MENEMUKAN KARAKTER PEMIMPIN BESAR

“Pemimpin besar adalah pemimpin yang mempengaruhi semua orang, untuk membangun, dan tidak membiarkan orang-orang, untuk merusak atau menenggelamkan apa-apa yang telah dibangun.”~Djajendra

Salah satu ciri pemimpin besar adalah membuat orang-orang di sekitarnya, atau orang-orang yang dipimpinnya maju dan berkembang. Pemimpin besar adalah pabrik yang memproduksi sebanyak mungkin pemimpin andal dan yang berkualitas.

Pemimpin kecil selalu mengkonsentrasikan kekuatan dan kekuasaan di dalam dirinya. Dia tidak akan membiarkan orang lain tumbuh menjadi pemimpin, dia hanya menginginkan orang-orang di sekitarnya, dan orang-orang yang dipimpin patuh padanya, termasuk tidak menyainginya untuk menjadi pemimpin.

Pemimpin kecil sangat pandai mempropagandakan dirinya, seolah-olah dirinya adalah solusi untuk segala sesuatu, dia pasti tidak akan pernah mempunyai catatan apa-apa yang telah dikerjakan, dia hanya pintar menebar janji yang belum tentu bisa diwujudkan.

Pemimpin besar tidak akan banyak janji, tetapi selalu berperan untuk membuka hati dan jiwa dari orang-orang yang dipimpinnya, sehingga dia akan mempengaruhi dan mengajak semua orang untuk terlibat secara proaktif dalam mewujudkan semua yang dibutuhkan dan diinginkan.

Sebuah organisasi pasti berkembang pesat saat pemimpin besar memimpinnya. Setiap orang yang dipimpin oleh pemimpin besar pasti tumbuh dan berkembang. Sebagai makhluk sosial, setiap individu membutuhkan pemimpin yang membuatnya bergerak maju menuju tujuan dan visi yang diinginkan. Dalam hal ini, pemimpin besar selalu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dari budaya kepemimpinan yang telah disepakati secara bersama-sama. Pemimpin kecil selalu memonopoli kebenaran sesuai persepsi dan logika berpikirnya, sehingga dia akan mengabaikan nilai-nilai budaya kehidupan bersama.

Pemimpin besar selalu membuat orang-orang merasa diperhatikan, didengar, dan dilayani dengan sepenuh hati. Pemimpin besar selalu membuat orang-orang terlibat dan andal, juga sangat cerdas mendelegasikan tanggung jawab agar setiap orang menjadi bagian dari sesuatu yang sedang dikerjakan.

Pemimpin kecil selalu menjadi paranoid, sehingga sangat mudah marah dan curiga. Karakternya yang suka mementingkan diri sendiri membuatnya kehilangan empati, dan cendrung berpotensi menggunakan segala cara untuk membenarkan sikapnya. Pemimpin kecil berpotensi merusak pola kerja manajemen, dan pada akhirnya menghasilkan manajemen yang buruk dan yang tidak didukung dengan sepenuh hati oleh orang-orang di sekitarnya.

Pemimpin besar selalu memimpin untuk sesuatu yang baik. Dia memimpin dengan energi positif, dengan kata-kata positif. Dia selalu memimpin dengan prinsip-prinsip kepemimpinan yang jelas dan mudah dipahami oleh semua orang. Dia mampu menciptakan pesan positif dan mempengaruhi semua orang, untuk selalu bersamanya, dan menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama.

Pemimpin besar adalah pemimpin yang membuat orang-orang memiliki kepemimpinan tersebut. Dan, menyatukan setiap persepsi ke dalam satu visi dan satu budaya kehidupan bersama yang unggul dan kuat. Dia adalah pemimpin yang memberikan energi harapan, dan membuat semua orang percaya tentang kemampuannya untuk meraih harapan tersebut. Dalam hal ini, setiap orang sadar untuk berjuang dan memberikan kontribusi secara total agar harapan yang diingin dapat segera diwujudkan.

Pemimpin besar tidak akan mengorbankan orang lain, tetapi membantu dan memotivasi orang-orang untuk bangkit dan menjadi yang terbaik. Dan juga, selalu menempatkan diri di dalam persepsi orang lain, lalu menguatkan empati dan toleransi, serta mengurangi potensi konflik dan dilema.

Untuk training hubungi http://www.djajendra-motivator.com