KREATIVITAS UNTUK PEMECAHAN MASALAH

“Kreativitas membersihkan proses bisnis dari masalah dan kesulitan. Orang-orang kreatif di tempat kerja adalah solusi untuk melancarkan proses bisnis.”~Djajendra

Masalah bisa datang kapan saja. Ketika masalah hadir, maka Anda harus bisa menyiapkan solusi agar masalah bisa diakhiri. Solusi-solusi terbaik hanya dapat dihasilkan dari kekuatan kreatif. Jadilah kreatif, bekerjalah dengan kreativitas tinggi, dan temukan jalan keluar untuk setiap masalah Anda.

Kreativitas membutuhkan lingkungan kerja yang bahagia bekerja di luar zona nyaman. Musuh utama kreativitas adalah zona nyaman. Bila orang-orang sudah nyaman dengan rutinitas dan takut dengan masalah, maka mereka akan menjadi bagian utama dari masalah tersebut. Jadilah pribadi kreatif yang cerdas membaca peta persoalan, cerdas memetakan masalah, lalu menemukan strategi yang kreatif dan tepat, untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi yang hebat.

Organisasi terbaik selalu memberikan akses untuk kreativitas. Kreativitas akan melahirkan ide-ide terbaik. Kreativitas dapat menjadi kekuatan untuk mengatasi tantangan, perlawanan, kompetisi, kesulitan, serta membawa organisasi menuju kesuksesan.

Proses bisnis berpotensi tersumbat oleh masalah. Hal ini akan menghentikan aliran bisnis menuju kinerja terbaik. Energi kreatif dapat membersihkan semua sumbatan dan hambatan, lalu membuka aliran proses bisnis, dan menjadikan proses bisnis lancar untuk mencapai kinerja terbaik. Intinya, kreativitas dapat membersihkan proses bisnis dari masalah dan kesulitan.

Orang-orang kreatif di tempat kerja adalah solusi untuk melancarkan proses bisnis. Energi kreatif dapat menciptakan keajaiban dan kemenangan yang luar biasa. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan kekuatan dan keajaiban energi kreatif. Hidupkan dan tumbuhkan kreativitas di tempat kerja Anda.

Kreativitas membutuhkan pengetahuan, wawasan, kebijaksanaan, kecerdasaan, dan mindset yang mampu merangkai pengalaman dengan pengetahuan. Kreativitas selalu bergerak melalui kecerdasan pola pikir dalam memahami realitas, pengalaman, pengetahuan, dan masa depan, dengan kekuatan intuisi yang tajam dalam memprediksi arah sukses.

Kreativitas membutuhkan gairah dan nilai-nilai, yang terfokus untuk mewujudkan visi organisasi. Kreativitas juga ditentukan oleh keinginan terdalam hati nurani, untuk berani bermain di luar zona nyaman, dan berani berpikir, atau bertindak di luar kotak organisasi.

Dalam pemecahan masalah, kreativitas harus mempersiapkan dirinya untuk fokus ke dalam solusi, dan menemukan penyebab dari masalah tersebut. Lalu, dengan banyak akal dan banyak cara, mampu menuntaskan masalah dengan solusi jitu.

Bisnis yang hebat selalu cepat dan sangat kreatif dalam menyelesaikan masalahnya. Bisnis yang hebat didukung oleh orang-orang kreatif, dan sangat cerdas merumuskan masalah. Lalu, dengan cerdas menangani masalah untuk mendapatkan solusi terbaik. Mereka yang kreatif sangat kaya dengan wawasan, pengetahuan, pengalaman. Juga, memiliki waktu dan disiplin, untuk berpikir dan bertindak secara kreatif, sebelum menemukan solusi dan keputusan yang hebat.

Orang-orang kreatif selalu tenang dan emosinya stabil. Mereka tidak akan membiarkan dirinya di dalam kecemasan dan kekhawatiran, apalagi ketakutan. Mereka sadar bahwa hanya di dalam ketenangan dan kejernihan pikiran, energi kreatif mampu muncul secara ajaib dan banyak solusi. Mereka selalu fokus di dalam ketenangan dan kesadaran untuk menemukan solusi dan mencegah masalah menjadi lebih besar.

Orang-orang kreatif mampu menghasilkan banyak ide dari dirinya sendiri, ataupun dari koordinasi dengan orang lain. Mereka selalu terbuka dan memiliki empati untuk memahami ide-ide orang lain. Mereka selalu cerdas mengakumulasi ide dan memilih yang paling tepat, untuk menuntaskan masalah yang ada.

Orang-orang kreatif cerdas mendengarkan orang lain, dan mereka berjiwa besar untuk bertoleransi kepada yang lain. Mereka lebih suka mengalir daripada terjebak di dalam sebuah situasi. Mereka lebih suka bekerja dari pada beropini, dan berbeda pendapat untuk sesuatu yang tidak berguna.

Ide-ide kreatif tentu saja harus melewati proses, untuk diwujudkan menjadi sebuah benih keputusan. Jadi, walaupun banyak ide untuk menuntaskan sebuah masalah, tetapi tidak semua ide tersebut mampu memberikan solusi yang tegas dan tepat untuk sebuah masalah.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com