REVOLUSI MENTAL

REVOLUSI MENTAL 10022016“Ketika cara berpikir berubah, perilaku dan karakter juga akan berubah mengikuti pola pikir.”~Djajendra

Kata revolusi selalu mengingatkan orang tentang perang fisik, kekerasan, dan pertumpahan darah. Revolusi mental tidak mengenal kekerasan, perang fisik, pertumpahan darah, ataupun hal-hal yang menyakiti orang lain. Revolusi mental adalah tentang perubahan pola pikir secara fundamental. Revolusi mental bergerak di wilayah moral, spiritual, doktrin, keyakinan, dan kesadaran. Jadi, tidak perlu takut dengan revolusi mental, dia tidak seperti revolusi fisik.

Perubahan itu abadi dan pasti. Oleh karena itu, setiap orang harus sadar untuk berubah. Bila sulit berubah, lakukan revolusi mental untuk diri sendiri agar mampu berubah dengan pola pikir yang lebih baru. Jadikan hidup sebagai pengalaman yang diamati perubahannya, sehingga persepsi dan pengalaman mental dapat mengalir bersama perubahan. Tanpa perubahan, Anda sulit mengambil keputusan terhadap realitas yang tidak Anda inginkan.

Melakukan revolusi mental berarti sadar untuk berubah atau mengubah pola pikir. Ketika masyarakat sulit berubah dan ngotot dengan segala cara untuk tetap di zona nyaman, maka diperlukan revolusi mental. Dalam hal ini, revolusi mental harus dipimpin dengan visi yang jelas agar semua orang bisa mengikutinya dengan sadar dan ikhlas.

Ketika seseorang sulit berpikir positif dan optimis, maka dia harus melakukan revolusi mental agar mampu merubah cara berpikir negatif menjadi positif. Pikiran-pikiran positif dan optimis diinternalisasikan ke dalam diri, ditanam dalam pikiran bawah sadar, dan dijadikan pola pikir sehari-hari. Revolusi mental selalu bertujuan untuk menciptakan sistem kehidupan yang bersih, andal, mampu, melayani, bertanggung jawab, jujur, cerdas, produktif, kreatif, berintegritas, dan berkinerja tinggi. Perubahan selalu abadi dan pasti. Bila Anda takut dengan perubahan, Anda harus memberanikan diri untuk melakukan revolusi mental agar siap dengan perubahan.

Revolusi mental haruslah menciptakan persepsi, memori, bahasa, perilaku, dan kecerdasan yang selaras dengan nilai-nilai organisasi. Setelah revolusi mental, pandangan baru akan muncul; sikap dan perilaku baru akan muncul; etos yang baru akan muncul; kehidupan yang baru akan muncul. Revolusi mental harus mampu menjelaskan pola pikir, perilaku, emosi, dalam setiap tindakan dan reaksi.

Memulai revolusi mental haruslah dari diri sendiri, tunjukkan diri Anda sebagai teladan dan panutan. Lalu, tularkan pengaruh baik Anda kepada keluarga, lingkungan kerja, dan masyarakat. Jadilah energi positif yang menggerakan kehidupan dengan integritas untuk menjadi lebih produktif dan berkinerja tinggi.   

Lakukan revolusi mental untuk memiliki mindset berkembang. Pertumbuhan pola pikir yang sesuai dengan realitas peradaban dan jaman. Pertumbuhan pola pikir dan proses untuk menempatkan pola pikir baru dalam praktik kehidupan. Pertumbuhan pola pikir yang fleksibel, terbuka, dan memiliki pandangan positif. Lakukan revolusi mental diri sendiri melalui kerja keras, disiplin, strategi yang tepat, dan membuka diri untuk menerima pengalaman apapun dengan pikiran positif.

Pribadi yang terlatih dengan perubahan selalu tenang dan fokus untuk rutinitas pekerjaannya. Dan, mampu tumbuh dengan pola pikir antara individu dan organisasi. Perubahan melalui revolusi mental akan mengubah cara hidup dan membawa orang-orang ke dalam kehidupan visi bersama. Revolusi mental membentuk pikiran-pikiran yang membuat diri tumbuh menuju visi dan kemajuan.

Masa depan yang baik ada dalam pikiran positif. Pandangan hidup yang positif akan menguatkan setiap orang untuk mandiri dan berdiri di atas kemampuan diri sendiri. Reformasi tanpa revolusi mental akan terjebak dalam pola lama. Sebab, walaupun secara fisik dilakukan perubahan dan tata kelola yang terbaik dibuat, tetapi secara mental orang-orang masih hidup dalam pola lama. Jadi, saat mental belum direvolusi, orang-orang hanya akan tiarap saat mereka dipaksa untuk mengikuti perubahan fisik dan normatif.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com