ASSERTIVENESS “MENANG TANPA ORANG LAIN MERASA DIKALAHKAN”

“Ketegasan adalah kemenangan secara bijak.”~Djajendra

“Bersikap tegas tidak selalu mudah, tetapi profesionalitas dan integritas mampu menjadikannya mudah.”~Djajendra

Tegas bukan berarti agresif atau maunya diri sendiri. Ketegasan muncul dari rasa percaya diri, untuk bersikap profesional, dan menjalankan integritas dengan sepenuh hati.

Assertiveness atau ketegasan merupakan keseimbangan profesionalitas, keberanian, integritas, dan loyalitas. Di sini, sikap tegas muncul dari keyakinan, kualitas, kompetensi, integritas, dan kemampuan diri untuk mematuhi tanggung jawab dan komitmen.

Orang-orang tegas (assertive) sangat percaya diri, mampu berdiri sendiri dalam berbagai situasi, termasuk dalam situasi yang paling berisiko dan sulit. Mereka memiliki kemampuan, andal dengan kompetensinya, sehingga akal kreatifnya mampu menemukan berbagai solusi, untuk sebuah situasi yang sulit.

Ketegasan merupakan bagian dari karakter diri, yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Latihan yang membiasakan diri menjadi tegas di dalam profesionalitas dan integritas pribadi yang andal, akan menjadikan diri mudah mengekspresikan ketegasan di dalam berbagai situasi dan keadaan.

Ketegasan menjadikan pekerjaan lebih produktif dan efektif. Sikap tegas di dalam kekuatan integritas dan profesionalitas, memudahkan penyelesaian pekerjaan atau tugas, memudahkan percepatan pemecahan masalah, dan mendapatkan solusi terbaik

Assertiveness atau ketegasan merupakan keterampilan interaksi sosial terpenting. Kecerdasan assertiveness menjadikan seseorang cerdas berkomunikasi dengan penuh empati dan tolernasi. Kemampuan percakapan, kemampuan mendengarkan, kemampuan memilih kata-kata yang tepat, dan kemampuan bahasa tubuh positif, menjadikan ketegasan sebagai sebuah alat komunikasi terbaik.

Sikap tegas yang rendah hati, menjadikan seseorang menang tanpa membuat orang lain merasa kalah. Ketegasan adalah kemenangan secara bijak. Ketegasan membuat Anda berdiri teguh bersama integritas dan profesionalitas. Ketegasan menjadikan Anda berdiri teguh ketika komitmen Anda diperlukan. Ketegasan menjadikan Anda hebat bersama tanggung jawab.

Sikap tegas menjadikan Anda berani meminta apa yang harus Anda dapatkan. Sikap tegas menjadikan Anda mengawasi dan bertanggung jawab pada hasil akhir. Sikap tegas menjadikan Anda tidak lari dari tanggung jawab. Sikap tegas menjadikan Anda berani mengambil risiko dan bertanggung jawab.

Assertiveness tidak pernah terjebak dalam dilema. Walaupun bersikap tegas tidak selalu mudah, tetapi profesionalitas dan integritas mampu menjadikannya mudah. Orang-orang tegas, secara terus-menerus menguatkan kualitas integritas dan profesionalitas mereka, sehingga kualitas ketegasan mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

Keyakinan dan kepercayaan diri menjadi dasar ketegasan. Sikap asertif merupakan hasil dari diri sejati yang hidup di dalam integritas. Sikap asertif mudah menemukan persepsi bersama, tidak suka ngotot atau keras kepala, dan selalu menggunakan ketegasan secara profesional, sehingga mudah diterima oleh orang lain.

Assertiveness berarti ketegasan tanpa intimidasi; ketegasan yang bertindak dengan adil dan penuh empati; ketegasan yang memperlakukan orang lain secara terhormat; ketegasan yang bersikap dengan cara-cara profesional; ketegasan yang mendengarkan semua orang sebelum membuat keputusan yang tepat.

Assertiveness menjadikan diri cerdas mengontrol diri sendiri. Diri mampu menjauhkan rasa marah, tidak sekedar bereaksi, tetapi cerdas memberikan respon dari sikap tegasnya.

Ketegasan tidak suka mencampuradukan kemarahan dan kebencian di dalam tanggung jawab. Ketegasan selalu konsisten dengan nilai-nilai profesionalitas dan integritas. Ketegasan tidak akan merugikan kebutuhan orang lain, tetapi mampu mengungkapkan apa yang tetap, dan apa yang tidak tepat. Ketegasan bertujuan untuk melindungi hak-hak setiap orang dengan adil dan bijak.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan