ETOS ANDA ADALAH KARAKTER KERJA ANDA

ETOS KERJA 08 JAN 2016ETOS ANDA ADALAH KARAKTER KERJA ANDA

“Yang menentukan kualitas etos kerja Anda adalah perasaan dan persepsi stakeholders. Bukan oleh diri Anda sendiri.”~Djajendra

Bagaimana karakter Anda bekerja? Apakah karakter Anda bisa memenuhi seluruh standar, sistem, etika, target, dan tata kelola perusahaan Anda? Apakah karakter Anda bisa menyesuaikan diri dengan budaya organisasi dan semua aturan di tempat kerja Anda? Apakah karakter Anda mudah berkomunikasi dan berkolaborasi dengan setiap orang di tempat kerja? Apakah karakter Anda mampu menjadi aset yang menciptakan nilai tambah bagi kemajuan perusahaan Anda? Apakah karakter Anda selalu mencapai target dan memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan Anda? Apakah karakter Anda merasa bahagia dan penuh gairah dengan pekerjaan Anda? Apakah karakter Anda selalu bersyukur dan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan Anda? Bila jawaban Anda “Ya”, artinya Anda sudah memiliki etos kerja yang hebat dan andal.

Setiap orang di tempat kerja adalah bagian dari dirinya sendiri; bagian dari keluarganya di rumah; bagian dari orang lain di kehidupan sosial; bagian dari budaya tempat dia bekerja; bagian dari perubahan yang diharapkan oleh kehidupan darinya. Bila mampu memainkan peran yang tepat di semua bagian tersebut dan menjadi pribadi yang profesional di tempat kerja, maka etos yang andal akan menguatkan fungsi dan peran setiap orang di tempat kerja.

Etos yang baik menjadikan Anda sebagai pekerja yang profesional, etis, dipercaya, mampu, andal, produktif, dan berkualitas tinggi. Semua ini hanya dapat dihasilkan kalau Anda memiliki karakter kerja yang sesuai dengan sistem, budaya, dan tata kelola. Intinya, Anda yang beretos kerja terbaik selalu menjadi pribadi yang menunjukkan keandalan, kemampuan, kompetensi, kualitas, kinerja, serta menghormati ide-ide dan nilai-nilai orang lain dengan bijak.

Etos kerja yang baik dan profesional mendorong insan perusahaan untuk tidak tertidur di belakang meja. Rasa tanggung jawab dari hati nurani dibangkitkan, untuk berdiri paling depan dalam fungsi dan peran yang dijalani di tempat kerja. Etos kerja yang baik tidak menciptakan kemacetan di tempat kerja. Semua saluran kerja bergerak secara otomatis. Sistem berfungsi untuk melancarkan proses kerja dan proses bisnis. Setiap individu bekerja dengan kompetitif dan terus-menerus meningkatkan kemampuan untuk pelayanan yang lebih baik.

Karakter kerja Anda yang terbaik (etos) tidak akan menempatkan Anda dalam zona nyaman, Anda dengan sengaja menempatkan diri sendiri dalam situasi yang tidak nyaman. Dan semua ini bertujuan agar Anda menjadi lebih kreatif, serta selalu mampu memecahkan hambatan dan rintangan dengan solusi kreatif.

Kekuatan dari orang-orang beretos kerja terbaik adalah kemampuannya untuk tidak membuat atau menambah masalah di tempat kerja. Mereka selalu membangun dan memiliki hubungan kerja yang hebat dengan siapapun di tempat kerja. Mereka selalu mampu mengatasi dan menemukan solusi untuk konflik di tempat kerja. Mereka tidak terbiasa atau tidak memiliki perilaku yang suka mengeluh di belakang punggung orang lain. Mereka selalu tampil dengan percaya diri dan tidak pernah mengkhawatirkan tentang dirinya. Mereka adalah pencipta lingkungan kerja menjadi harmonis dan produktif.

Etos adalah semangat yang muncul dari hati nurani untuk menciptakan karakter kerja yang selaras dengan budaya organisasi, lingkungan kerja, sifat bisnis, perubahan sesuai era atau jaman, realitas masyarakat, kebutuhan lembaga, kepemimpinan, dan sistem. Pada akhirnya, etos itu sendiri terlihat di dalam proses kerja melalui sikap dan perilaku sehari-hari. Dalam hal ini, kebiasaan dan keyakinan didasarkan oleh nilai-nilai inti perusahaan.

Etos kerja yang baik adalah karakter kerja yang diinginkan oleh perusahaan. Intinya, saat karakter kerja sudah sesuai dengan harapan dan keinginan perusahaan, maka karakter kerja tersebut dipercaya dan dapat diandalkan oleh perusahaan untuk mencapai visi. Etos menghasilkan perilaku yang etis dan menjadikan karyawan sebagai pribadi yang kredible, dapat diandalkan, dapat dipercaya, jujur, tekun, rajin, berkualitas, berintegritas tinggi, dan mudah beradaptasi dengan perubahan.

Etos kerja terbaik berarti andal hard skillnya dan andal soft skillnya. Jadi, etos (karakter kerja) itu dihasilkan dari keandalan atau kehebatan hard dan soft skill seseorang. Contoh etos: seorang karyawan sudah bekerja sepuluh tahun di bidang keuangan, dia sangat ahli dan berpengalaman dalam membuat anggaran perusahan. Sampai disini karyawan tersebut hard skillnya sudah andal. Selanjutnya, karyawan yang hard skillnya sudah andal tersebut memiliki perilaku yang rajin, berempati, berjiwa besar, mudah berkomunikasi, mudah berkolaborasi, percaya diri, tekun, disiplin, memiliki orientasi diri yang konsisten, mudah beradaptasi, kreatif, andal, berkualitas, sabar, tidak pernah menyerah, rendah hati, belajar, menghormati orang lain, dan lain sebagainya. Sampai disini karyawan tersebut hard skill dan soft skillnya sudah andal dan dapat dipercaya oleh perusahaan.

Etos adalah karakter yang mampu menjalankan etika dengan integritas pribadi yang tinggi, sehingga karakter tersebut memiliki kredibilitas dan reputasi terpuji. Pengalaman, keahlian, kepercayaan diri, dan keyakinan Anda saja masih belum cukup untuk dikatakan bahwa Anda sudah memiliki etos yang hebat. Stakeholders Anda lah yang menentukan bahwa etos kerja Anda hebat. Perasaan dan persepsi stakeholders Anda lah yang menentukan bahwa etos atau karakter kerja Anda itu luar biasa.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com