MENJALANI HIDUP DENGAN CITRA DIRI YANG POSITIF

“Buang semua topeng yang dibuat untuk menampilkan kepribadian yang sempurna, mulailah menampilkan kepribadian asli dengan integritas pribadi yang tinggi.”~Djajendra

Citra diri yang positif ada di mata yang melihatnya. Ketika tubuh, pikiran, emosi, dan jiwa berada dalam rasa percaya diri dan sikap rendah hati, maka citra diri positif akan terpancar keluar.

Citra diri yang baik tidak dihasilkan dari sebuah skenario. Jika Anda memoles citra diri Anda secara instan dalam bentuk skenario untuk sebuah tujuan jangka pendek, Anda akan kehilangan keasliaan kepribadian Anda. Anda hanya mampu tampil dengan menyembunyikan kepribadian asli, dan semua yang terlihat adalah sebuah pribadi yang suatu hari akan terpleset oleh masalah.

Citra diri yang positif begitu sederhana, yaitu: tampil apa adanya dengan integritas pribadi yang tinggi. Ketika citra diri dibuat-buat dan tidak sesuai dengan realitas kepribadian, maka citra diri tersebut akan menjadi beban hidup yang menghabiskan semua energi positif.

Walau realitas fisik terlihat kurus, gemuk, tinggi, pendek, bukanlah sebuah kekurangan. Citra diri positif adalah kepribadian positif yang terpancar dari dalam diri. Jadi, bukan sekedar polesan sambil menyembunyikan kepribadian yang asli. Oleh karena itu, buang semua topeng yang dibuat untuk menampilkan diri yang sempurna, mulailah menampilkan diri sejati dengan integritas pribadi yang tinggi.

Bersyukurlah dengan realitas diri sendiri dan lihat yang terbaik dari diri Anda. Hindari untuk membenci diri sendiri, karena begitu Anda mulai membenci diri sendiri dan fokus pada kekurangan, Anda akan langsung masuk ke dalam lubang penderitaan.

Kepribadian positif tercipta dari fokus pada segala sesuatu yang positif. Temukan setiap hari nilai-nilai positif untuk diekspresikan melalui perilaku positif. Rawatlah tubuh, pikiran, jiwa, dan emosi dengan cara-cara yang profesional. Tidak ada yang tercipta secara spontan dan otomatis, semuanya harus dilatih dan diperkaya dengan pengetahuan yang tepat.

Membangun citra diri yang positif memerlukan perjuangan dengan niat untuk menjadi pribadi asli. Semua itu dimulai dengan menghentikan pikiran-pikiran negatif, kemudian menyenangkan diri sendiri dengan energi positif kehidupan. Kuatkan rasa syukur dan tingkatkan kemampuan untuk melihat kehidupan dari persepsi positif.

Jangan menilai diri sendiri secara negatif, jangan menghancurkan kepercayaan diri Anda. Pulihkan perilaku dari kecanduan terhadap keyakinan negatif terhadap diri sendiri. Selama Anda masih memiliki persepsi, logika berpikir, dan keyakinan untuk tidak mempercayai kemampuan diri sendiri, maka Anda sulit memiliki citra diri positif yang asli. Ini bukanlah pekerjaan sehari. Anda harus berlatih dengan sabar dan pasti membutuhkan waktu.

Setiap orang secara alami sudah memiliki citra diri yang positif, tinggal ditingkatkan kualitasnya dengan nilai-nilai kehidupan yang positif. Saat nilai-nilai kehidupan positif menjadi kebiasaan di dalam sikap dan perilaku sehari-hari, maka citra diri positif akan terdorong dan terpancar keluar.

Anda harus meninggalkan diri yang palsu dan belajar menerima apa adanya diri Anda. Ini memang tidak mudah, tetapi usaha dan perjuangan Anda akan memperbaiki kualitas kepribadian Anda. Penerimaan realitas diri dengan ikhlas dan penuh percaya diri menjadikan Anda lebih asli.

Dengan menerima diri sendiri, Anda akan dengan mudah membangun citra diri positif dari dalam diri Anda. Proses memperbaiki diri dari dalam diri akan menjadi lebih mudah karena ada kesadaran dan penerimaan terhadap realitas diri. Bebaskan diri Anda dari kepalsuan dan topeng citra diri. Jadilah pribadi apa adanya dengan kesederhanaan kepribadian. Anda dengan citra diri yang asli mampu memberikan yang terbaik bagi kehidupan, daripada Anda yang penuh kepalsuan dari citra diri yang dibuat-buat.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com