MODAL UTAMA SEORANG PEMIMPIN ADALAH DIPERCAYA

“Kepercayaan yang diberikan hilang bila pemimpin lupa untuk menepati janji.”~Djajendra

Pemimpin yang dipercaya dapat memberdayakan semua potensi dan sumber daya. Kepercayaan yang dimiliki membuat pemimpin bergerak cepat untuk mengeksekusi semua rencana; berani mengambil sikap terhadap semua tantangan; serta menyiapkan langkah-langkah yang tepat untuk pencapaian terbaik.

Pemimpin merupakan pilar utama dalam pergerakan untuk pencapaian. Seorang pemimpin adalah energi yang mampu menggerakan semua sumber daya dan potensi. Bila energi ini positif dan mendapatkan kepercayaan penuh maka dia akan berkembang, tumbuh dan menciptakan banyak sukses.

Pemimpin tidak boleh berhenti berinovasi dan harus selalu hidup di jalan kreativitas tinggi. Di sepanjang jalan kepemimpinan selalu akan muncul tantangan, perubahan, rintangan dan berbagai risiko. Dalam hal ini, pemimpin harus berani mengambil sikap yang tegas, jelas dan menuntaskan semua hal dengan bijak.

Pemimpin tidak hanya harus bekerja dengan intuisi dan logika, tapi juga dengan hati yang jernih. Mental dan emosional pemimpin harus menjadi pembangkit semangat sumber daya manusia organisasi.

Dengan kepercayaan yang dimiliki, segala sesuatu menjadi mungkin dan mudah. Oleh karena itu, pemimpin harus berani mengoptimalkan energi sukses dari sumber daya yang ada, memotivasi semua orang agar fokus dan bertindak untuk kemajuan, memacu energi positif untuk peningkatan produktivitas, meningkatkan loyalitas, meningkatkan keunggulan, dan membangun tim yang selalu bersama-sama di dalam pencapaian.

Kepercayaan adalah modal untuk sukses. Kadang-kadang, walau kepercayaan sudah diberikan bisa saja pemimpin tidak memanfaatkannya dengan strategi yang tepat. Apalagi bila strateginya buruk, maka pasti kepercayaan yang dimiliki tidak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pemimpin harus sadar bahwa kepercayaan yang diberikan wajib ditindaklanjuti dengan strategi, taktik dan energi yang fokus untuk pencapaian terbaik.

Biasanya sebuah kepercayaan didapatkan karena pemimpin memiliki kualitas, kompetensi, hubungan baik, pikiran yang optimis, memiliki keahlian yang dibutuhkan, keterampilan, pengalaman, kejujuran, pendidikan, serta mampu menunjukkan keandalan dan keteladanan.

Bila sudah mendapatkan kepercayaan, maka pemimpin wajib menjadikannya sebagai modal untuk membangun kredibilitas dan reputasi yang tinggi. Setelah itu, dia wajib menjadi energi yang menciptakan keberhasilan dengan cara menginspirasi orang-orang untuk menjadi mampu dan berkualitas hebat.

Pemimpin yang dipercaya mudah mengembangkan rencana apapun. Dia mudah merubah sistem, menciptakan pola proses yang baru, dan mengembangkan kembali rencana-rencana baru untuk pencapaian yang lebih kredible.

Kepercayaan haruslah dijawab dengan integritas dan akuntabilitas yang tinggi. Kepercayaan yang diberikan hilang bila pemimpin lupa untuk menepati janji. Kepercayaan menuntut pemimpin untuk selalu jujur, bertanggung jawab, kreatif, konsisten, serta memperlakukan semua orang secara adil dan penuh kasih.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com