BERBICARALAH YANG PANTAS DAN SESUAI KEBUTUHAN

“Jagalah kata-kata dan bahasa yang baik. Jangan pernah merendahkan harga diri, hanya karena suka berkata-kata yang tidak baik.”~Djajendra

Berbahasa yang baik dan berbicara yang positif adalah cara untuk menaikkan reputasi dan kredibilitas. Berbicaralah yang pantas agar orang-orang yang mendengarnya menghormati Anda. Kesadaran untuk berbahasa yang baik dan positif, akan meningkatkan kualitas Anda di dalam interaksi dengan berbagai pihak. Kata-kata baik akan menavigasi jalan kehidupan Anda menuju kebaikan dan kesuksesan.

Berbicara yang baik dan yang pantas adalah sebuah kebutuhan. Bila Anda ingin berkomunikasi dan berinteraksi dengan berkualitas, maka kuasai cara berbicara, kuasai kata-kata positif. Semua kata-kata baik dan positif mengandung energi kasih, sehingga Anda dapat terhubung dengan damai dan bahagia kepada siapapun. Cara berbicara yang pantas dan positif membangun hubungan baik yang saling menguntungkan.

Komunikasi yang efektif berarti mampu memfokuskan diri secara positif, sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai dari komunikasi tersebut. Ketenangan sikap dan perilaku, serta kecerdasan emosi agar tidak berkomunikasi secara destruktif, adalah cara terbaik untuk menciptakan hubungan baik. Pastikan cara berbicara Anda tidak terlalu berapi-api, penuh emosi marah, mengoceh tanpa arah, dan mengomel tanpa mendengarkan orang lain. Jagalah komunikasi positif dan ciptakan suasana hati yang tenang dalam setiap pembicaraan Anda.

Ketika Anda berbicara yang pantas dan sesuai kebutuhan, Anda akan menjadi energi baik yang membuat batin orang yang mendengarkan Anda itu damai, sehingga dia dengan senang hati akan membantu dan melayani Anda. Berbicara dengan orang lain merupakan interaksi dua energi yang saling membutuhkan kebaikan. Bila Anda mampu memberikan kebaikan dengan kata-kata positif, ekspresi bahasa tubuh yang santun, dan tata bahasa yang tepat, maka hubungan baik pasti terbangun dengan sempurna.

Berkomunikasilah dengan energi baik. Bila sejak bangun pagi Anda sudah mengisi diri Anda dengan kata-kata baik dan pikiran positif, maka pada hari itu Anda pasti mampu berkomunikasi dengan positif, sehingga mampu menghasilkan kepuasaan dan kesenangan dengan orang-orang yang berkomunikasi dengan Anda. Jangan pernah menyakiti siapapun dalam komunikasi Anda. Jagalah kata-kata baik, walau orang yang sedang berbicara dengan Anda itu sedang tidak sopan. Jadilah lebih tenang, lebih santai, dan lebih belajar dari sesuatu yang tidak sopan. Tetaplah menjadi pribadi positif yang penuh kasih, walau emosi negatif dari lawan bicara Anda sedang bergejolak tanpa arah.

Jangan pernah terjebak dalam komunikasi yang buruk. Bila Anda membiarkan komunikasi Anda di dalam energi negatif, maka Anda akan menghasilkan hubungan yang buruk. Yakinkan diri Anda bahwa apapun realitas emosi negatif yang sedang menekan komunikasi Anda; maka Anda tidaklah boleh marah, benci, atau merasa kecewa. Anda harus selalu bisa menjaga diri dan tetap di dalam kesadaran tertinggi untuk berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu, apapun realitas komunikasi Anda pastikan bahwa Anda mampu menjadi energi baik untuk mengalirkan komunikasi yang lebih tenang, lebih santai, penuh kasih, ramah, penuh senyum, tegas dan jelas.

Komunikasi yang baik tidak membawa rasa khawatir, tetapi membawa solusi dan jalan keluar terbaik. Berbicaralah hanya untuk kebaikan, jadilah penuh kasih di setiap pembicaraan, sehingga mampu menemukan hal-hal baik, untuk saling membantu dan saling berkontribusi melalui komunikasi positif.

Tidaklah perlu berbicara untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Berbicaralah hanya untuk meningkatkan kualitas kebaikan. Hindarkan diri Anda untuk membicarakan segala sesuatu yang tidak baik, sebab kata-kata Anda yang tidak baik itu hanya akan menjadikan Anda gagal untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Orang-orang baik adalah dia yang berucap dan berbahasa santun, sehingga menjadi energi positif yang mengkontribusikan hal-hal baik, untuk kehidupan yang lebih damai dan bahagia. Orang-orang tidak baik adalah mereka yang hobinya bersumpah, mengutuk, meluapkan marah, memfitnah, dan merusak kedamaian dengan kata-kata jelek. Orang-orang tidak baik adalah energi negatif yang menjadi akar kerusakan hidup, sehingga merekalah yang menjadi penyebab munculnya konflik, dan berbagai hasil negatif dari sebuah komunikasi yang gagal.

Berbicara adalah salah satu alat komunikasi yang paling penting. Setiap orang yang terhubung selalu saling berbicara. Bila setiap orang yang berbicara mampu berbicara dengan kata-kata baik dan bahasa tubuh yang santun, maka berbagai kebaikan pasti dihasilkan dari pembicaraan tersebut.

Untuk training hubungi http://www.djajendra-motivator.com