MENGALIRKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANDA DI TEMPAT KERJA

KUTA BALI-KEMENKES 2014MENGALIRKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANDA DI TEMPAT KERJA

“Kecerdasan spiritual menjadikan Anda tercerahkan, mekar, bersinar, sederhana, rendah hati, belajar, berbagi belas kasih, penuh toleransi, dan menjadi pribadi yang mudah menemukan solusi.”~Djajendra

Bila Anda ingin karir yang hebat dan selalu bahagia di tempat kerja, maka Anda harus mengalirkan kecerdasan spiritual Anda di tempat kerja. Orang-orang yang cerdas spiritual, batinnya selalu tenang, bersungguh-sungguh, sabar, bekerja di jalurnya, dan mendapatkan kemajuan di tempat kerja. Orang-orang yang tidak cerdas spiritual, batinnya suka gusar, protes, marah, kesal, berang, tidak bisa menahan diri, suka mempertontonkan egonya secara sepontan, suka mencari-cari kesalahan dan kekurangan; biasanya, sulit untuk mendapatkan karir yang bagus.

Seseorang yang cerdas spiritual pastilah pribadi yang beruntung. Dia yang cerdas spiritual mudah membebaskan jiwanya dari kekuatan negatif. Dia mampu mengalir sempurna mengikuti visi, misi, dan values perusahaan. Dia mampu terhubung kepada siapapun termasuk dengan sistem, proses kerja, dan dengan semua kekuatan penyelenggara organisasi secara positif. Dia mampu mengalirkan energi spiritual untuk kemajuan organisasi.

Energi spiritual membuat batin menikmati pekerjaannya, sehingga seberat apapun pekerjaannya, batin tidak pernah merasakan kesulitan dan kerumitan. Energi spiritual mengembangkan kesadaran diri untuk hal apapun, sehingga walaupun pekerjaan dalam tekanan dan kesulitan yang hebat, batin semakin mampu menikmati indahnya tantangan dan rintangan yang harus dilalui.

Apa itu energi spiritual? Energi spiritual dimulai dari kesadaran diri untuk memahami mengapa diri harus bekerja, mengapa diri harus hidup. Setelah diri paham, dan memiliki kesadaran untuk bekerja menciptakan nilai tambah dengan rasa damai dan bahagia. Saat itulah diri akan membiasakan pikiran, hati, emosi, fisik, untuk berbagi dan menghargai orang-orang, sistem, proses, prosedur, tata kelola, bisnis, dan semua hal yang terkait dengan pekerjaannya. Kemudian, diri akan semakin tumbuh kesadarannya, untuk mempergunakan nilai-nilai perusahaan, sebagai pengawal yang setia dan konsisten dalam menjaga sikap dan perilakunya.

Energi spiritual semakin kuat saat kesadaran nilai membatin, dan jiwa terhubung dengan diri sendiri dan dunia berdasarkan nilai-nilai positif kehidupan. Nilai-nilai positif kehidupan akan menjadi sumber untuk menciptakan rasa damai, rasa senang, rasa syukur, rasa terima kasih, rasa bahagia bersama pekerjaan, cinta tanpa syarat untuk melayani organisasi dan stakeholdersnya, kesadaran untuk fokus pada tujuan, kecerdasan untuk bekerja dan melayani perbedaan, toleransi terhadap rintangan yang tak terelekkan, dan jiwa yang mampu menghasilkan sukacita yang lebih besar.

Kecerdasan spiritual menjadikan orang-orang di tempat kerja lebih rendah hati dan melayani dengan empati. Kesadaran untuk memahami visi, misi, dan values perusahaan sebagai jantung perusahaan, akan membangun sikap dan perilaku kerja yang patuh dan merawat nilai-nilai perusahaan, lalu digunakan untuk mewujudkan visi dan melayani misi dengan sepenuh hati. Kecerdasan spiritual membangkitkan kesadaran diri untuk membentuk jati diri yang penuh semangat, termotivasi, bergairah, antusiasme, dan totalitas dalam bekerja.

Kesulitan dan rintangan bukanlah hukuman, tetapi jalan untuk tumbuh dan menjadi lebih cerdas. Jadi, apapun rintangan dan kesulitan yang sedang Anda hadapi; tetaplah tenang, tekun, teliti, tulus, totalitas, belajar, dan melanjutkan proses untuk menemukan solusi. Kuatkan semangat Anda dengan menjadikan Anda termotivasi untuk menemukan solusi. Amati tantangan yang sedang Anda hadapi, dapatkan rasa bahagia dan antusias di dalam proses pengamatan Anda. Dan, kuatkan rasa syukur, lalu terimalah realitas setiap hari dengan bahagia, mengalirlah bersama ide-ide baru untuk menemukan solusi, dan bekerjalah dengan penuh harapan untuk berhasil.

Nilai-nilai perusahaan atau values perusahaan selalu bersifat universal. Bisnis itu bersifat universal. Organisasi itu bersifat universal. Walaupun semua orang hidup dalam keragaman dan perbedaan, tetapi semua itu tidak boleh mempertentangkan ataupun menciptakan persepsi yang berbeda terhadap values perusahaan. Siapapun yang sudah menjadi anggota atau sudah bekerja di dalam perusahaan, wajib untuk menyatukan batinnya di dalam values perusahaan. Intinya, values perusahaan wajib membatin, serta menghasilkan sikap dan perilaku sesuai values perusahaan.

Kesadaran bahwa nilai-nilai perusahaan bersifat universal haruslah membuat setiap jiwa ikhlas membaca makna dari nilai-nilai tersebut, tanpa mempertanyakan, tanpa protes, tanpa menciptakan interpretasi yang berbeda, serta mampu menikmati indahnya nilai-nilai tersebut dalam wujud sikap, perilaku, karakter, hubungan, proses, dan kepribadian.

Kecerdasan spiritual adalah kesadaran yang mampu melepaskan diri, dari berbagai belenggu, yang membuatnya sulit untuk melanjutkan perjalanan hidup. Peristiwa baik dan buruk selalu datang dan hilang, hidup itu haruslah memiliki arah yang jelas. Nilai-nilai perusahaan adalah kendaraan yang membawa Anda menuju arah dan tujuan perusahaan. Jangan pernah membiarkan pengalaman-pengalaman negatif menjadi belenggu, yang menghalangi perjalanan pekerjaan Anda. Bekerjalah berdasarkan nilai-nilai perusahan Anda, dan satukan energi spiritual Anda ke dalam nilai-nilai perusahaan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com