GOOD CORPORATE GOVERNANCE MENINGKATKAN RASA AMAN BAGI INVESTOR DI PASAR MODAL

MOTIVASI GCG 2016

“Perusahaan publik adalah investasi dari para investor.”~Djajendra

Kehilangan tata kelola perusahaan yang baik berdampak pada hilangnya kepercayaan investor pada perusahaan. Perusahaan publik wajib menjalankan good corporate governance dengan sempurna. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan dan rasa aman investor di pasar modal. Bila tata kelola perusahaan tidak baik atau berisiko tinggi, maka para investor akan menjauh dan tidak mau berinvestasi.

Kuatkan struktur dan proses kerja sehari-hari dengan good corporate governance. Jadikan perusahaan Anda sebagai perusahaan publik yang menjadi magnet untuk berinvestasi. Bila prinsip-prinsip GCG menjadi perilaku kerja sehari-hari, maka perusahaan menjadi kuat dan dipercaya. Perusahaan yang dipercaya oleh investor sahamnya selalu dibeli untuk tujuan investasi jangka panjang.

Bagi perusahaan yang ingin IPO atau Go Public wajib menyiapkan mekanisme kerja di internalnya dengan good corporate governance. Sebab, tanpa tata kelola yang baik, perusahaan publik pasti merugikan investor di pasar modal. Perusahaan yang merugikan investor di pasar modal akan kehilangan reputasi, dan hal ini membuat investor tidak mau percaya lagi dengan semua tindakan perusahaan di masa depan.

Integritas adalah jiwa bagi Good corporate governance. Good corporate governance ditentukan oleh kualitas integritas. Bila kualitas integritas di semua aspek organisasi dan bisnis baik, maka akan menghasilkan akuntabilitas dan transparansi yang kuat. Menjalankan Good corporate governance dengan integritas meningkatkan akuntabilitas dan transparansi bagi semua stakeholders maupun investor di pasar modal. Tata kelola yang baik memberikan fondasi yang kuat untuk etos kerja yang profesional. Ketika etos kerja berfondasikan integritas pribadi yang unggul, maka semua insan perusahaan akan fokus bekerja dengan prinsip kehati-hatian dan menghindari skandal.

Penguatan pasar modal tergantung dari antusiasme perusahaan-perusahaan publik untuk menguatkan praktik good corporate governance. Saat praktik GCG atau tata kelola perusahaan yang baik terwujud, maka saham perusahaan tidak hanya diperebutkan oleh investor dalam negeri, juga pasti diperebutkan oleh investor global. Bila perusahaan publik tidak serius menjalankan GCG, maka mereka berpotensi berada di bawah tekanan dan kehilangan kepercayaan dari investor.

Good corporate governance terus berkembang melalui etos kerja. Sekarang ini, kode GCG tidak hanya diingat atau dibaca, tetapi diinternalisasikan menjadi perilaku dan karakter kerja. Setiap insan perusahaan wajib memenuhi tanggung jawab untuk mengelola perusahaan dengan cara-cara profesional. Harus diingat bahwa perusahaan publik adalah investasi dari para investor. Setiap insan perusahaan wajib bertanggung jawab untuk mengelola investasi dari para investor, yang sudah menginvestasikan uang mereka di dalam saham perusahaan yang Anda kelola.

Kelolalah perusahan publik dengan transparan, demokratis, dan tanggung jawab penuh. Jangan pernah berpraktik GCG dalam tataran normatif, dan melupakan tataran perilaku. Internalisasikan dan praktikkan good corporate governance di setiap proses kerja dan proses bisnis melalui struktur organisasi yang dinamis dan efektif.

MOTIVASI 4 JAN 2016

Gunakan prinsip-prinsip good corporate governance untuk membangun etos dan budaya kerja. Lalu, integrasikan lingkungan kerja, kehidupan sosial di internal perusahaan, dan nilai-nilai inti perusahaan ke dalam tata kelola yang baik (GCG).

Pekerja dan pengelola perusahaan publik adalah pengelola aset ataupun investasi dari para investor. Investor selalu menginginkan transparansi dan tanggung jawab dari para pengelola perusahaan. Mereka ingin harga saham naik terus, dividen dapat terus, dan masa depan perusahaan selalu lebih baik.

Good corporate governance haruslah dikembangkan dengan strategi yang mendorong peningkatan keyakinan dan kepercayaan investor pada para pengelola perusahaan. Pengelola perusahaan juga harus mampu terhubung dan melayani investor secara teratur dalam sikap baik.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com