CARA MEMPROMOSIKAN INTEGRITAS DI TEMPAT KERJA

motivasi 08032016

“Integritas adalah nilai yang memberikan kekuatan baik untuk memusnahkan semua yang tidak baik.”~Djajendra

Resiko muncul karena orang mengabaikan integritas, atau juga tidak peduli dengan integritas. Integritas adalah kualitas terpenting bagi siapapun yang ingin sukses di masa depan. Sekarang ini, di era informasi dan keterbukaan, tidak ada hal yang bisa disembunyikan. Secara bertahap, dunia sedang menjadi rumah kaca sehingga apapun perilaku mudah terlihat dan terbaca. Dunia semakin kecil oleh kemajuan teknologi internet dan telekomunikasi, yang begitu mudah dan cepat menyebarkan informasi dan pengetahuan.

Setiap pemimpin dan karyawan wajib menunjukkan integritas dan perilaku etis. Integritas dan perilaku etis sudah menjadi kebutuhan di ruang bisnis. Dengan menunjukkan integritas dan perilaku etis, Anda lebih dipercaya dan dihormati. Pengembangan integritas adalah bagian dari pengembangan kualitas kepribadian dari sisi moralitas dan spiritualitas. Diperlukan nilai-nilai moralitas dan spiritualitas yang cukup untuk mendukung terinternalisasinya karakter integritas di ruang bisnis dan organisasi.

Integritas tidak sebatas pemahaman tentang tidak melakukan korupsi ataupun menjadi orang andal yang bisa dipercaya. Lebih dari itu, integritas adalah sebuah nilai yang nenuntut diri menjadi diri sendiri yang asli dan sejati. Tidak berpura-pura atau menyembunyikan sesuatu di hati, tetapi hidup sesuai jati diri yang asli.

Karyawan dan pimpinan yang berintegritas adalah contoh dan teladan dalam bersikap dan berperilaku yang jujur dan penuh tanggung jawab. Di tempat kerja, orang-orang berintegritas selalu sadar bahwa dirinya adalah bagian dari rantai proses kerja, yang akan berfungsi bila terikat satu sama lain dalam ikatan kerja yang solid. Jadi, integritas menghasilkan kolaborasi kerja yang sangat baik, sehingga sistem dan struktur organisasi dapat bergerak lincah dan produktif di sepanjang proses kerja organisasi.

Bagaimana cara Anda mempromosikan integritas di tempat kerja Anda?

Integritas dimulai dari kesadaran moralitas dan spiritualitas. Bila kedua kesadaran ini sudah sangat menguat di dalam pikiran dan batin Anda, maka Anda tinggal meningkatkan kompetensi dan keterampilan teknis agar dapat mengerjakan tugas dan tanggung jawab dengan berkualitas tinggi.

Membangun integritas membutuhkan disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. Dengan disiplin dan tanggung jawab yang tinggi; Anda terdorong untuk selalu tepat waktu ataupun memenuhi janji pertemuan secara konsisten, setiap waktu, kapan pun dalam kondisi cuaca apapun.

Menjadikan sikap, perilaku, kebiasaan, karakter, dan kualitas kerja Anda dalam disiplin tinggi yang penuh tanggung jawab; merupakan cara mempromosikan integritas di tempat kerja Anda.

Melakukan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab, tepat waktu, berkualitas, dan berkinerja tinggi; merupakan cara Anda mempromosikan integritas di tempat kerja.

Memenuhi janji dan komitmen dengan tepat waktu, walau kesulitan yang tak dapat dijelaskan mengganggu janji dan komitmen Anda. Tetapi, Anda sadar untuk tetap memenuhi komitmen dan janji dengan sepenuh hati, adalah bagian dari cara Anda untuk mempromosikan integritas di tempat kerja Anda.

Dalam ketidakmampuan menjaga janji, tetapi Anda berjuang sekuatnya untuk menjaga janji tersebut, adalah bagian dari mempromosikan integritas di tempat kerja.

Kerja keras Anda; fokus dan sepenuh hati Anda pada pencapaian kinerja; perjuangan Anda untuk meningkatkan kualitas pekerjaan menjadi lebih produktif; serta perbaikan perilaku penyebab inkonsistensi; adalah bagian dari cara Anda mempromosikan integritas di tempat kerja Anda.

Tidak menutupi berita buruk; tidak menyembunyikan resiko; selalu hadir dengan solusi terbaik untuk setiap masalah yang dihadapi; mampu menghapus keraguan dengan cara berkomunikasi dan berkoordinasi; mampu meningkatkan kepercayaan dan reputasi dengan cara menunjukkan kemampuan dan keandalan; adalah bagian dari cara Anda mempromosikan integritas di tempat kerja Anda.

Selalu berkomunikasi dengan rendah hati; memperbaiki proses daripada menyalahkan orang lain; meningkatkan ketekunan dan disiplin; bersikap konsisten dengan tindakan; adalah bagian dari cara Anda mempromosikan integritas di tempat kerja.

Menjadi energi positif dalam laju pertumbuhan budaya organisasi yang kuat, adalah bagian dari cara Anda mempromosikan integritas di tempat kerja.

Menjaga dan memastikan kebijakan perusahaan berjalan seperti seharusnya; tata kelola perusahaan yang terbaik berfungsi dengan sempurna; struktur organisasi berfungsi melalui saluran yang tepat dan benar; adalah bagian dari cara Anda mempromosikan integritas di tempat kerja.

Mengakui kesalahan dan kekurangan dan menggunakannya sebagai kesempatan untuk perbaikan, adalah bagian dari cara Anda mempromosikan integritas di tempat kerja. Ya, dengan integritas, Anda tidak perlu membuat kesalahan yang sama dua kali.

Tidak mengambil yang bukan haknya; tidak berbohong dan merugikan kepentingan stakeholder; selalu bersikap jujur dalam semua hubungan dan komunikasi; fokus pada keberhasilan dan pencapaian terbaik dengan reputasi tinggi; adalah bagian dari cara Anda mempromosikan integritas di tempat kerja.

Anda harus berkontribusi dan mendedikasikan diri Anda secara total dan sepenuh hati untuk mempromosikan integritas di tempat kerja. Karena, seorang saja tidak menunjukkan integritas, maka budaya tidak baik yang penuh energi koruptif akan tumbuh dan berkembang. Integritas adalah nilai kebaikan yang dapat digunakan untuk memusnahkan semua yang tidak baik.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com