PELATIHAN PROFESSIONAL ETIQUETTE PROGRAM 4 JAM

PELATIHAN PROFESSIONAL ETIQUETTE PROGRAM 4 JAM 

DESKRIPSI

Etiquette (Etiket) adalah rahasia untuk sukses karir kerja. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa keberhasilan seseorang dalam bisnis dan pekerjaan 15% dari keterampilan teknis dan 85% dari keterampilan sosial. Keterampilan sosial, keterampilan pribadi, dan keterampilan orang adalah inti dari etiket. Belajar Etiket Profesional menjadikan Anda siap sebagai pribadi yang sangat profesional di tempat kerja Anda, untuk bisa melayani pekerjaan dan bisnis dengan tata krama dan sopan santun yang tinggi.

Di tempat kerja, terbentuk budaya politik kantor yang memerlukan sopan santun dan taat aturan. Karena ada politik kantor, Anda harus pintar bertindak dengan memahami apa yang tepat dan apa yang tidak tepat. Bila Anda ceroboh, asal berbicara, asal bertindak sesuai maunya hati Anda, asal bersikap, dan tidak memiliki strategi kerja yang baik. Maka, langkah dan tindakan Anda yang tidak tepat dapat menenggelamkan karir Anda.  Jadi, belajar Professional Etiquette bertujuan menjadikan Anda sukses dalam karir profesional di tempat kerja.

Etiket Profesional mengajarkan Anda untuk memiliki sikap dan perilaku yang tepat, untuk melayani dan beradaptasi dengan berbagai situasi yang sangat multicultural. Anda harus akrab dengan berbagai situasi bisnis sosial, keterampilan komunikasi, perilaku yang beragam, cara berpakaian dan penampilan yang beragam. Dengan memiliki keterampilan pribadi dan keterampilan kerja yang mudah beradaptasi, maka Anda selalu mampu memperbaiki setiap situasi menjadi lebih nyaman dan menyenangkan hubungan sosial dengan siapapun.

Program pelatihan berdurasi 4 jam ini mengimplementasi dan menginternalisasi konsep Etiket Profesional ke dalam diri karyawan. Karyawan akan belajar bagaimana menerapkan aturan Etiket Profesional dalam berbagai macam situasi bisnis yang khas. Dengan mengikuti pelatihan ini, karyawan mampu menciptakan hubungan sosial dan interaksi kerja dalam sikap baik yang efektif; mampu meningkatkan kualitas hidup di tempat kerja; mampu berkontribusi secara optimal dengan semangat kerja yang tinggi; mampu memiliki perilaku dan sikap yang memperindah citra perusahaan; mampu memainkan peran kerjanya dalam menghasilkan kinerja terbaik; mampu meningkatkan kepercayaan diri dan karakter diri yang positif, serta cerdas membuat kesan pertama yang terpercaya dan positif dalam berbagai situasi.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Membangun kualitas pribadi dengan sopan santun yang tinggi dalam hubungan dengan pimpinan, rekan kerja, staf, mitra kerja atau pelanggan, prospek, dan stakeholder lainnya dalam hubungan bisnis dan hubungan kerja.
  2. Menciptakan kualitas pribadi dengan keterampilan sosial, keterampilan pribadi, dan keterampilan orang yang mudah beradaptasi dalam beragam budaya atau multicultural.
  3. Membuat peserta tahu bagaimana bekerja dan membangun kualitas diri yang lebih baik, lebih kuat, hubungan yang lebih sukses, dan memperoleh keunggulan kompetitif.

MANFAAT PELATIHAN

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, karyawan tahu bagaimana untuk:

  1. Bekerja secara profesional, taat aturan dan etiket kantor, serta memelihara hubungan kerja yang positif di kantor.
  2. Sangat bijak dan terhormat dalam menangani dilema etika, etiket, dan masalah pribadi di tempat kerja.
  3. Berkomunikasi dengan tepat dan benar: cara memperkenalkan orang, menjadi pembicara yang baik, menjadi pendengar yang baik, bahasa tubuh yang baik, serta mengikuti etiket profesional yang tepat dalam pertemuan dan pelayanan kerja.
  4. Menampilkan sikap dan suara yang santun di telepon, menulis email atau surat yang beretiket, berpakaian yang tepat dan sopan, mengikuti etiket yang tepat di fungsi bisnis dan makan malam, mengidentifikasi pengaturan meja formal untuk makan bisnis, selalu beradaptasi dan menghormati multicultural di berbagai aspek kehidupan sosial.
  5. Menjadi pribadi yang sopan, santun, ramah, mempersiapkan mindset dan perilaku untuk setiap hubungan ataupun perjalanan bisnis internasional dan lokal.

METODE PELATIHAN

Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar Dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

MATERI TRAINING PROFESSIONAL ETIQUETTE SELAMA 4 JAM

BAGIAN 1: BUSINESS ETIQUETTE

Sub bahasan

Business Communication

  1. Interaksi sosial di kantor yang santun dengan bahasa tubuh, bahasa tulisan, bahasa berbicara yang etis dan menjaga perasaan orang lain.
  2. Berbicara, bersikap, mendengar, dan menjawab dengan profesional.
  3. Menjaga informasi rahasia perusahaan dalam setiap pembicaraan.
  4. Tidak berdebat dan tidak bergosip di tempat kerja terutama dengan supervisor atau staf.
  5. Menjaga komunikasi kantor dalam bahasa yang santun dan pilihan kata-kata positif.

Be Professional

  1. Bekerja sesuai arahan manajemen, aturan, kebijakan, dan prosedur perusahaan.
  2. Tidak melanggar aturan kerja atau menciptakan resiko di tempat kerja.
  3. Setuju dan menghormati jadwal kerja.
  4. Hadir tepat waktu dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
  5. Jangan sering absen dan selalu menghormati pemberi kerja.

BAGIAN 2 : SOCIAL ETIQUETTE

Sub bahasan

  1. Jangan bicara terlalu banyak tentang kehidupan pribadi Anda.
  2. Jangan membuat musuh atau membakar jembatan komunikasi.
  3. Menghormati staf, rekan kerja, pimpinan dari hati yang paling ikhlas dan penuh tanggung jawab.
  4. Mampu bekerja sama dalam tim dan menggandeng yang lainnya dengan sikap baik.
  5. Menawarkan saran, menjadi bagian dari tim, jadilah handal, dan jujur.

BAGIAN 3:   DRESSING ETIQUETTE

 Sub bahasan

  1.  Berpakaian yang tepat sesuai aturan kantor Anda.
  2. Mematuhi dress code saat menghadiri undangan atau pertemuan.
  3. Menghargai cara berpakaian oleh keragaman budaya lokal dan internasional.
  4. Simak dan amati etiket orang lain agar terhindar dari kesalahan.
  5. Pelajari apa yang tepat dan apa yang tidak tepat dalam berpakaian.

Untuk Training Hubungi

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Telepon: (021) 5701505
Hp: 0812 8777 083
Fax: (021) 5738105