WORKSHOP “ETOS KERJA” MENUNTASKAN TARGET, TUGAS, DAN TANGGUNG JAWAB DENGAN TEPAT WAKTU PROGRAM 1 HARI 8 JAM

WORKSHOP “ETOS KERJA” MENUNTASKAN TARGET, TUGAS, DAN TANGGUNG JAWAB DENGAN TEPAT WAKTU PROGRAM 1 HARI 8 JAM

DESKRIPSI

Etos kerja atau cara Anda bekerja adalah aset produktif yang menghidupi Anda di sepanjang waktu. Etos kerja Anda yang baik dan berkualitas sama seperti Anda berinvestasi di emas dan tanah. Semakin tinggi kualitas etos kerja Anda, semakin Anda dipercaya dan diandalkan oleh stakeholders. Artinya, Anda bisa menghasilkan uang dan karya dari etos Anda yang terbaik di sepanjang kehidupan Anda.

Etos kerja yang baik tercermin dari sikap, perilaku, dan kebiasaan kerja. Anda dengan etos kerja yang baik selalu memiliki kedisiplinan yang tinggi; tanggung jawab yang tinggi; suka tolong menolong dengan rekan kerja untuk menuntaskan pekerjaan; bekerja tanpa hitung-hitungan dan memberi kontribusi yang lebih; melayani dengan hati; menghormati perusahaan, atasan, rekan kerja, bawahan, dan pelanggan; semangat yang tinggi dan pantang menyerah dalam mencapai target; memiliki kesadaran bahwa bekerja sama menjadi lebih kuat dan andal daripada bekerja sendiri; mengelola waktu kerja secara produktif dan efektif; mandiri dan selalu termotivasi untuk menyelesaikan tugas berdasarkan kompetensi dan kemampuan diri sendiri.

Etos kerja yang positif membawa manfaat bagi pengusaha, karyawan, dan pelanggan. Semua pihak atau pemangku kepentingan pasti bahagia dan senang mendapatkan pelayanan dari orang-orang beretos terbaik. Hal ini meningkatkan hubungan positif dan produktif dari waktu ke waktu, sehingga bisnis dan kesejahteraan kerja meningkat. Di samping itu, etos yang baik meningkatkan keterlibatan karyawan dalam kolaborasi kerja dan menjadi energi produktif untuk menumbuhkan kinerja dan produktivitas tertinggi.

Etos kerja yang baik meningkatkan iklim kerja yang positif, juga mengarah pada budaya kerja positif. Sekali lagi, kondisi ini meningkatkan komitmen, keterlibatan, dan kinerja karyawan. Karyawan yang beretos baik mampu memberikan kebahagiaan di tempat kerja, dan meningkatkan layanan pelanggan. Sebagai konsekuensi, budaya bahagia dan peduli di tempat kerja tidak hanya meningkatkan kesejahteraan karyawan dan produktivitas tetapi juga meningkatkan kepuasaan klien.

Karyawan dengan etos kerja terbaik selalu menjadi energi positif yang merawat pekerjaannya dengan kualitas tinggi; meningkatkan tanggung jawab dalam membantu rekan kerja dan atasan; memberikan dukungan satu sama lain, termasuk menawarkan kebaikan dan kasih sayang ketika orang lain sedang berjuang; menghindari kesalahan dan memaafkan kesalahan; inspiring satu sama lain di tempat kerja; menekankan makna pekerjaan sebagai kekuatan kehidupan ekonomi yang berkualitas; memperlakukan satu sama lain dengan hormat, rasa terima kasih, kepercayaan, dan integritas.

Program Workshop Etos Kerja ini terfokus untuk meningkatkan motivasi, teamwork, kualitas kerja dan kepercayaan diri karyawan; meningkatkan kecerdasan emosional dalam semua dimensi kehidupan kerja; meningkatkan tanggung jawab dan akuntabilitas dalam mengorganisir pekerjaan dengan lebih efektif dan produktif; meningkatkan kemampuan mental untuk tidak pernah menyerah dan senang menjadi orang yang dapat diandalkan; meningkatkan sikap, perilaku positif, mengelola stres, emosi, serta sikap mental yang bertanggung jawab pada komitmen; menjadi pribadi yang bekerja dengan mental optimis untuk menyelesaikan target dengan tepat waktu; meningkatkan pentingnya kedisiplinan, serta ada kesadaran bahwa apabila tidak disiplin bisa mengganggu rantai pekerjaan yang dilakukan oleh rekan kerja lainnya; bekerja dengan orientasi target dan pelayanan prima.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Membekali mental positif dan etos kerja yang andal kepada karyawan agar mereka menjadi tim support yang bekerja dan melayani perusahaan dengan kedisiplinan yang tinggi, bertanggung jawab, mencapai target, bekerja sama dalam kolaborasi sempurna, mengatur waktu dengan efektif dan produktif, mandiri dan termotivasi untuk melakukan pekerjaan secara profesional.
  2. Membekali soft skills secara holistik agar peserta memiliki kesadaran untuk meningkatkan etos kerja; kepercayaan diri; akuntabilitas; responsibilitas; mental positif; antusias dan bahagia untuk melayani perusahaan dengan hati yang tulus dan ikhlas; senang menjadi orang yang dapat diandalkan perusahaan; memiliki kebiasaan mental dan sikap yang bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan; memiliki kebiasaan mental dan sikap untuk menjalankan aturan, komitmen, serta selalu etis dalam berperilaku di tempat kerja.

MANFAAT PELATIHAN

Output yang diharapkan dari workshop  :

  1. Meningkatkan motivasi & teamwork serta kualitas kerja (tidak asal asalan)
  2. Meningkatkan kecerdasan Emotional
  3. Mengorganisir pekerjaan dan tanggung jawab dengan efektif (good time management)
  4. Meningkatkan sikap & prilaku positif, mengelola stess, emosi
  5. Meningkatkan pentingnya kedisiplinan (apabila tidak disiplin bisa mengganggu rantai pekerjaan yang dilakukan oleh rekan kerjanya)
  6. Bekerja dengan target oriented

METODOLOGI PELATIHAN

Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan(coaching),counseling, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

GARIS BESAR MATERI WORKSHOP ETOS KERJA PROGRAM 8 JAM

SESI 1: MELAYANI PERUSAHAAN DAN PEKERJAAN DENGAN IKHLAS, TULUS, SEPENUH HATI DAN BERKUALITAS

Sub Bahasan

  1. Etos kerja adalah aset yang selalu harus dirawat dan ditingkatkan kualitasnya
  2. Menguatkan integritas, loyalitas, tanggung jawab, dan kepedulian atas pekerjaan
  3. Menjalankan komitmen dan keikhlasan dalam menuntaskan setiap pekerjaan
  4. Membangun nilai-nilai kepemimpinan diri sendiri, kedisiplinan, kerja sama, dan kemandirian dalam penyelesaian tugas
  5. Membangun kesadaran untuk terus-menerus memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan
  6. Selalu optimis dan termotivasi untuk mencapai target dan kinerja terbaik
  7. Menghargai dan menghormati kontribusi setiap orang di tempat kerja, walau peran seseorang itu kecil tetapi peran tersebut penting untuk keberhasilan Anda

SESI 2: MENGORGANISIR PEKERJAAN DAN MENJALANKANNYA DENGAN PENUH TANGGUNG JAWAB

Sub Bahasan

  1. Mengorganisir pekerjaan dengan cara berkoordinasi, berkomunikasi, berkolaborasi dan berani mengambil tanggung jawab penuh untuk meningkatkan kinerja
  2. Proaktif dalam memperbaiki masalah, mengambil kepemilikan situasi, meminta maaf, dan menemukan solusi
  3. Selalu siap menjadi orang yang dapat diandalkan dengan perilaku kerja yang hadir, menyelesaikan tugas, menyerahkan tugas tepat waktu; serta menguatkan proses kerja dengan inisiatif, nilai, sistem, dan etos
  4. Tidak pernah menyerah dan penuh disiplin untuk menjadikan diri sebagai aset perusahaan yang andal dan unggul
  5. Bermental optimis dalam mengubah ide menjadi kegiatan nyata
  6. Mempertahankan fokus sukses di sepanjang jalan menuju tujuan
  7. Mengkomunikasikan rencana dan strategi dengan semua orang yang terlibat
  8. Semangat dan langkah-langkah optimis yang tak berhenti dalam mencapai tujuan

SESI 3: MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU POSITIF, DAN MENGELOLA STRES

Sub Bahasan

  1. Pikiran positif menurunkan stres, pikiran negatif meningkatkan stres
  2. Selalu berempati dengan rekan kerja dan menjaga hubungan produktif
  3. Memahami bahwa emosi merupakan faktor penting dalam perilaku kerja
  4. Emosi tidak cerdas selalu merusak kualitas kerja
  5. Mengatasi efek dari emosi negatif yang kuat dan yang mengganggu hubungan kerja
  6. Membangun hubungan, komunikasi, interaksi melalui kecerdasan emosional dari sisi personal dan interpersonal skill
  7. Mengendalikan ego dan kemampuan untuk bersikap baik
  8. Kebiasaan untuk menggunakan kata-kata dan bahasa positif
  9. Menghormati dan menerima realitas yang tidak sempurna, lalu belajar untuk memperbaiki
  10. Selalu mengkontrol reaksi dalam berbagai situasi, dan menggunakan kecerdasan emosi untuk menjaga momentum positif

UNTUK PELATIHAN HUBUNGI

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Telepon: (021) 5701505
Hp: 0812 131 888 99
Fax: (021) 5738105
Posted