BERMENTAL TIM DAN MENGALIR DALAM KOLABORASI KERJA

“Bersama-sama di dalam kolaborasi kerja sempurna menghasilkan kinerja yang berlimpah.”~Djajendra

“Bersama-sama kita kuat, terpisah kita runtuh” adalah sebuah kalimat yang wajib diingat oleh setiap karyawan dan pimpinan. “Kita bekerja bersama-sama, kita harus setia di dalam kebersamaan kerja” adalah kalimat ampuh untuk membangun mental kerja sama yang kuat di internal organisasi.

Kita tahu di tempat kerja setiap orang berada di ruang terpisah, di kursi dan meja terpisah, di kamar terpisah, di gedung yang terpisah, kadang di kota atau negara yang terpisah. Tetapi, semuanya sedang bekerja pada tugas yang sama untuk memenuhi tujuan, misi dan visi organisasi.

Secara psikologis semua orang harus berada dalam frekuensi yang sama agar mudah berkomunikasi satu sama lain. Bersama-sama fokus pada tujuan, misi dan visi. Untuk itu, diperlukan perasaan dan mental sebagai sebuah tim yang siap berinteraksi melalui kolaborasi sempurna. Walaupun secara teknis tidak sedang berada dalam sebuah tim atau kerja sama, tetapi secara fungsi setiap orang dan setiap unit kerja sedang berada di dalam kolaborasi kerja.

Semua fungsi dan peran organisasi terikat di dalam keterkaitan. Tempat kerja penuh dengan keterkaitannya. Sangat kompleks dan rumit hubungan keterkaitannya, sehingga diperlukan kesadaran penuh agar hubungan kerja yang kaya kolaborasi dapat menjadi sumber keberlimpahan kinerja organisasi.

Semua jiwa di dalam organisasi merupakan sumber koneksi dan saling memiliki di tempat kerja. Penyatuan hati melalui empati meningkatkan kerja sama di internal organisasi. Kesadaran untuk merajut kebersamaan hati menjadikan setiap orang mampu dan berani melakukan pekerjaan apapun di tempat kerja.

Kebahagiaan kerja didapatkan saat semua orang di tempat kerja satu sama lain terhubung dan ingin bekerja sama. Sikap rendah hati dan ikhlas melayani dengan hati, adalah cara terbaik untuk bekerja sama di dalam kolaborasi sempurna. Secara naluriah manusia adalah spesies yang hidupnya berkelompok dan saling melayani, dan ini merupakan modal untuk memastikan kolaborasi sempurna terjadi di dalam organisasi.

Pikiran dan perasaan haruslah termotivasi untuk bekerja sama. Pemimpin yang cerdas selalu mampu membangkitkan perasaan bekerja sama di dalam jiwa setiap orang. Motivasi dari dalam diri untuk terlibat dan menikmati kerja sama, akan menghasilkan kinerja yang berlimpah.

Kerja sama yang baik meningkatkan kepercayaan, hubungan baik, dan perasaan senang saat melakukan sesuatu secara bersama-sama. Kesadaran bahwa keberadaan setiap orang di dalam organisasi memiliki keterkaitan untuk pencapaian kinerja terbaik, akan meningkatkan hubungan kerja yang solid dan produktif.

Struktur organisasi membagi semua fungsi dan peran kerja ke dalam kelompok-kelompok kecil, biasanya berwujud sebagai unit kerja atau divisi. Pemisahan ini bermaksud agar pekerjaan yang besar dapat dibagi ke dalam porsi-porsi kecil, untuk dikerjakan dengan fokus dan tanggung jawab. Walaupun pekerjaan dibagi-bagi, tetapi semangat bekerja bersama-sama tidaklah boleh dilupakan. Setiap fungsi dan peran dipisahkan untuk tujuan fokus, bukan untuk berbeda dan menciptakan ego sektoral. Oleh karena itu, walaupun terpisah, semangat bersama-sama haruslah menjadi mindset dan perilaku sehari-hari.

Keberadaan organisasi bukanlah untuk bekerja sendirian, tetapi saling merajut hati dan menyatukannya di dalam kolaborasi sempurna. Bersama-sama dapat membuat yang tidak mungkin dibuat bila sendirian. Semua proses kerja mengalir oleh energi kerja sama dan kolaborasi. Bersama-sama mampu menghilangkan perbedaan yang merugikan. Bersama-sama mampu menciptakan visi ke dalam kenyataan yang diinginkan.

Kolaborasi dan kerja sama yang baik di internal organisasi hanya terwujud, bila setiap orang terhubung hatinya oleh mindset dan perilaku kerja. Keyakinan dan kepercayaan untuk bekerja sama di dalam kolaborasi sempurna, akan mengantar setiap orang menuju tujuan bersama.

Kolaborasi sempurna memerlukan komunikasi, koordinasi dan motivasi untuk selalu menyatukan energi kerja di dalam frekuensi yang sama. Bersama-sama memberikan energi positif di dalam proses kerja; bersama-sama menyatukan hati dan pikiran untuk saling membantu di tempat kerja; bersama-sama tergerak hatinya untuk melakukan yang terbaik. Kerja sama untuk kolaborasi sempurna mampu menghasilkan kinerja terbaik di dalam keberlimpahan organisasi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com