Jadi, Anda tinggal belajar semua yang terkait dengan karisma; Anda belajar pola pikir yang positif dan optimis; Anda belajar kecerdasan emosional; Anda belajar kepribadian yang etis, sabar, tenang, jujur, bertanggung jawab, dan penuh integritas; Anda belajar bahasa tubuh yang bersumber dari kekuatan hati nurani Anda; Anda berlatih untuk memiliki penampilan fisik yang kuat dan kokoh; Anda bisa berlatih dan belajar untuk tampil dihadapan orang banyak dari kejujuran diri sendiri; Anda bisa berlatih untuk memiliki suara dan kata-kata yang mempengaruhi publik. Intinya, karisma adalah karakter atau kepribadian yang bersumber dari diri yang asli, di mana semua orang bisa memilikinya asal mereka mau berlatih untuk menjadi jujur dengan diri sendiri.

Penampilan diri sejati atau diri asli yang jujur adalah fondasi untuk membentuk karisma yang hebat. Pikiran, emosi, hati, ucapan, tindakan, dan sikap harus selalu berada dalam satu energi yang paling jujur. Kesemuaannya ini harus dihadirkan dengan kekuatan yang menghubungkan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. Menjadi pribadi yang karismatik berarti menjadi pribadi yang menampilkan kejujuran diri tanpa ditutupi oleh maksud terselubung. Mampu tampil dihadapan publik dengan penuh percaya diri, yakin kepada ide-ide yang disampaikan, bertanggung jawab terhadap ucapan, dan mampu memberikan contoh perilaku atas pikiran dan ucapan yang disampaikan.

Karismatik berarti hadir sepenuh hati dengan kekuatan diri dan kekuasaan untuk meyakinkan orang lain. Kehadiran sepenuhnya di waktu dan situasi yang tepat menjadi penting. Karisma diperlukan untuk hubungan antar pribadi yang dipercaya dan diikuti perintahnya. Bila Anda seorang pemimpin di tempat kerja, maka karisma Anda akan membuat orang lain patuh untuk melaksanakan perintah Anda dengan tepat waktu.

Seseorang yang karismatik mampu menyampaikan kata-kata yang menyentuh hati orang lain. Dia tampil kuat, hangat, dengan kontak mata yang jujur dan siap menolong semua orang. Sikap dan perilakunya sangat kuat dan penuh percaya diri. Dia berbicara dengan tenang, suara yang hangat, dan meyakinkan semua orang. Dia sangat fokus untuk menyampaikan misinya. Penampilan dirinya sangat kuat bersama nilai-nilai kepribadiannya yang konsisten.

Karisma bertujuan untuk memperkuat kekuasaan dan kekuatan diri. Anda yang sangat karismatik dipercaya oleh banyak orang, dan mereka semua akan mempercayai Anda untuk memiliki kekuasaan dalam memimpin mereka. Karena Anda mendapatkan kekuasaan, maka gunakan kekuasaan tersebut untuk membantu orang lain; gunakan kekuasaan itu untuk melayani orang lain dengan penuh kehangatan dan kepedulian; gunakan kekuasaan itu untuk kebaikan orang lain.

Karisma di dalam hati yang tidak bersih dan pikiran yang tidak positif akan berumur pendek. Bisa saja seseorang berpura-pura tampil meyakinkan dengan fisik, suara, kata-kata, dan sikap palsu dalam mempengaruhi orang lain. Mungkin, orang-orang pun menjadi sangat percaya dengan karisma palsu yang dia tampilkan, tetapi semua ini akan berakhir dengan cepat, tidak ada kebohongan yang bisa bertahan cukup lama. Jadi, hindari untuk mendapatkan kekuasaan dengan cara-cara palsu, yaitu membangun pencitraan atau penampilan yang dipoles seolah-olah itu adalah sesuatu yang asli. Ingat, semua yang tidak jujur dan penuh dusta selalu berumur pendek. Kebohongan dan ketidakaslian akan dibongkar oleh kejujuran dalam waktu yang singkat, selanjutnya si pembohong akan dihukum oleh waktu.

Karisma yang kuat ditampilkan dari hati yang bersih, tulus, ikhlas, tanpa pamrih,  hangat, peduli, sopan, tenang, cerdas, kreatif, produktif, hadir, serta menjadikan kekuasaan untuk  melayani kebaikan dan keadilan. Seseorang yang karismatik tidak akan memperlihatkan sikap tidak suka kepada musuhnya, dia tetap tampil jujur dan profesional bersama ide-ide dan keyakinannya. Dalam hubungan antar pribadi; dia selalu hangat, peduli, dan penuh perhatian.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com