NILAI SEBAGAI PENGAWAL PERILAKU KERJA

“Bagi profesional sejati, hidup di dalam nilai adalah prioritas pertama. Dan, mereka harus menyiapkan dirinya, untuk beradaptasi dengan nilai-nilai inti organisasi.”~Djajendra

Satu-satunya sahabat yang paling bisa dipercaya dan diandalkan di tempat kerja adalah nilai. Nilai bisa menyatukan orang-orang di dalam tim kerja yang andal. Nilai mampu mendorong orang-orang, untuk tidak membuat kesalahan di proses kerja. Nilai mampu menjaga organisasi dari perilaku dan sikap yang merusak organisasi.

Nilai-nilai budaya kerja merupakan kekuatan yang sangat menentukan kinerja dan reputasi organisasi. Nilai-nilai budaya kerja mendorong terciptanya sikap, perilaku, kebiasaan kerja, pola kerja, karakter kerja, dan etos kerja, seperti yang diinginkan oleh organisasi melalui nilai-nilai pilihannya.

Nilai adalah pengawal setia untuk sebuah perilaku, karakter, dan sikap yang ingin Anda miliki di dalam kehidupan. Nilai-nilai positif akan mendorong Anda untuk menghormati orang lain, menghormati diri sendiri, melayani dengan hati, bekerja penuh disiplin, bertanggung jawab dengan sepenuh hati, dan berkinerja semaksimal mungkin. Nilai mampu mendorong Anda untuk menyediakan hal-hal terbaik di dalam kepribadian Anda yang ikhlas, tulus, peduli, dan melayani.

Sebuah tempat kerja terbaik tercipta oleh nilai-nilai positif, yang dipahami dan diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai adalah inti budaya. Nilai-nilai adalah akar budaya. Nilai-nilai adalah awal terbentuknya sebuah budaya kerja. Ketika nilai-nilai memperkaya soliditas dan membangun budaya saling percaya, saling membantu, saling menghormati, saling bekerja sama, saling menyingsingkan lengan baju untuk sebuah pencapaian terbaik; maka, organisasi akan memiliki budaya kuat, dan orang-orang andal, yang berproses kerja di dalam nilai-nilai budaya, yang semakin menguatkan untuk pencapaian terbaik.

Ketika setiap insan organisasi sudah mengenali, memahami, menyatukan hati di dalam nilai-nilai budaya organisasi. Maka, nilai-nilai tersebut akan mengeluarkan kekuatan dan energi, yang membuat setiap insan organisasi tergerak secara sadar, untuk bekerja keras mencapai yang terbaik.

Setiap orang harus dilatih dan dibiasakan dengan disiplin tinggi, untuk beradaptasi dengan nilai-nilai budaya. Tidak semua orang mampu untuk hidup di dalam nilai-nilai pilihan organisasi, tetapi mereka harus didorong dan dimotivasi untuk menjadi profesional sejati, dan perilakunya dikawal dengan nilai-nilai budaya organisasi. Bagi profesional sejati, hidup di dalam nilai adalah prioritas pertama. Dan, mereka harus menyiapkan dirinya, untuk beradaptasi dengan nilai-nilai inti organisasi.

Setiap kesulitan untuk menyesuaikan perilaku dengan nilai-nilai inti budaya organisasi, akan menghasilkan budaya organisasi yang lemah dan tidak kuat. Jadi, setiap insan organisasi harus sadar tentang pentingnya menyatukan jiwa dan kepribadiannya di dalam nilai-nilai inti organisasi.

Nilai-nilai adalah prinsip terpenting untuk mencapai prestasi dan kinerja terbaik. Bila Anda menggunakan prinsip-prinsip kerja sesuai nilai-nilai organisasi, dan semua perilaku Anda berpegang teguh kepada nilai-nilai inti organisasi, maka Anda akan menjadi bintang yang bersinar terang di tempat kerja.

Nilai-nilai inti budaya organisasi akan mengatur irama kerja yang harmonis dan penuh integritas. Setiap orang yang secara sadar mengalir di dalam budaya positif, akan menjadi energi yang peduli untuk menguatkan etos kerja.

Etos kerja yang baik akan menciptakan karakter kerja yang saling memahami, saling terhubung secara efektif, saling bergerak untuk mencapai misi kerja sehari-hari.

Nilai-nilai inti budaya organisasi menyatukan energi positif organisasi. Lalu, mendorong semua insan organisasi, untuk membangun hubungan kerja minim ego sektoral. Dan, menciptakan lingkungan kerja yang produktif, efektif, efisien, kepuasan kerja yang optimal, serta kemampuan untuk mengoptimalkan potensi kreatif.

Untuk training hubungi http://www.djajendra-motivator.com