JANGAN BERHARAP PIKIRAN BISA IKHLAS, HANYA HATI YANG BISA IKHLAS

KUTA BALI-KEMENKES 2014JANGAN BERHARAP PIKIRAN BISA IKHLAS, HANYA HATI YANG BISA IKHLAS

“Kata hati sangat penting, tetapi kata hati selalu akan digoda oleh kata pikiran. Pikiran suka menghitung-hitung, dan sulit ikhlas. Hanya hati yang bisa ikhlas, itupun selalu harus berhadapan dengan kuatnya pikiran rasional. Padahal hidup tidak selalu rasional, ada keajaiban, ada kegaiban, ada hal-hal yang sulit untuk dijelaskan dengan akal sehat dan logika.”~Djajendra

Pikiran itu sumber kecerdasan. Dia sangat kreatif dan selalu berpikir dengan banyak cara untuk tidak rugi. Pikiran tidak bisa diajak untuk hidup ikhlas. Pikiran tidak mungkin mau ikhlas. Pikiran selalu akan mencari sebab-akibat, selalu akan mengajak untuk berdebat, selalu akan kreatif dan banyak akal, selalu tidak akan merasa sudah selesai, selalu mencari celah untuk mendapatkan manfaat lebih, selalu ingin menguasai dunia dan kehidupan.

Menjadikan pikiran sebagai majikan kehidupan diri, adalah sebuah awal menuju kerumitan hidup. Pikiran memiliki akal yang selalu menginginkan hal-hal yang tidak ada, dan sering tidak pernah merasa cukup dengan apa-apa yang sudah dimiliki. Pikiran tidak bisa diandalkan untuk hidup bahagia. Pikiran terlalu pintar, sehingga dia selalu merasa mampu melakukan apapun.

Pikiran mampu membayangkan apapun yang ingin dia bayangkan. Pikiran mampu merencanakan apapun yang ingin dia rencanakan. Pikiran mampu membentuk hal-hal yang tidak ada menjadi ada di dalam dirinya. Pikiran harus dibantu oleh tindakan agar dia menjadi bermanfaat.

Bila pikiran tidak dikombinasikan dengan kata hati dan kemampuan untuk bertindak, maka pikiran akan menyulitkan diri sendiri. Dalam hal ini, pikiran akan menumpuk emosi, masalah, ketidakmampuan, kegelisahan, dan berbagai energi negatif lainnya; sehingga diri menjadi terjebak dalam stres atau depresi.

Pikiran tidak boleh dibuat hidup sendiri. Pikiran harus dipimpin oleh hati nurani. Pikiran adalah sumber yang hebat untuk menghasilkan ide-ide besar, sumber yang hebat untuk menghasilkan kemajuan.

Pikiran boleh menciptakan kata-kata penuh semangat, rencana-rencana penuh ambisi, dan impian-impian yang indah. Tetapi, pikiran tidak boleh dibiarkan sendiri, harus dibantu dengan kesadaran dan manajemen diri yang baik.

Pikiran bawah sadar sangat berkuasa. Walaupun kesadaran dan manajemen diri mampu mengelola pikiran sadar, tetapi pikiran bawah sadar tidak mungkin bisa dikendalikan, tanpa kata hati yang kuat. Oleh karena itu, hidupkan hati, dengarkan kata hati, dan lihatlah semua hal dengan mata hati. Pikiran bawah sadar yang penuh kuasa, dapat dikuasai dengan hati nurani yang bijak dan cerdas.

Ciptakan keyakinan yang positif untuk menjadikan pikiran selalu positif. Keyakinan yang kuat dapat menjadi alat untuk memprogram pikiran. Bila isi keyakinan itu semuanya positif, optimis, percaya diri, ajaib, penuh semangat, cerdas, kaya pengetahuan dan wawasan. Maka, pikiran mudah beradaptasi dengan kata hati yang penuh percaya diri.

Hidup yang baik selalu memberdayakan kebiasaan-kebiasaan yang hebat dan andal, untuk membantu tindakan sehari-hari. Pikiran hebat tanpa dibantu dengan kebiasaan-kebiasaan hebat dalam tindakan, maka pikiran hebat hanya akan hidup di dalam diri, dan tak pernah mampu keluar dari diri sendiri, untuk menciptakan hasil bagi kebaikan bersama.

Pikiran yang hebat harus dihidupkan dengan kualitas dan kompetensi diri yang andal. Pikiran yang hebat harus bermanfaat untuk kehidupan nyata, bukan sekedar menjadi hebat dalam kehidupan pikiran. Pikiran yang hebat akan semakin bermanfaat, saat dia bersatupadu dengan hati nurani. Hati nurani dengan emosi positif, dengan visi yang penuh optimis, adalah sahabat terbaik dari pikiran hebat.

Jangan berharap pikiran bisa ikhlas, hanya hati yang bisa ikhlas. Bila hati tidak ikhlas; maka hidup akan penuh kecewa, marah, sakit hati, merasa dirugikan, banyak hal-hal kecil yang tidak sesuai dengan perhitungan diri, akan membuat diri semakin kecewa, takut, gelisah, dan putus asa.

Jadikan hati nurani sebagai majikan hidup. Jadikan pikiran sebagai prajurit tangguh yang banyak akal, untuk memudahkan hidup. Hati yang hidup selalu berkemampuan, untuk terus bergerak maju, membawa misi dan visi hidup, serta menjadikan diri selalu bersukacita di sepanjang perjalanan hidupnya.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com