KECERDASAN EMOSIONAL MENINGKATKAN KINERJA

“Kata hati dan kata pikiran Anda harus menjadi emosi positif yang bergerak dalam sikap dan tindakan Anda. Inilah namanya cerdas emosi.”~Djajendra

Emosi yang cerdas dihasilkan dari pikiran positif. Emosi yang cerdas membuat Anda lebih bersyukur dengan realitas dan lebih menguasai pekerjaan. Emosi yang cerdas membuat pikiran terfokus untuk mencapai kinerja terbaik. Emosi yang cerdas merupakan fondasi untuk menghasilkan kinerja terbaik.

Kecerdasan emosional sangat penting untuk kinerja Anda di tempat kerja. Untuk itu, Anda harus menjadi pribadi yang berintegritas tinggi, pribadi yang jujur kepada diri sendiri, dan memiliki tindakan dari diri sendiri yang asli. Kecerdasan emosional tidak mungkin dimiliki oleh pribadi yang berpura-pura, atau pun yang membohongi diri sendiri. Kata hati dan kata pikiran harus menjadi emosi yang bergerak dalam sikap dan tindakan. Inilah namanya cerdas emosi.

Kinerja terbaik dihasilkan dari etos kerja yang kaya integritas, akuntabilitas, kreatif, produktif, efektif, pikiran positif, dan emosi cerdas. Jadi, Anda harus bekerja, berpikir, bersikap, dan bertindak tanpa manipulatif; tetapi, dengan ketulusan hati untuk memberikan kontribusi dari kemampuan terbaik Anda. Semua ini akan terwujud bila Anda jujur kepada diri sendiri.

Kecerdasan emosional menuntun Anda untuk bekerja dengan tulus dan lebih produktif. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan kekaguman pemberi kerja kepada Anda. Sikap, tindakan, kata-kata, dan cara kerja Anda akan timbul dari hati yang tulus dan asli. Anda tidak mau lagi berbohong kepada diri sendiri. Sebab, Anda sadar bahwa bila berbohong, maka penderitaan akan merusak kinerja Anda. Emosi yang cerdas bergerak membawa potensi dan kompetensi diri dengan jujur dan penuh tanggung jawab.

Untuk mengetahui kualitas kecerdasan emosional, Anda dapat memeriksa hati nurani dan pikiran Anda. Bila hati nurani dan pikiran dalam satu energi positif, maka Anda akan memiliki perilaku asli yang cerdas emosi. Kecerdasan emosional adalah produk dari kesadaran dan manajemen diri di dalam integritas diri.

Kecerdasan emosional menyadarkan siapa Anda di tempat kerja, dan apa yang harus Anda lakukan untuk membuat pekerjaan Anda berkinerja tinggi. Emosi yang cerdas selalu berhati-hati dan bekerja melalui jalan yang benar. Emosi yang cerdas bersedia untuk membuat keputusan yang tidak populer, tetapi keputusan itu berintegritas dan dapat dipertanggung jawabkan secara profesional.

Anda yang cerdas emosi bekerja tanpa pernah putus asa walau kesulitan terbesar menghalangi kinerja Anda. Anda yang cerdas emosi tidak suka pamer, selalu rendah hati dan bekerja keras untuk hasil terbaik. Anda yang cerdas emosi memiliki pikiran yang terbuka, mudah didekati dan mau menerima ide-ide baru untuk kemajuan.

Anda yang cerdas emosi mampu menciptakan jalur sendiri. Memiliki hati nurani untuk mengikuti semua proses. Memahami siapa diri Anda, bekerja dengan prinsip dan nilai-nilai diri sendiri yang positif. Melakukan apa yang diyakini dan tidak terpengaruh oleh opini orang lain, selalu menjadi diri sendiri yang bersikap dan bertindak dengan disiplin.

Kecerdasan emosional membuat Anda murah hati dan melayani pekerjaan dengan sepenuh hati. Mampu mengalahkan ego dan lebih berempati dalam hubungan kerja. Anda selalu memperlakukan setiap orang dengan hormat. Anda mampu menghindari perilaku buruk saat orang lain berperilaku buruk kepada Anda. Anda selalu terkendali dan lebih tenang menghadapi orang-orang sulit.

Kecerdasan emosional menghasilkan kebahagiaan yang berasal dari dalam diri, serta mampu mengendalikan diri dari berbagai godaan. Integritas pribadi semakin berkualitas saat emosi cerdas. Diri Anda tidak mempan didorong oleh ego. Anda tidak mau membuat keputusan berdasarkan ego dan keinginan. Anda yang cerdas emosi tidak bisa dikendalikan oleh keinginan, hanya kebutuhan yang bisa mendorong Anda untuk membuat keputusan.

Kecerdasan emosional membuat Anda tidak menjadi pribadi munafik. Anda sadar untuk terus-menerus hidup berfondasikan integritas dan tanggung jawab. Pikiran dan hati Anda seperti mendapatkan cahaya untuk mengenali mana yang salah dan mana yang benar. Jadi, Anda tidak akan menjadi orang munafik yang selalu tidak mampu mengenali kesalahan dan kekurangan diri sendiri. Anda tidak akan buta terhadap kekurangan dan kelemahan diri sendiri. Anda selalu jujur kepada diri sendiri, untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan di dalam diri Anda.

Anda yang cerdas emosi tidak suka membual atau bersikap berlebihan. Anda selalu rendah hati dan melakukan pekerjaan dengan prinsip kehati-hatian. Anda yang cerdas emosi tidak pernah membanggakan diri sendiri, tetapi selalu belajar dengan rendah hati, serta terus-menerus meningkatkan kemampuan untuk mencapai prestasi dan kinerja terbaik.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com