TETAP BAHAGIA WALAU SEDANG TERJEBAK DALAM KEMACETAN

KUTA BALI-KEMENKES 2014TETAP BAHAGIA WALAU SEDANG TERJEBAK DALAM KEMACETAN

“Kemacetan lalu lintas bukanlah pilihan hidup, tetapi realitas yang harus dihadapi dengan senyum dan perasaan bahagia.”~Djajendra

Macet-macetan di jalan raya sudah membudaya.Tidak ada kota besar yang tidak macet. Jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan raya menjadikan macet tanpa solusi.

Tidak mudah mengubah macet. Macet akan selalu ada, dan yang penting bagaimana Anda tetap bahagia di tengah macet. Menjaga suasana hati positif di tengah kemecetan, menjadikan Anda tetap produktif di tempat kerja.

Macet pasti menguras tenaga dan pikiran. Macet membuat Anda membutuhkan lebih banyak waktu. Macet membuat perjalanan pendek menjadi sangat panjang dan melelahkan. Walau sedang terjebak di tengah macet, tetaplah bersyukur agar kepuasan hidup Anda selalu meningkat.

Diperlukan jiwa besar yang ikhlas bertoleransi dengan macet. Bila Anda mengeluh dan marah dengan macet, maka energi positif Anda akan terbuang sia-sia, sehingga Anda berpotensi kehilangan rasa bahagia. Kebiasaan pikiran negatif dan emosi negatif di tengah jebakan macet, akan membentuk rasa bahagia Anda di titik terendah kehidupan Anda. Artinya, Anda akan kehilangan kesejahteraan hidup yang sesungguhnya.

Bila Anda tidak cerdas emosi di tengah jebakan macet, Anda akan merasakan tekanan hidup. Anda akan merasakan kecemasan dan kekhawatiran. Anda akan terus-menerus mengeluh, dan menyalahkan orang lain sebagai penyebab kemacetan, padahal Anda juga sedang menjadi penyebab kemacetan. Anda akan menghabiskan sebagian waktu dan energi kehidupan Anda, untuk marah-marah kepada realitas yang tidak dapat Anda perbaiki.

Kemacetan lalu lintas haruslah disikapi dengan suasana hati positif. Haruslah disikapi dengan ikhlas, dan jiwa yang mau bertoleransi dengan realitas macet. Bila Anda tidak ikhlas dan menjauh dari toleransi, maka Anda pasti mengalami peningkatan stres, yang berpotensi merusak kesehatan tubuh dan jiwa Anda.

Kemacetan lalu lintas bukan untuk dimarah atau dikeluhkan. Kemacetan lalu lintas adalah sebuah peristiwa di luar kemampuan Anda, di luar kompetensi Anda, dan Anda juga berkontribusi di dalam kemacetan.

Rasa tenang dan suasana hati bahagia, mampu mengurangi efek negatif dari perjalanan panjang di tengah jebakan macet. Kemacetan lalu lintas kalau disikapi dengan negatif, akan memberikan dampak negatif kepada jiwa Anda. Jagalah fisik dan kesehatan mental, dengan menciptakan suasana hati positif di tengah jebakan macet.

Kemacetan lalu lintas bukanlah pilihan hidup, tetapi realitas yang harus dihadapi dengan senyum dan perasaan bahagia. Sikap dan emosi negatif di tengah jebakan macet, hanya akan meningkatkan risiko efek negatif. Hal ini, berpotensi menurunkan energi diri, meningkatkan stres dan depresi, menurunkan produktivitas, dan menjadikan Anda rendah dalam kinerja.

Ketika Anda sedang antri di tengah kemacetan lalu lintas, sadarlah bahwa Anda juga menjadi penyebab kemacetan yang panjang. Oleh karena itu, jangan salahkan siapa-siapa, masuklah ke dalam jiwa Anda, dan katakan bahwa Anda menikmati perjalanan panjang di tengah jebakan macet.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com