KODE ETIK DI TEMPAT KERJA MENGHIDUPKAN KEHARMONISAN HUBUNGAN KERJA

KODE ETIK

KODE ETIK DI TEMPAT KERJA MENGHIDUPKAN KEHARMONISAN HUBUNGAN KERJA

“Internalisasikan kode etik menjadi bagian kehidupan di dalam diri, sehingga dapat memancarkan perilaku positif untuk semua kehidupan di luar diri.”~Djajendra

Fungsi kode etik adalah untuk membangun standar moral dan perilaku kerja yang berbudaya positif. Semua profesi memiliki kode etik, semua pekerja wajib mematuhi kode etik di kantornya masing-masing. Inti dari kode etik didasarkan pada integritas, kejujuran, akuntabilitas, transparansi, menghormati, tatakrama, membantu satu sama lain di tempat kerja, kolaborasi, komunikasi, melayani, kepatuhan pada aturan dan tata kelola. Perusahaan adalah tempat yang memberi kehidupan ekonomi untuk setiap pemangku kepentingan. Apalagi untuk para karyawan, perusahaan memberi mereka uang yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup, atau paling tidak untuk bertahan hidup.

Kesadaran dan niat untuk menjalankan kehidupan kerja dengan mematuhi kode etik, akan menyelamatkan setiap orang dari risiko kerja yang tidak diinginkan. Dunia kerja sangat dinamis dan penuh risiko, kode etik hadir untuk membuat setiap individu mampu bekerja dengan tegas dan jelas, walau situasi sangat dinamis dan penuh risiko.

Internalisasikan kode etik menjadi bagian kehidupan di dalam diri, sehingga dapat memancarkan perilaku positif untuk semua kehidupan di luar diri. Ketika kode etik sudah menjadi bagian inti dari kepribadian Anda, maka dia akan memberi Anda kesempatan untuk tumbuh setiap hari. Dia akan menjadi kekuatan dari pikiran dan tindakan Anda di tempat kerja. Dia akan menjadi kekuatan untuk keberanian dan ketegasan Anda terhadap tanggung jawab. Kode etik adalah kekuatan yang menguntungkan Anda, serta menjauhkan Anda dari hal-hal yang melemahkan sikap dan keputusan Anda.

Kode etik merupakan simbol bahwa Anda memiliki harga diri, Anda memiliki kehormatan dalam menjalankan profesi atau pekerjaan di kantor. Kode etik merupakan dasar untuk perilaku kehidupan kerja yang terkelola secara profesional. Kode etik mampu memperlakukan setiap orang dengan rasa hormat dalam situasi apapun.

Ketika kode etik sudah menjadi bagian yang menguatkan budaya perusahaan, maka saat itu setiap orang akan merasa bekerja di tempat terindah; dan terhindarkan dari perilaku yang saling menyakiti hati yang lain, serta menghindari perilaku beracun yang merusak hubungan kerja. Kode etik menciptakan pemahaman antara Anda dengan orang lain. Membuat setiap orang tidak asal berperilaku atau asal berbicara, tetapi memiliki sentuhan etis atas setiap hubungan kerja.

Ketika jiwa Anda sudah terisi oleh energi dari kode etik, maka Anda memiliki kebiasaan untuk menghormati privasi setiap orang, tidak pernah mengganggu ketenangan orang lain, atau tidak memasuki ruang kehidupan pribadi. Termasuk, tidak pernah ikut campur urusan orang lain, atau tidak pernah berjalan di antara orang-orang yang membicarakan sesuatu secara pribadi. Dan, tidak pernah mengganggu orang-orang yang sedang berbicara.

Kode etik harus dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi dokumen tertulis yang menampung semua kemungkinan untuk penguatan integritas pribadi. Integritas pribadi yang baik tidak akan pernah berbicara tentang orang lain dengan cara yang negatif, apalagi saat mereka tidak hadir. Integritas pribadi yang baik selalu memperlakukan semua orang secara terhormat; tidak akan melakukan apapun untuk mencemari nama baik perusahaan, rekan kerja, atasan, bawahan, dan pemangku kepentingan lainnya. Integritas pribadi yang baik selalu bangkit dengan kebijaksanaan untuk membela dan melindungi semua kepentingan perusahaan. Integritas pribadi yang baik menjadikan Anda jujur setiap saat, dan dalam semua kondisi.

Kode etik di tempat kerja menghidupkan keharmonisan hubungan kerja. Kesulitan dari satu adalah kesulitan semua, kehormatan satu adalah kehormatan semua. Itulah fungsi dari kode etik kerja.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com