MENGENDALIKAN PERILAKU EMOSIONAL DAN MENJALANI KEHIDUPAN TANPA BANYAK BERDEBAT

MOTIVASI 08072016

“Hidup tidak perlu banyak berdebat, diperlukan banyak rasa syukur dan senyum.”~Djajendra

Emosi yang tidak terkendali adalah sumber penyakit dan sumber konflik. Kecerdasan emosional diperlukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kebahagiaan hidup. Bagi Anda yang cerdas emosional selalu muncul kesadaran untuk mengembangkan pola pikir dan pola rasa, yang menciptakan kedamaian dan kebahagiaan di sepanjang hidup. Hidup ini sementara, nikmati dengan sukacita, hindari perdebatan dan emosi negatif yang merugikan kebahagiaan Anda.

Emosi negatif terjadi di setiap peristiwa yang tidak disyukuri. Emosi negatif bisa meledak dengan kemarahan, kebencian, dendam, kesal, dan semua ekspresi buruk lainnya. Emosi negatif memacu orang untuk mengekspresikan perilaku yang berbahaya bagi kehidupan yang damai. Emosi negatif bila dibiarkan akan tumbuh menjadi konflik yang merugikan diri sendiri dan hubungan baik dengan orang lain. Kendalikan emosi negatif dan arahkan semua energi pikiran kepada sukacita kehidupan.

Perilaku hidup dengan emosi meledak-meledak yang penuh dengan kemarahan dan kekesalan, adalah emosi yang menimbulkan masalah kesehatan. Mungkin hari ini Anda sehat-sehat saja, tetapi dalam jangka panjang, emosi negatif tersebut akan membuktikan kekuatan perusak untuk merusak kesehatan fisik dan jiwa. Jadi, kalau hari ini masih menjalani kehidupan dengan penuh emosi negatif, sadarlah bahwa emosi negatif Anda itu akan merusak kedamaian hati dan kesehatan Anda. Intinya, emosi negatif Anda tidak akan melukai orang lain, dia hanya akan melukai hidup Anda dan diri Anda.

Semua peristiwa ketidaksepakatan berpotensi memunculkan emosi negatif. Bila harapan dan keinginan tidak terpenuhi; maka reaksi negatif dalam bentuk marah, kecewa, dan lain sebagainya bisa menjadi pemicu konflik antar pribadi. Interaksi dengan emosi positif menjadikan Anda lebih sabar, tenang, santai, terkendali, dan berperilaku untuk menemukan solusi tanpa menyalahkan siapapun.

Perilaku berdebat yang meledak-ledak penuh emosional adalah perilaku yang membahayakan kesehatan. Intinya, tidak perlu marah dan ngotot berdebat sambil meninggikan emosi dan memperlihatkan perilaku buruk. Ekspresi wajah, bahasa tubuh, nada suara, dan gaya yang penuh emosi negatif hanya akan merugikan diri sendiri. Lebih baik santai, tenang, dan menggunakan akal sehat dalam semua urusan dan hubungan. Jangan terpancing oleh provokasi dari orang-orang yang sengaja ingin mengajak Anda dalam konflik. Jadilah cerdas emosional dalam menyikapi semua situasi dan kondisi.

Emosi negatif adalah sumber stres. Bila hati dan pikiran Anda penuh dengan kemarahan, dendam, kesal, kecewa; maka, fisik Anda pun akan menderita, seperti: otot leher kaku, kepala nyeri dan sakit, meningginya asam lambung, tubuh lemas dan malas, serta banyak perilaku fisik yang membuat kesehatan Anda mundur. Jadi, mengendalikan perilaku emosional dan menjalani kehidupan tanpa banyak berdebat, adalah penting untuk meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan hidup Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com