PERUBAHAN MEMBUTUHKAN KOMUNIKASI UNTUK MENGUATKAN HARAPAN

PANTAI AMAL TARAKAN - KALIMANTAN UTARA 2014

“Perubahan perlu dikomunikasikan dengan baik, sebab perubahan sedang menciptakan masa depan yang lebih baik untuk semua orang.”~Djajendra

Perubahan menghasilkan ketidakpastian bagi orang-orang yang suka dengan zona nyaman. Di sisi lain, perubahan disenangi oleh orang-orang yang suka tantangan dan yang berani mengambil risiko. Bagi yang suka tantangan, perubahan adalah sebuah petualangan yang menyenangkan. Bagi yang mencintai zona nyaman, perubahan adalah sesuatu yang menyakitkan.

Tanpa perubahan kehidupan organisasi berpotensi mundur, pencapaian kinerja turun. Perubahan merupakan cara untuk beradaptasi dengan kemajuan dan harapan yang lebih tinggi. Perubahan menjadi sangat penting untuk bisa melayani kebutuhan pelanggan; menjadi sangat penting untuk terus-menerus meningkatkan usaha dan kinerja.

Tantangan terberat dalam perubahan adalah menghadapi orang-orang yang suka zona nyaman. Pemimpin perubahan harus menyiapkan strategi komunikasi yang tepat, sehingga dapat menyadarkan dan membukakan pikiran dari orang-orang yang malas berubah.  Komunikasi yang penuh empati dan toleransi, dibutuhkan agar tingkat ketidakpastian, yang dirasakan oleh para penghuni zona nyaman dapat dikurangi. Pemimpin perubahan harus mampu mengirimkan pesan yang jelas, dan memotivasi setiap orang untuk terlibat menjadi bagian dari proses perubahan.

Perubahan yang tidak jelas akan menjadi berita buruk, dan meningkatkan stres di tempat kerja. Setiap perubahan harus dikomunikasikan sejelas mungkin, sehingga semua ketidakpastian dapat dikurangi. Perubahan harus menjadi berita baik, dan dapat memberikan informasi yang tepat. Perubahan yang tidak terkomunikasi dengan baik berpotensi menciptakan rumor. Rumor dan desas-desus berpotensi menciptakan ruang gelap di dalam zona nyaman, sehingga orang-orang tak mampu melihat terang dari zona nyamannya.

Jangan pernah menyembunyikan informasi. Pastikan setiap orang tercerahkan dan mampu menerima perubahan dengan akal sehat. Berdayakan dan libatkan setiap insan organisasi, untuk bekerja dan memberikan respon yang produktif di dalam proses perubahan.

Bagi pencinta zona nyaman, perubahan selalu menghasilkan kepahitan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pendekatan dan komunikasi yang memahami suasana batin mereka. Berikan gambaran besar yang ingin dicapai; kuatkan mereka dengan inspirasi dan motivasi; semangatkan mereka untuk terlibat di dalam proses perubahan; dan yakinkan mereka bahwa mereka sedang mempersiapkan diri untuk kemajuan.

Setiap orang harus masuk ke dalam proses komunikasi yang tepat, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Setiap orang disadarkan untuk mengenali arah perubahan, dan memahami manfaat yang akan mereka dapatkan, ketika organisasi mencapai keberhasilannya melalui proses perubahan.

Perubahan tidak boleh menghadirkan rasa takut. Perubahan tidak boleh mengedepankan isu-isu pemutusan hubungan kerja. Perubahan tidak boleh mengancam dan mengecewakan. Perubahan harus menjadi cara untuk membangun ke arah yang lebih baik. Perubahan harus menjadi cara untuk memberdayakan setiap individu dengan sepenuh hati. Dan, bila tetap ada individu-individu yang tidak sepenuh hati dalam perubahan, maka mereka pasti menghadapi konsekuensi yang merugikan karirnya.

Perubahan yang terkomunikasi dengan baik akan meningkatkan kepercayaan, kepuasaan, dan menyatukan setiap individu di dalam soliditas, yang terfokus pada pencapaian terbaik. Setiap ketidakpastian yang dirasakan, haruslah dikuatkan dengan harapan, dan digerakan dengan cara kerja yang terfokus pada tujuan perubahan.

Jangan pernah meremehkan cara berkomunikasi. Gunakan empati dan toleransi di dalam komuniasi. Gunakan tatakrama dan bahasa santun di dalam komunikasi. Gunakan kata-kata pilihan yang berkarakter kuat dan tegas dalam membangkitkan semangat perubahan. Yakinkan setiap orang bahwa perubahan akan menjadikan mereka lebih hebat.

Perubahan membutuhkan cara berkomunikasi yang mengembangkan potensi insan organisasi. Setiap orang harus diarahkan ke dalam proses belajar, dan melatih mereka menjadi rendah hati, sehingga aliran perubahan dapat dipelajari dan diimplementasikan dengan mudah. Sifat komunikasi harus fleksibel dan mampu memotivasi suasana hati, menjadi lebih positif dan yakin dengan perubahan.

Perubahan selalu memiliki resistensi. Gunakan komunikasi yang tepat untuk mengantisipasi dan menanggapi resistensi. Resistensi yang hebat hanya disebabkan oleh orang-orang yang sudah sangat mencinta zona nyaman. Mungkin juga mereka akan kehilangan sesuatu dari zona nyaman, bila terlibat dalam proses perubahan. Kekhawatiran dan perasaan tidak pasti selalu menciptakan resistensi yang kuat. Dan, seorang komunikator yang andal pasti mampu memberikan pencerahan dan mengajak setiap insan organisasi untuk menjadi agen perubahan yang andal.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com