TIM WORK YANG HEBAT DIHASILKAN DARI BUDAYA ORGANISASI YANG KUAT

BUDAYA ORGANISASI YANG KUAT 2015“Budaya yang kuat membuat semua orang patuh pada aturan dan bertanggung jawab untuk menjalankan sistem dengan penuh integritas.”~Djajendra

Perusahaan yang andal selalu dihasilkan oleh sebuah tim yang andal, dan tim yang andal dihasilkan dari budaya kerja ataupun budaya organisasi yang kuat. Tidak mungkin dapat dihasilkan sebuah tim yang tangguh dan unggul di dalam sebuah perusahaan, bila budaya perusahaan itu lemah dan tak berdaya. Budaya perusahaan yang kuat dan tangguh adalah syarat dasar agar mudah membangun sebuah tim kerja yang andal.

Para pemimpin kadang-kadang begitu terfokus membangun tim yang kuat untuk melayani kebutuhan organisasi dan bisnis. Mereka suka lupa membangun budaya organisasi yang tangguh. Dampaknya, tim yang dibangun akan berada di fondasi yang rapuh, sehingga mudah menemukan ketidakcocokan dan pada akhirnya berkinerja rendah.

Budaya yang kuat menyatukan perilaku, sikap, persepsi, karakter, kompetensi, kebiasaan dan etos kerja. Dalam budaya organisasi yang kuat semua individu dengan mudah berkolaborasi, bekerja sama, melayani, menolong satu sama lain, peduli, cinta pada pekerjaan, hubungan yang positif, bertanggung jawab, terbuka, dan saling menguatkan di dalam soliditas kerja. Intinya, budaya organisasi yang kuat secara otomatis membangun tim work yang andal dan tangguh. Oleh karena itu, para pemimpin organisasi harus selalu fokus untuk menguatkan dan meningkatkan kualitas budaya organisasinya agar bisa memiliki tim kerja yang andal dan hebat.

Pemimpin memulai kepemimpinannya dengan ambisi dan visi. Ambisi dan visi membutuhkan sebuah budaya yang kuat agar dapat mewujudkannya. Oleh karena itu, pemimpin harus mampu mendefinisikan sebuah budaya organisasi yang bisa melancarkan gerak dari ambisi dan visi menuju proses mewujudkan. Setiap organisasi itu harus unik dan spesial. Unik dan spesial itu haruslah bersumber dari budaya organisasi. Pilihan nilai-nilai, atribut, simbol, karakter kerja, dan semua pendukung penguat budaya yang lainnya haruslah selaras dengan ambisi dan visi kepemimpinan.

Kerja organisasi adalah kerja tim. Oleh karena itu, untuk membuat organisasi menjadi produktif dan efektif, maka pemimpin harus betul-betul mendapatkan orang-orang yang bermental sebagai tim. Kekuatan individu haruslah menjadi kekuatan tim yang selalu berkolaborasi dan bekerja sama dengan solid.

Membangun tim yang kuat bukan hanya sebatas memaksa menyatukan orang-orang yang berbeda, bukan hanya sebatas kata-kata untuk menginspirasi mereka agar mau bekerja sama dalam tim, bukan hanya sebatas memberikan pelatihan-pelatihan untuk mempersatukan mereka. Tetapi, lebih dari itu, pemimpin harus membangun dulu sebuah lingkungan kerja dengan budaya kuat, sehingga nantinya budaya yang kuat inilah yang berfungsi untuk menyatukan setiap individu di dalam soliditas kerja yang kuat.

Budaya yang kuat akan memberdayakan individu dan kelompok dalam sebuah etos kerja yang produktif. Para individu akan disatukan oleh budaya dan menjadikan mereka lebih berkinerja dengan ikhlas. Budaya akan membuat semua orang patuh pada aturan dan bertanggung jawab untuk menjalankan sistem dengan penuh integritas. Budaya yang kuat akan menciptakan lingkungan kerja yang tenang, bahagia, damai, fokus, dan penuh gairah.

Walaupun setiap orang berasal dari berbagai sub budaya dan latar belakang, tetapi di dalam budaya perusahaan yang kuat, mereka mampu menyatu dan berkarya bersama-sama. Mereka akan menjadi relawan yang solid untuk membantu perusahaan dalam mencapai kinerja terbaik. Mereka menjadi relawan yang ikhlas di dalam kerja sama tim. Mereka akan saling menjaga satu sama lain sambil tetap menjalankan fungsi kerja masing-masing secara profesional.

Tentu saja, dalam budaya yang kuat, setiap individu meyakini bahwa kolaborasi dan kerja sama tim yang solid adalah bagian terpenting di setiap proses kerja. Mereka dengan penuh bahagia akan memimpin dirinya sendiri untuk bisa menyatu di dalam tim kerja dan berkontribusi secara profesional. Mereka akan patuh dan menghormati kepemimpinan yang ada di dalam budaya kuat, karena budaya organisasi yang kuat akan menciptakan kepemimpinan yang andal dan tangguh.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com