MEMAHAMI PERBEDAAN WORKSHOP, TRAINING, SEMINAR, DAN KELAS MOTIVASI

MOTIVASI

MEMAHAMI PERBEDAAN WORKSHOP, TRAINING, SEMINAR, DAN KELAS MOTIVASI

Workshop, training, seminar, dan kelas motivasi memiliki arti dan maksud yang berbeda.

Dalam kelas workshop atau lokakarya, peserta yang hadir memiliki tujuan untuk mencari solusi atau memecahkan sebuah misteri. Di kelas workshop, pembicara atau narasumber mempresentasikan teori, konsep, logika, dan menyatukan persepsi peserta untuk dapat memecahkan masalah, ataupun menemukan solusi yang diinginkan. Kelas workshop bersifat ilmiah, tidak untuk membahas hal-hal yang sifatnya praktis, peserta akan mencari solusi atau pemecahan masalah, melalui berbagai konsep yang dikenal maupun yang masih baru bagi mereka.

Training atau pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keandalan kualitas kerja peserta. Kelas training terfokus untuk memperdalam hal-hal praktis, meningkatkan kualitas dari hal-hal yang sudah dikerjakan dalam rutinitas di tempat kerja. Dalam training, tidak dibahas tentang teori, ataupun hal-hal yang sifatnya ilmiah. Di kelas training, peserta dilatih dan dipandu oleh trainer ataupun oleh motivator, untuk dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Misalnya, peserta mendapatkan training tentang budaya organisasi, maka trainer akan menyampaikan praktek dan cara untuk bisa menjalankan budaya organisasi di dalam keseharian di tempat kerja. Sifat dari training adalah praktek, praktis, ataupun pragmatis; sangat terfokus kepada target dan sasaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Trainer harus mampu memvisualisasikan materi yang disampaikan, sehingga peserta mampu melihat dan mendapatkan pengalaman baru.

Kelas seminar biasanya membahas sesuatu yang sangat luas. Bentuk pengajaran selalu bersifat akademis, ilmiah, konsep, dan apapun yang sedang dipikirkan oleh peserta. Seminar bertujuan untuk menanam ide ataupun benih pengetahuan baru. Biasanya, peran moderator menjadi sangat penting dalam sebuah seminar. Narasumber dan peserta diatur dan dikelola oleh seorang atau beberapa orang moderator. Dialog dalam seminar kadang bisa keluar dari topik pembahasan, sebab apapun yang sedang dipikirkan oleh peserta dapat dikemukakan di dalam forum. Seminar tidak begitu cocok untuk karyawan atau pekerja yang ingin meningkatkan kompetensi dan keandalan di tempat kerja. Seminar sangat cocok untuk para mahasiswa, siswa, dosen, dan orang-orang yang ingin menambah wawasan atau pengetahuan sesuai topik yang dibicarakan tersebut.

Kelas motivasi biasanya bertujuan untuk meningkatkan keyakinan, semangat, kepercayaan diri, dan membugarkan pola pikir. Motivator harus mampu memainkan emosi peserta dengan sugesti yang masuk akal, sehingga peserta mampu termotivasi dan gairah hidupnya menjadi lebih baik. Karena kelas motivasi bermain di wilayah keyakinan, emosi, mindset, dan kepribadian. Maka, penyampaian materi harus bersifat universal, sehingga perbedaan keyakinan tidak menjadi penghalang dalam menerima motivasi.

Pelatihan untuk karyawan sebaiknya merupakan kombinasi dari kelas training dan kelas motivasi, kalau bisa dikombinasikan dengan kelas outbound. Pelatihan karyawan bertujuan agar mereka bisa menjalankan pekerjaan mereka dengan sepenuh hati, andal, berkualitas, dan berkinerja tinggi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com