POLITIK KANTOR DAN KARIR

“Politik kantor akan mempertemukan orang-orang yang satu ide dan memisahkan yang berlawanan ide. Kepentingan dan kekuasaan bila menjadi satu kekuatan, maka aturan merekalah yang menjadi paling benar. ”~Djajendra

Politik kantor adalah permainan kepentingan. Siapa yang pintar mengalir di dalam permainan politik kantor, maka dia berpotensi memiliki karir yang baik. Politik kantor merupakan bagian terpenting dari proses berorganisasi. Bermacam sifat, perilaku, karakter, kepribadian dan kekuasaan yang mungkin harus Anda hadapi. Setiap perusahaan memiliki pemimpin yang memiliki aturannya sendiri untuk menentukan arah. Politik kantor membutuhkan Anda yang kuat dan andal untuk terlibat dan ikut permainannya dengan cerdas.

Politik kantor adalah permainan yang pasti selalu ada. Dimanapun Anda bekerja, Anda pasti akan menemukan politik kantor. Intinya, Anda tidak perlu takut atau kesal dengan politik kantor. Anda hanya perlu mengembangkan diri Anda dengan kecerdasan agar tetap bisa berkarir dengan baik, walau Anda harus berhadapan dengan bos yang tidak menyenangkan hati, atau dengan majikan yang tidak Anda pahami. Ketenangan dan sikap yang tepat merupakan jalan untuk tetap berkarir di tengah politik kantor yang tidak menyenangkan hati Anda. Kendalikan marah, kendalikan komentar kritis, kendalikan perilaku yang membuat orang lain marah pada Anda.

Perusahaan dengan kedinamisan organisasinya selalu memunculkan kepentingan dan kekuasaan yang menuntut Anda untuk mengabdi. Jadi, bila Anda tetap ingin berkarir dan berkembang, Anda harus masuk ke dalam permainan politik kantor. Anda harus cerdas dan tepat dalam bersikap. Anda tidak boleh berada di pinggir lapangan permainan, Anda harus ikut bermain dengan tim yang paling kuat, dan menjadi bagian dari tim yang paling kuat. Belajarlah menjadi pemain yang andal dan cerdas. Mungkin saja ada permainan yang tidak etis, atau menghalalkan segala cara, tetapi Anda bisa mencari cara yang baik untuk mempengaruhi orang-orang yang tidak etis tersebut menjadi etis.

Banyak pegawai yang takut dengan politik kantor dan sangat menghindarinya, sehingga mereka selalu ada di pinggir lapangan dan hanya menjadi penonton. Dampaknya, mereka tidak bisa memperjuangkan kepentingannya melalui lobi dan pengaruh. Mungkin saja politik kantor terlihat sangat kompleks dan melelahkan; musuh dan kawan harus dapat dipahami; kompetisi dalam memperebutkan jabatan dan kekuasaan harus dijalani; dan ini semua merupakan bagian dari sebuah permainan kepentingan yang harus dijalankan oleh kekuasaan agar mereka tetap eksis.

Karir akan terjaga dengan baik saat Anda mampu membangun kepercayaan dan siap mengabdi kepada kekuatan yang ada.  Kekuatan dan kekuasaan bisa silih berganti dan bisa berubah setiap saat, tetapi saat Anda mampu menyesuaikan diri dan melayaninya dengan cerdas, Anda akan selalu mampu berkarir dengan baik.

Manuver orang di dalam politik kantor harus disikapi dengan tenang dan bijak. Anda tidak mungkin bisa berkarir di atas keributan politik kantor. Anda harus menjadi sangat cerdas emosi dan mampu menggunakan pikiran kreatif untuk menemukan solusi di setiap tekanan. Politik kantor akan mempertemukan orang-orang yang satu ide dan memisahkan yang berlawanan ide.  Kepentingan dan kekuasaan bila menjadi satu kekuatan, maka aturan merekalah yang menjadi paling benar.

Politik kantor tidak peduli seberapa pintar Anda, atau seberapa hebat kompetensi Anda. Politik kantor hanya peduli pada Anda yang mendukung kepentingan dan kekuasaan yang ada. Politik kantor hanya peduli pada Anda yang mau mendukung dan mengerjakan semua program sesuai motivasi dari kepentingan dan kekuasaan yang ada. Ingat, karir Anda tidak datang secara gratis, Anda harus mau tunduk dan melayani kekuasaan dengan bijak.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com