MENGUATKAN RITUAL DAN TRADISI BUDAYA ORGANISASI

EGO“Ritual dan tradisi yang kuat dalam budaya organisasi memenuhi peran dan fungsi individu secara sempurna.”~Djajendra

Setiap hari setiap orang sudah harus masuk kantor jam 8 dengan seragam kerja yang benar, tidak boleh terlambat dan tidak boleh melanggar. Ini harus menjadi tradisi yang tidak perlu diberitahu atau diawasi. Kesadaran dan integritas pribadi harus mampu membuat semua orang berkumpul dengan tepat waktu. Budaya organisasi yang kuat dimulai dari ritual dan tradisi yang dipatuhi dan dihormati oleh semua orang. Tidak boleh ada pihak yang merasa istimewa, semuanya harus patuh dan menghargai ritual dan tradisi di tempat kerja. Mulai dari level tertinggi sampai dengan yang terendah wajib mematuhi ritual dan tradisi organisasi, barulah budaya organisasi mampu menjadi kekuatan yang meningkatkan energi kerja, serta menjadikan semua orang produktif dan berkinerja.

Setiap individu harus memahami peran masing-masing dalam budaya perusahaan. Setiap individu harus memahami keberadaannya dalam menjalankan pekerjaan tanpa perlu diperintah. Kesadaran untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tidak perlu dikatakan, tetapi harus muncul dari kesadaran kreatif untuk kemajuan diri sendiri. Bila ritual dan tradisi budaya organisasi berjalan dengan sempurna, maka pemahaman yang tak terucapkan antara satu orang dengan yang lain, antara satu fungsi dengan yang lain, akan mengalir dengan produktif.

Ritual dan tradisi sangat menentukan keberadaan budaya organisasi. Ritual dan tradisi adalah dasar budaya organisasi, sehingga bila dasarnya kuat, maka budaya organisasi akan berdiri kokoh dengan fondasi yang tangguh.

Budaya organisasi yang kuat menyatukan semua orang dalam kebersamaan dan kolaborasi. Semua orang akan bekerja dan melakukan apa yang benar dan yang seharusnya satu sama lain. Semua orang sadar bahwa keberadaan mereka adalah untuk melayani pelanggan dan stakeholder lainnya. Semua orang akan mengisi kekurangan dan mengambil tanggung jawab, serta saling membantu dan menjadi relawan yang terpuji. Budaya organisasi dengan ritual dan tradisi yang kuat menjadikan semua orang merasa aman dan terlindungi.

Ritual dan tradisi memperkuat praktik kerja yang baik. Setiap individu mampu menjadi komunitas yang penuh gairah untuk menjalankan peran dan fungsinya dengan profesional. Setiap orang akan bekerja dengan hati dan saling mendukung agar bisa tumbuh menjadi produktif dan kaya kinerja. Setiap orang mampu mengalir di dalam sistem, fokus pada yang harus dilakukan, dan menghasilkan kinerja terbaik. Setiap orang mampu menghindarkan stres dan konflik di tempat kerja. Setiap orang mampu bekerja dengan keyakinan penuh atas nilai-nilai dan tradisi budaya organisasi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com