MENETAPKAN DAN MEMELIHARA NILAI-NILAI ETIKA PERUSAHAAN

DJAJENDRA 16 07 2014 “Etika bukan sekadar kata-kata normatif yang tersimpan di dalam sebuah panduan, tetapi sebuah perilaku yang memelihara nilai-nilai dan kewajiban, yang ada di dalam panduan menjadi pola kerja.”~Djajendra

Etika terekspresi melalui nilai-nilai yang diharuskan menjadi perilaku. Ketika perusahaan menetapkan pedoman kode etik dan etika bisnis, maka nilai-nilai dan perilaku yang diwajibkan di dalam pedoman tersebut haruslah dibiasakan dalam etos kerja dan karakter kerja.

Etika bisnis diperlukan untuk mengamankan perusahaan dalam jangka panjang. Etika bisnis yang terpelihara dan terawat dengan baik berpotensi menjaga kepercayaan stakeholders kepada perusahaan. Setiap prinsip, norma, nilai, dan kewajiban yang mengisi jiwa pedoman etika bisnis haruslah ditanamkan dan dikembangkan ke dalam hati nurani, pikiran, dan emosi.

Bisnis yang berkualitas pastinya terbentuk dari tata kelola dan kode etika bisnis yang penuh integritas. Kemauan perusahaan untuk menetapkan nilai-nilai dan standar etika bisnis, harus diikuti dengan kerja keras yang berkelanjutan, untuk menanam nilai-nilai dan semangat etika bisnis di dalam perilaku kehidupan kerja.

Orang-orang yang taat dan konsisten dengan etika bisnis, merupakan energi baik untuk menjalankan tata kelola bisnis yang sehat. Etika bisnis menjadikan setiap insan perusahaan terfokus pada kepentingan perusahaan. Semua orang pasti berada dalam satu misi tunggal, sehingga menjadi kekuatan kolaboratif untuk menghasilkan kinerja bisnis terbaik.

Setiap direktur dan komisaris perusahaan haruslah menjadi energi positif etika bisnis yang mempengaruhi pola kerja karyawan. Etika merupakan perilaku yang harus dapat dirasakan dan dinikmati kebaikannya. Etika bukan sekadar kata-kata normatif yang tersimpan di dalam sebuah panduan, tetapi sebuah perilaku yang memelihara nilai-nilai dan kewajiban yang ada di dalam panduan. Semakin hebat kepemimpinan perusahaan menjalankan etika bisnis sebagai sesuatu yang terpenting, semakin tinggi reputasi dan keberlanjutan kinerja terbaik perusahaan.

Etika bisnis merupakan benteng pertahanan perusahaan dari sisi moral dan karakter. Seperti diketahui bahwa moral dan karakter merupakan sebuah kebutuhan untuk meningkatkan dan memulihkan kepercayaan dalam bisnis. Semakin tinggi dan konsisten kualitas moral dan karakter positif sumber daya manusia, semakin tinggi tingkat kepercayaan pemangku kepentingan kepada perusahaan.

Etika bisnis haruslah dipimpin dan diterapkan di semua aspek kerja perusahaan. Nilai-nilai dan standar perusahaan haruslah menjadi kekuatan yang menciptakan konsistensi. Nilai-nilai yang menjadi perilaku sehari-hari pasti menjadi kekuatan yang menguatkan proses bisnis. Kepemimpinan yang andal selalu fokus dan memiliki target, untuk menginternalisasikan dan meningkatkan kualitas dari nilai-nilai etika perusahaan. Mereka tidak sekedar berjuang untuk kinerja keuangan dan kinerja bisnis, tetapi juga berjuang untuk kinerja moral dan karakter yang andal agar bisnis mereka selalu mendapatkan reputasi terbaik.

Menetapkan dan memelihara nilai-nilai etika perusahaan memerlukan tanggung jawab yang sepenuh hati. Setiap orang di perusahaan harus terbiasa menjalankan tata kelola perusahaan dengan energi etika bisnis. Setiap orang harus menegakan kode etik kerja dengan kesadaran penuh. Setiap orang harus terbiasa dan mengalir di dalam sistem dan proses kerja berdasarkan nilai-nilai dan keharusan etika bisnis.

Etika bisnis sangatlah penting untuk menjadikan perusahaan kuat dan terpercaya. Ketidakmauan untuk menjalankan etika bisnis hanya menjadikan perusahaan rentan dengan risiko, dan berpotensi melemahkan perjalanan perusahaan dalam mencapai visi.

Untuk training hubungi http://www.djajendra-motivator.com