PELATIHAN MOTIVASI, BUDAYA KERJA DAN KEBERSAMAAN DALAM ETOS KERJA BAGI AUDITOR

PELATIHAN MOTIVASI, BUDAYA KERJA DAN KEBERSAMAAN DALAM ETOS KERJA BAGI AUDITOR

DESKRIPSI

Seorang auditor yang andal selalu cerdas bekerja melalui budaya kerja, motivasi diri yang tinggi, dan membangun kebersamaan dalam etos kerja untuk dapat menghasilkan kualitas hasil audit berkinerja unggul. Semakin unggul Auditor menyatu dengan budaya kerja dan kebersamaannya dalam etos kerja, semakin kuatlah fungsi pengawasan di internal organisasi.

Budaya kerja adalah sifat, kebiasaan, perilaku, dan karakter kerja yang dengan sengaja dibudayakan oleh instansi/organisasi untuk membentuk pola kerja di dalam instansi tersebut. Budaya kerja akan terlihat dari kemampuan karyawan untuk menjalankan nilai-nilai organisasi, visi, misi, sistem, standar, dan proses kerja sesuai budaya organisasi. Budaya kerja adalah implementasi budaya organisasi dalam bahasa tindakan, seperti: kebiasaan kerja yang menguatkan budaya organisasi, sifat dan perilaku kerja yang taat budaya organisasi, dan kehidupan kerja sehari-hari yang secara otomatis menjalankan budaya organisasi.

Etos berasal dari bahasa Yunani (ethos) yang berarti sikap, kepribadian, watak, karakter, serta keyakinan atas sesuatu yang ingin dicapai. Dalam dunia kerja etos berarti semangat kerja yang bersumber dari dalam hati karyawan dan pimpinan untuk mencapai target, tujuan, cita-cita, dan rencana organisasi dengan sepenuh hati dan totalitas. Seseorang yang memiliki etos kerja selalu berperilaku kerja yang penuh semangat, totalitas, mendorong dirinya untuk bertindak dan meraih kinerja yang optimal, serta memiliki keyakinan yang kuat untuk melayani pekerjaannya dengan ikhlas dan tulus.

Program pelatihan selama 8 jam yang dilakukan secara indoor dan outdoor ini merupakan bagian dari program pembinaan pegawai bidang audit. Pelatihan ini  akan meningkatkan motivasi para auditor untuk bekerja dengan bahagia melalui budaya kerja dan etos kerja.

KONSEP DASAR

Program ini dirancang untuk membantu Auditor menjadi lebih termotivasi bekerja dengan budaya kerja organisasi dan etos kerja yang profesional. Dan juga, membangun kepribadian dan karakter unggul auditor dalam memperkuat fungsi pengawasan organisasi.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Terbentuknya kepribadian dan karakter auditor yang bekerja melalui budaya kerja organisasi dan etos kerja pribadi yang andal.
  2. Tercapainya proses internalisasi nilai-nilai positif untuk memperkuat motivasi kerja dan kesadaran tentang hubungan yang tidak terpisahkan antara etos kerja, budaya kerja, dan budaya organisasi.
  3. Terwujudnya sikap dan perilaku kerja yang produktif, serta mudah beradaptasi terhadap tantangan dan kedinamisan yang ada.
  4. Terwujudnya hubungan kerja dari kesadaran dan ketulusan hati nurani.
  5. Terbentuknya budaya kerja auditor yang terfokus untuk memperkuat fungsi pengawasan organisasi.

MANFAAT PELATIHAN

  1. Terbentuknya budaya kerja auditor yang kuat dan unggul berbasis budaya organisasi dan etos kerja profesional.
  2. Terinternalisasinya nilai-nilai kepribadian positif untuk terciptanya perilaku dan sikap yang sesuai dengan semangat budaya kerja organisasi.
  3. Terciptanya etos kerja auditor dari dalam hati untuk melaksanakan pekerjaan dengan disiplin, tekun, jujur, bertanggung jawab, ikhlas, tulus, melayani, tepat waktu, cepat, termotivasi, dan memaksimalkan kinerja dengan semangat tinggi.
  4. Terciptanya budaya kerja yang efektif, produktif, berkolaborasi, berkomunikasi, berstandar tinggi, berkualitas, dan fokus untuk hasil terbaik.
  5. Tumbuh dan berkembangnya semangat kerja yang tinggi dari motivasi yang kuat dan konsisten.

METODOLOGI PELATIHAN

Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan(coaching),counseling, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

GARIS BESAR MATERI PELATIHAN MOTIVASI, BUDAYA KERJA DAN KEBERSAMAAN DALAM ETOS KERJA BAGI AUDITOR PROGRAM 1 HARI 8 JAM (4 JAM INDOOR DAN 4 JAM OUTDOOR)

PK.08.00 – PK 09.30 WIB. SESI 1: MOTIVASI UNTUK MEMPERSIAPKAN PRIBADI AUDITOR YANG ANDAL, TANGGUH, UNGGUL, BERBUDAYA DAN CERDAS MENGELOLA POTENSI KONFLIK

Sub Bahasan

  1. Nilai-nilai kepribadian positif Auditor
  2. Meningkatkan kualitas mental dan fisik
  3. Kepercayaan diri dan perhatian penuh
  4. Berpikir positif dan mengelola ego
  5. Berkomunikasi secara verbal dan non verbal dengan mengikuti aturan dan etika
  6. Mengendalikan marah, stres, dan energi negatif lainnya
  7. Mengelola emosi yang cerdas di dalam pikiran yang kreatif
  8. Membangun hubungan antar pribadi
  9. Meningkatkan kualitas kompetensi dan wawasan diri
  10. Gaya kepribadian yang unik dan dihormati
  11. Manajemen diri, kesadaran diri dan pemahaman terhadap diri sendiri

PK.09.30 – PK 09.45 WIB ISTIRAHAT/COFFEE BREAK (15 MENIT)

PK.09.45 – PK 11.00 WIB. SESI 2: BUDAYA KERJA

Sub Bahasan

  1. Produktif, efektif, efisien, dan berkinerja tinggi
  2. Kolaborasi, kerja sama, sinergi, berkomunikasi
  3. Taat dan patuh pada nilai-nilai perusahaan, sistem, proses kerja, dan kepemimpinan
  4. Suasana kerja yang nyaman, rasa kekeluargaan, jiwa kebersamaan, kekompakkan dalam bekerja, meningkatkan kualitas hubungan positif di tempat kerja

PK.11.00 – PK 12.30 WIB. SESI 3: KEBERSAMAAN DALAM ETOS KERJA

  1. Optimis dan berorientasi ke masa depan
  2. Kerja keras, disiplin, ulet, tekun, tepat waktu
  3. Bertanggung jawab, ikhlas, melayani, rendah hati, jujur, hemat
  4. Kreatif dan menjadi diri sendiri yang asli dan unik
  5. Bekerja adalah panggilan Tuhan dan termotivasi untuk berkinerja tinggi

PK.12.30 – PK 13.30 WIB. ISHOMA (ISTIRAHAT, SHOLAT, DAN MAKAN)

PK.13.30 – PK 17.00 WIB. PROGRAM MOTIVASI, BUDAYA KERJA DAN KEBERSAMAAN DALAM ETOS KERJA DI OUTDOOR (RUANG TERBUKA)

Program di ruang terbuka (outdoor) akan mempelajari materi yang disampaikan di kelas melalui kegiatan atau games. Di sini, peserta dilatih gerak fisiknya, kecerdasan emosinya dan kecepatan pola berpikirnya dalam aliran budaya kerja dan etos kerja. Peserta akan disadarkan bahwa dalam melayani pekerjaan sehari-hari diperlukan stamina, motivasi, perhatian, dan konsentrasi penuh. Semua aktivitas pembelajaran di ruang terbuka bertujuan untuk menciptakan pengalaman bekerjasama yang menyenangkan. Di setiap sesi pembelajaran di ruang terbuka, peserta akan mempelajari bagaimana mengatasi hal-hal tak terduga dan yang tak diinginkan. Peserta akan belajar untuk selalu kuat, jujur, bertanggung jawab, sadar, tidak menyerah, memperkuat hubungan, saling menyelamatkan dan melindungi melalui integritas yang tinggi.

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Telepon: (021) 5701505
Hp: 0812 131 888 99
Fax: (021) 5738105