RASA TAKUT ADALAH IMAJINASI PIKIRAN DAN EMOSI

EGO“Hidup ini sekali, kita semua sedang berwisata di kehidupan yang indah ini, jangan merusak wisata yang indah ini dengan rasa takut.”~Djajendra

Rasa takut selalu muncul dari masa lalu dan masa depan, tetapi peristiwanya tidak ada pada momen ini. Artinya, rasa takut hanyalah sebuah rasa atau emosi yang diatur oleh imajinasi pikiran, dan peristiwa yang ditakuti itu tidak ada saat rasa takut itu hadir untuk menakuti Anda. Jadi, rasa takut hanyalah sebuah ilusi atau imajinasi yang bermain di dalam emosi dan pikiran. Para pemberani selalu memfokuskan jiwanya di jalan yang lurus, di jalan spiritual, di jalan penuh keyakinan untuk menang. Mereka sadar bawah tidak ada kepastian dan keamanan dengan kehidupan. Kehidupan adalah sebuah perjalanan penuh tantangan dengan peristiwa-peristiwa yang tidak diduga sebelumnya. Oleh karena itu, mereka tidak takut oleh apapun, termasuk oleh kematian.

Dalam budaya bangsa Jepang, di sekitar abad 12-19, dikenal pasukan samurai. Pasukan samurai ini adalah para kesatria yang melayani kerajaan mereka pada masa itu. Mereka tidak mengenal rasa takut, mereka hanya mengenal rasa berani. Mereka berani menghadapi kesulitan apapun, dan siap mempertaruhkan nyawa demi memperjuangkan nilai-nilai keyakinan. Untuk mengalahkan rasa takut, mereka memiliki prinsip bahwa hidupnya tidak lebih berharga dari sehelai bulu. Para samurai ini merupakan contoh bagaimana rasa takut dapat dihilangkan dan keberanian dikuatkan untuk memenangkan kehidupan yang dicari.

Bila Anda memahami makna dari keyakinan samurai, maka Anda akan sadar bahwa hidup hanyalah sebuah perjalanan sementara bersama tubuh fisik dan tubuh mental. Di sepanjang perjalanan, Anda pasti mengalami berbagai pengalaman yang Anda suka ataupun yang tidak Anda suka. Kadang-kadang, cinta dan keinginan yang berlebihan dapat memunculkan rasa takut oleh halusinasi pikiran. Akibatnya, Anda takut kehilangan, takut gagal, takut tentang semua hal yang tidak Anda inginkan. Rasa takut inilah titik kelemahan yang dapat digunakan oleh orang-orang di luar diri Anda, untuk menguasai jalan hidup Anda. Bila orang lain sudah menguasai hidup Anda, maka Anda hanya menjadi bagian dari kepentingan mereka.

Anda berhak membuat rencana apapun pada hari ini, tetapi Anda belum tentu bisa hidup sesuai dengan rencana yang sudah Anda buat hari ini. Di sinilah Anda butuh keikhlasan dan jiwa besar. Kehidupan ini sudah diatur oleh Tuhan, dan kita semua hanyalah orang-orang yang di atur oleh kekuatannya. Intinya, menakutkan sesuatu yang kita sendiri tidak bisa mengaturnya adalah kebodohan terbesar.

Jangan takutkan apa yang akan terjadi selanjutnya, biarkan yang terjadi terjadilah. Fokuskan semua energi dan waktu untuk menikmati sukacita dan kebahagian dengan rasa syukur. Bila Anda masih takut atau khawatir tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, maka itu berarti Anda menakutkan terhadap sesuatu yang tidak ada, terhadap sesuatu yang muncul dari asumsi Anda. Ingat, terlalu banyak berasumsi akan mengantar Anda pada penderitaan. Hidup itu bukan di wilayah asumsi, tetapi di wilayah nyata.

Rasa takut bisa membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Rasa takut bisa membuat Anda tersesat di jalan yang tidak Anda inginkan.Rasa takut bisa menjadi kelemahan Anda untuk dimanfaatkan oleh kekuatan tidak baik. Jika hidup Anda berakar pada kenyataan dan meyakini apapun peristiwanya untuk kebaikan hidup Anda, maka tidak akan ada rasa takut.

Biasakan hidup Anda dalam kekuatan integritas. Sebab, kekuatan integritas Anda akan meningkatkan kualitas perilaku yang etis, benar, jujur, ikhlas, bertanggung jawab, bermoralitas tinggi, beretiket, dan selalu menjunjung nilai-nilai positif. Di sini, rasa takut akan hilang karena integritas pribadi Anda selalu menguatkan jiwa berani Anda. Anda akan menjadi pribadi yang harmonis antara pikiran, perkataan dan perbuatan. Ego Anda pun akan bergerak sebatas integritas Anda, sebab integritas Anda itu akan menjadi identitas diri yang kuat.

Miliki keyakinan bahwa Anda lahir untuk mengalami kehidupan dan bukan lahir untuk menghindari kehidupan. Oleh karena itu, temukan sisi terbaik dari peristiwa terburuk, dan temukan makna yang bisa membuat hidup Anda semakin kuat dan berani di sepanjang perjalanan hidup Anda. Semakin Anda mampu mengalami hidup dengan berbagai pengalaman yang beragam, semakin Anda kaya dan tercerahkan oleh makna hidup. Jangan pernah menggunakan rasa takut sebagai alat untuk melindungi diri sendiri, tariklah nafas dan bergeraklah menuju masa depan dengan penuh keberanian.

Hidup ini hanya sekali, kita semua hanya sedang berwisata di kehidupan yang indah ini, jangan merusak wisata yang indah ini dengan rasa takut. Jadi, sebelum kematian menjemput untuk kembali ke dunia asal, nikmati hidup ini dengan penuh rasa syukur dan bahagia. Tidak ada satupun milik kita di bumi ini, kita hanya tamu yang sedang berwisata di sini, jangan terpesona dan menciptakan rasa takut untuk hal-hal yang tidak mungkin Anda miliki selamanya.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com