PROGRAM CAPACITY BUILDING “MOTIVASI PIKIRAN POSITIF” 1 HARI 4 JAM

PROGRAM CAPACITY BUILDING “MOTIVASI PIKIRAN POSITIF” 1 HARI 4 JAM

TEMA: MENGUATKAN PIKIRAN POSITIF DAN MENJADIKAN HIDUP LEBIH BAHAGIA

“Jika Anda Dapat Mengendalikan Pikiran Negatif Anda Sejak Dini, Maka Akan Lebih Mudah Bagi Anda Untuk Menghentikannya Sebelum Dia Membawa Anda Ke Dalam Masalah Besar.”~Djajendra

DESKRIPSI

Pikiran adalah sesuatu yang menggerakan hidup untuk menjadi bahagia atau tidak bahagia. Bila pikiran tidak terkendali, maka hidup pun akan menjadi tidak terkendali. Bila pikiran mampu dikendalikan dan diarahkan sesuai harapan, maka pikiran akan menjadi kekuatan yang luar biasa untuk membuat diri mencapai harapan dan impian dalam kebahagiaan abadi.

Fakta kehidupan menghadirkan dua jenis pikiran, yaitu pikiran positif dan pikiran negatif. Pikiran positif dihasilkan dari nilai-nilai kehidupan positif, dan akan menjadi sumber kebahagiaan dan kedamaian hidup. Sedangkan pikiran negatif dihasilkan dari nilai-nilai kehidupan negatif, dan akan menjadi sumber ketidakdamaian dan ketidakbahagiaan hidup.

Ketika Anda sadar untuk bekerja keras dan bertindak agar pikiran negatif selalu terkecilkan, maka Anda akan mampu menjinakkan pikiran negatif Anda. Lalu, membuatnya menjadi pikiran positif dan meraih sumber kebahagiaan hidup Anda.

Untuk meyakinkan Anda bahwa pikiran negatif merupakan sumber penderitaan dan ketidakbahagiaan hidup, Anda dapat belajar dari memperhatikan saat Anda mengalami pikiran negatif. Saat pikiran negatif menguasai isi kepala Anda, maka Anda pasti akan terlempar ke dalam kekhawatiran, ketakutan, mengasihani diri sendiri, benci, dendam, serakah, tidak ikhlas, sombong, meremehkan, tidak mempercayai, marah, dan banyak hal-hal negatif lainnya. Dampaknya, semua hal-hal negatif dalam pikiran Anda itu akan menguras kesehatan jiwa dan tubuh Anda, serta membuat Anda menghabiskan hari-hari Anda dengan suasana hati yang tidak damai dan penuh dengan hal-hal negatif perusak kebahagiaan hidup.

Ketika pikiran negatif menguasai kehidupan Anda, maka mulailah dengan energi tenang dan sabar, lalu berlatihlah setiap hari untuk membiasakan pikiran Anda dengan nilai-nilai kehidupan positif. Cobalah untuk tidak memiliki reaksi emosional untuk setiap pikiran negatif yang muncul. Diamkan pikiran negatif dalam rasa syukur, jiwa besar, memaafkan, terima kasih, ikhlas, peduli, cinta, dan toleransi. Jangan pernah berniat melawan atau pun memberantas pikiran negatif. Sebab, setiap reaksi keras Anda terhadap pikiran negatif akan membuat nilai-nilai negatif memperkuat dirinya secara otomatis untuk melawan diri Anda. Ingat bahwa Anda adalah apa yang Anda pikirkan dan lakukan. Oleh karena itu, berpikirlah tentang kebaikan, keindahan, dan hal-hal positif yang membuat hati Anda damai dan tenang. Biasakan pikiran Anda untuk hanya bersahabat dengan sumber kebaikan hidup, dan menjauhkan diri Anda dari sumber ketidakbaikan hidup.

Jika Anda dapat mengendalikan pikiran negatif Anda sejak dini, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menghentikannya sebelum dia membawa Anda ke dalam masalah besar. Pikiran negatif seringkali muncul dari hal-hal kecil yang kelihatannya sangat remeh, tapi hal-hal kecil yang remeh itu akan menjadi sesuatu yang mulai tumbuh, dan suatu ketika dari masalah kecil akhirnya dia dapat menjadi masalah besar yang membuat hidup Anda jauh dari kedamaian dan kebahagiaan. Hentikan pikiran negatif semenjak dia masih sangat kecil, dan jangan pernah membiasakan pikiran Anda untuk bersahabat dengan nilai-nilai kehidupan negatif yang jauh dari sumber kebaikan hidup.

Pastikan Anda cerdas dan memiliki kejernihan hati untuk menilai tentang baik dan tidak baiknya pemikiran Anda. Kejujuran Anda terhadap diri sendiri harus dilengkapi dengan nilai-nilai keyakinan hidup Anda yang penuh dengan cinta, toleransi, empati, dan kontribusi buat kemanusiaan dalam keragaman hidup. Pengalaman paling negatif tidak didasarkan pada realitas. Jadi tanyakan pada diri sendiri, “Apakah pikiran Anda itu 100% benar?” Biasanya ini akan membantu Anda untuk memecah makna dari pikiran yang sedang berputar dalam kepala Anda.

Setiap hari carilah cara untuk meningkatkan pikiran positif. Lakukan interospeksi diri melalui perenungan dan doa, buktikan melalui kekuatan integritas diri Anda untuk memastikan bahwa pikiran yang sedang dalam kepala Anda itu adalah pikiran positif yang menghasilkan kebaikan buat kehidupan secara umum, dan buat diri Anda secara khusus.

Jangan menyalahkan diri sendiri atau orang lain atas masih berkeliarannya pikiran negatif dalam kepribadian Anda. Pastikan Anda mampu menahan diri untuk tidak menyalahkan diri sendiri atau pun orang lain ketika Anda mendapati diri Anda berpikir negatif. Saat pikiran negatif menguasai Anda, perkuat pikiran positif melalui afirmasi kata-kata positif dari kesadaran diri terdalam Anda.

Hidup adalah sebuah latihan yang berkelanjutan untuk seumur hidup. Jadi pikiran negatif bisa hadir dari waktu ke waktu untuk menggoda sifat baik Anda. Hanya Anda yang menyadari dan memilih untuk tidak mendengarkan semua dari pikiran negatif tersebut, akan mampu melanjutkan hidup bersama pikiran positif untuk meraih kebahagiaan dan kedamaian hidup Anda.

Program empat jam ini memotivasi peserta untuk merawat kekuatan pikiran positif. Bila pikiran positif terawat dan terjaga dengan baik, maka sangat mudah untuk mendapatkan kebahagian, hubungan baik, kinerja yang produktif, perilaku yang saling menguatkan di tempat kerja, serta menghindarkan diri dari risiko dan bahaya pikiran negatif.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Mengelola dan merawat pikiran positif agar dapat menurunkan stres, meningkatkan kesehatan, meningkatkan kinerja, meningkatkan hubungan baik, meningkatkan karir, dan meningkatkan kebahagiaan.
  2. Berpikir positif dapat meningkatkan fokus pada pekerjaan dan mengurangi kelalaian kerja.
  3. Berpikir positif dapat meningkatkan sikap, perilaku, dan perbuatan positif.
  4. Berpikir positif dapat meningkatkan keterampilan emosional positif, dan kemampuan untuk merespon konfrontasi/konflik dengan energi positif.

MANFAAT PELATIHAN

  1. Memahami pikiran positif sebagai sumber kebahagiaan dan kebaikan hidup.
  2. Memahami bagaimana diri berpikir negatif dan cara untuk menghentikan kebiasaan pikiran negatif.
  3. Mencegah eskalasi pikiran negatif.
  4. Komunikasi positif dan mengendalikan emosi negatif.
  5. Menanggapi konflik dengan pikiran positif.
  6. Berpikir positif dan menjaga keseimbangan emosional diri.
  7. Menguasai energi positif dan tidak terpengaruh oleh kekacauan dari luar diri.
  8. Tulus memberikan maaf pada diri sendiri dan orang lain.
  9. Kepribadian positif dalam empati dan toleransi kehidupan.

METODOLOGI PELATIHAN

Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Brainstorming, Icebreaker

GARIS BESAR MATERI PEMBAHASAN SELAMA 4 JAM

TEMA: MENGUATKAN PIKIRAN POSITIF DAN MENJADIKAN HIDUP LEBIH BAHAGIA

Sub Bahasan

  1. Berpikir positif dan Bahaya pikiran negatif
  2. Baik dan buruk dari pikiran positif
  3. Pikiran menghasilkan emosi
  4. Pikiran positif menurunkan stres dan meningkatkan kegembiraan
  5. Memahami mindset dan siklus ketahanan diri
  6. Peristiwa dan urutan kejadian yang memicu pikiran negatif
  7. Tanda-tanda energi negatif merusak pikiran positif
  8. Empati dan toleransi untu meningkatkan komunikasi positif
  9. Teknik mental untuk membantu mengelola pikiran positif
  10. Cara meningkatkan kualitas emosional positif
  11. Pikiran positif mencegah dan menangani potensi konflik
  12. Menggunakan energi positif  dalam mengelola konfrontasi
  13. Berpikir positif meningkatkan fokus pada pekerjaan
  14. Cara menciptakan lingkungan kehidupan yang positif
  15. Pikiran positif menurunkan tekanan kerja
  16. Berpikir positif, melihat sukses, merasakan kebaikan, berurusan dengan panik, dan fokus untuk lebih baik
  17. Berpikir positif dan tidak merasa gentar dengan kompetisi
  18. Menanam nilai-nilai positif di dalam hati nurani
  19. Merasakan bahagia dan menikmati kehidupan yang harmonis
  20. Menguatkan hubungan baik dengan orang lain
  21. Menguatkan energi positif dan mengecilkan energi negatif
  22. Meningkatkan kualitas keterampilan emosional positif

UNTUK TRAINING HUBUNGI

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL

Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210

Telepon: (021) 5701505

Hp: 0812 8777 083 / 0812 131 888 99

Fax: (021) 5738105

Website:http://djajendra-motivator.com

E-mail:training@djajendra-motivator.com