KOLABORATOR -TIM KERJA BERGERAK CEPAT DAN PRODUKTIF

“Bekerja dengan sepenuh hati dengan memfokuskan energi dan waktu pada momen sekarang.” ~Djajendra

Sekarang ini jaman serba cepat, setiap pekerjaan tidak boleh ditunda-tunda, harus segera dieksekusi dan dikoordinasikan dengan produktif. Setiap orang harus bekerja sekarang dengan sepenuh hati, memfokuskan energi dan waktu pada momen sekarang, lalu memberikan perhatian penuh dan detail terhadap apapun yang dikerjakan. Bukan lagi jamannya untuk menunda atau terlalu banyak wacana dan diskusi. Bertindak segera dan tunjukkan hasilnya dengan segera, itulah yang harus ditunjukkan pada jaman ini bila ingin mendapatkan sukses.

Pemimpin yang cerdas adalah seorang koordinator yang andal atas kolaborasi kerja. Pemimpin harus membuat semua orang di dalam organisasi berorientasi tim, membangun budaya tim dan melekatkan akuntabilitas dimental setiap individu. Pemimpin harus mengembangkan budaya kerja tim, yang membuat setiap individu terhubung secara alami satu sama lain, serta menyatukan setiap individu di dalam tim kerja yang penuh gairah dan empati.

Budaya organisasi yang berorientasi tim merupakan syarat agar setiap individu bergerak secara alami di dalam kolaborasi kerja. Setiap orang di dalam organisasi harus bermitra satu sama lain dan menjadi kolaborator yang andal. Kecepatan kerja dan kontribusi yang tepat merupakan sesuatu yang  penting di dalam kolaborasi. Setiap orang harus memiliki energi, waktu, daya tahan dan fleksibilitas dalam menyelesaikan pekerjaan dengan produktif.

Ketika realitas bisnis tidak begitu stabil. Maka, pemimpin harus membangun budaya organisasi yang kuat agar setiap karyawan dan pimpinan bisa menciptakan stabilitas di dalam organisasi, sehingga semua realitas yang tidak stabil tersebut dapat ditindaklanjuti dengan kreatif dan tenang, oleh orang-orang berenergi stabil dan penuh percaya diri.

Bila mental dan semangat kerja menjadi stabil, maka segala kerumitan yang dihasilkan dari luar organisasi dapat diatasi dengan produktif. Stabilitas di internal organisasi dapat meningkatkan fokus untuk menyelesaikan segala sesuatu secara tepat waktu. Di samping itu, stabilitas menciptakan ketenangan dan rasa percaya diri yang tinggi, sehingga tim kerja dapat bergerak cepat untuk menangani isu-isu yang bergerak cepat di dalam ketidakstabilan bisnis atau realitas praktis.

Dalam kolaborasi, setiap orang harus disiapkan atau dilatih untuk meningkatkan rasa keingintahuan untuk memahami kebutuhan orang lain di dalam organisasi. Semua orang harus dilatih agar mampu menambahkan sesuatu yang kurang dari orang lain. Setiap orang harus dilatih agar menciptakan energi positifnya sendiri untuk meningkatkan semangat, gairah, motivasi, antusiasme, daya tahan, usaha dan energi untuk mewujudkan dengan penuh kualitas.

Budaya organisasi yang kuat menciptakan model perilaku tim yang terhubung secara alami. Mereka tidak dibatasi oleh hirarki ataupun batas kekuasaan, mereka berakar di dalam satu visi dan satu budaya, sehingga mampu menjadi satu tubuh yang kuat dan andal. Tim di dalam budaya organisasi yang kuat mampu bergerak efektif dan menampilkan antusiasme yang mendalam untuk hubungan kerja yang baik. Saling mengajukan pertanyaan, saling mendengarkan, saling membantu, saling menanggapi, saling peduli, adalah perilaku yang terlihat sehari-hari.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com