KEBAHAGIAAN KARYAWAN MENINGKATKAN KINERJA DAN PRODUKTIVITAS KERJA

“Dalam hati yang bahagia; loyalitas, integritas, dan rasa tanggung jawab merupakan realitas yang mengalir bersama proses kerja.”~Djajendra

Kebahagiaan di tempat kerja bukanlah sebatas masalah pribadi, tetapi merupakan sesuatu yang strategis dalam proses mencapai keuntungan dan kinerja. Karyawan yang bahagia mampu bekerja dengan sepenuh hati, untuk melayani dan berkontribusi bagi kemajuan perusahaan. Kekuatan bahagia di tempat kerja meningkatkan penjualan, pemasaran, keuangan, operasional, dan budaya kerja perusahaan. Karyawan bahagia mampu menciptakan budaya perusahaan yang positif dan kuat.

Perusahaan-perusahaan yang hebat selalu berinvestasi dalam proses untuk menghasilkan karyawan bahagia. Mereka tidak sekedar menuntut karyawan untuk bahagia dan disiplin terhadap budaya perusahaan, tetapi terlibat secara langsung dalam proses pembentukan karakter dan kepribadian bahagia. Sekarang ini, perusahaan sadar untuk fokus pada cara untuk mewujudkan karyawan bahagia. Sebab, mereka tahu bahwa karyawan yang tidak bahagia tidak bisa diharapkan untuk membawa kemajuan bagi perusahaan. Karyawan yang tidak bahagia mudah stres, sulit fokus, membawa banyak masalah ke tempat kerja, tidak mampu membedakan persoalan kerja dan persoalan pribadi, selalu negatif, dan tidak produktif.

Bisnis yang kuat dihasilkan dari budaya kerja, yang membuat para pelakunya bahagia dan menikmati proses dengan senang hati. Budaya menggambarkan sikap, perilaku, karakter, kebiasaan, dan etika kerja. Bisnis yang hebat membutuhkan kekuatan dari orang-orang bahagia, yang selalu bekerja dengan optimis dan penuh percaya diri. Kebahagiaan menguatkan lingkungan perusahaan, untuk mendukung produktivitas dan pencapaian kinerja. Karyawan yang bahagia selalu berenergi positif dan merasa mendapatkan kesejahteraan dan kepedulian dari perusahaan. Dalam hati yang bahagia; loyalitas, integritas, dan rasa tanggung jawab merupakan realitas yang mengalir bersama proses kerja.

Karyawan bahagia memiliki komitmen dan keikhlasan dalam bekerja. Komitmen menjadi kekuatan yang menjauhkan karyawan dari perilaku tidak pasti, atau perilaku kerja yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan keikhlasan menjadi kekuatan, untuk tetap berdaya tahan tinggi dan bermental hebat, dalam menghadapi realitas yang tidak menguntungkan karyawan. Intinya, kombinasi dari komitmen dan keikhlasan menjadikan karyawan mampu memberikan keunggulan kompetitif kepada perusahaan, sehingga perusahaan mampu tampil kuat dan unggul dalam memenangkan pasarnya.

Karyawan bahagia selalu fokus untuk melihat sisi terang dalam setiap persoalan. Mereka tidak akan terjebak dalam perasaan mengasihani diri sendiri, stres, marah, kewalahan, sedih, putus asa, keluh-kesah, protes, menghakimi, melempar tanggung jawab, ataupun energi negatif lainnya. Mereka mampu menjaga suasana hati yang tenang dan damai. Mereka mampu mendapatkan kekuatan yang luar biasa, untuk tetap tenang, berpikir optimis, dan kreatif dalam menemukan solusi.

Orang-orang bahagia memiliki keyakinan bahwa mereka sangat merdeka, dan tidak pernah tertawan atau terjebak dalam keadaan tak berdaya. Mereka selalu optimis dan kreatif dalam menemukan cara baru. Semua realitas dijadikan sebagai pengalaman, untuk membangun karakter diri yang lebih andal menuju masa depan. Orang-orang bahagia selalu memiliki ketenangan dan rasa damai ketika menghadapi sesuatu yang buruk, dan tetap optimis untuk melakukan sesuatu yang baik, sebagai jalan keluar dari sesuatu yang buruk tersebut.

Kebahagiaan meningkatkan kemampuan untuk cepat bangkit dari keterpurukan. Orang-orang bahagia memiliki berjuta-juta kali kekuatan untuk cepat pulih dari realitas terburuk. Mereka tidak akan lama-lama bersedih. Mereka sangat cepat sadar dan memahami realitas, lalu bangkit dengan motivasi diri yang kuat, untuk menemukan gairah diri dalam solusi yang hebat.

Karyawan bahagia merupakan kekuatan yang menyempurnakan sistem kerja, dan meningkatkan kualitas di dalam proses kerja. Suasana hati mereka selalu positif dan bergerak dengan penuh percaya diri yang optimis. Mereka berpikir dan bertindak dengan yakin dan tenang. Mereka tidak pernah menjadi kritikus terhadap satu sama lain, tetapi memiliki soliditas untuk mengalir bersama kolaborasi kerja yang hebat. Mereka tampil sebagai prajurit korporasi yang andal, yang siap menang di segala medan kompetisi bisnis. Mereka berkonsentrasi pada apa yang seharusnya dilakukan, dan segera bertindak dengan sepenuh hati dan totalitas. Karyawan bahagia sangat produktif, kreatif, berkinerja, konstruktif, positif, murah hati, mengalir, dan menerima semua realitas di dalam suasana hati yang positif dan optimis.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com