PELAYANAN BERKUALITAS ADALAH INVESTASI

“Seorang penjual yang unggul tidak akan menghitung berapa target yang harus dicapai, tetapi dia akan menyiapkan kualitas dan keunggulan pelayanan untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan.” ~ Djajendra

Pelayanan unggul yang berkualitas merupakan target besar. Semakin unggul dan berkualitas sebuah pelayanan, semakin kompetitif dan berpeluang untuk mendapatkan keuntungan akhir terbaik. Pelayanan berkualitas adalah dasar untuk menciptakan semakin banyak pelanggan. Bila sudah semakin banyak pelanggan yang setia dengan produk dan jasa perusahaan, semakin sukseslah bisnis yang sedang dijalankan.

Mengutip kata-kata Sam Walton, pendiri Walmart,” tujuan sebagai sebuah perusahaan adalah untuk memiliki layanan pelanggan yang tidak hanya yang terbaik tetapi juga terlegendaris.”  Jadi, sekarang ini, sedang muncul kesadaran untuk membudayakan pelayanan berkualitas yang unggul di internal dan eksternal perusahaan. Di mana, semangat membudayakan pelayanan berkualitas tersebut merupakan upaya untuk menciptakan pelayanan yang terlegendaris.

Layanan merupakan tugas semua orang di dalam perusahaan, dan tidak boleh hanya diserahkan kepada para front liner atau customer service saja. Jadi, setiap orang wajib bekerja untuk pelayanan berkualitas, dan setiap orang harus memiliki empati di dalam memberikan pelayanan. Sebab, pelayanan unggul dan berkualitas, hanya dapat dihasilkan dari totalitas dan sepenuh hati, yang terkoordinasi untuk menghasilkan kualitas dan keunggulan.

Semakin mampu perusahaan menghasilkan jumlah pelanggan tetap yang lebih banyak, semakin pasti arah bisnis dan pencapaian target perusahaan. Pelanggan tetap adalah sumber keuntungan yang pasti. Jadi, setiap orang di dalam perusahaan wajib bersikap positif, dan memberikan layanan yang lebih berkualitas kepada semua pelanggan tetap.

Pelayanan berkualitas adalah investasi yang paling berharga. Perusahaan yang menyiapkan dirinya dengan totalitas dan sepenuh hati untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan, pasti akan menghasilkan keuntungan terbesar. Semua infrastruktur, budaya, dan karakter pelayanan unggul adalah sebuah investasi untuk memenangkan pertempuran kompetitif di pasar.

Pelayanan unggul adalah alat untuk menghasilkan bisnis yang menguntungkan. Semakin terawat keunggulan layanan perusahaan, semakin mudah untuk mendapatkan pelanggan baru dari berbagai segmentasi pasar.

Setiap bisnis yang hebat dibangun dengan memahami persepsi pelanggan; setiap bisnis yang besar dibangun dengan kekuatan empati terhadap pelanggan; setiap bisnis yang luar biasa besar dibangun di atas rasa percaya dan loyalitas pelanggan kepada jasa dan produk yang perusahaan jual. Intinya, siapapun yang mampu melayani dengan memahami suasana hati pelanggan, dan selalu bersikap positif untuk membantu pelanggan, maka dia akan tumbuh menjadi seorang pebisnis yang unggul.

Kesuksesan sebuah perusahaan dan keberhasilan bisnisnya sangat tergantung pada pelanggan. Dan, perusahaan yang mampu menginvestasikan uangnya untuk membangun jembatan penghubung antara sumber daya manusianya dengan para pelanggan, akan menjadi pemimpin pasar yang selalu menghasilkan kinerja terbaik.

Semakin terhubung sumber daya manusia perusahaan dengan para pelanggan di dalam sikap baik, semakin terjamin loyalitas pelanggan untuk tetap berbisnis dengan perusahaan Anda. Dan juga, semakin berpotensi mereka merekomendasikan kualitas layanan Anda kepada orang-orang yang belum menjadi pelanggan Anda.

Layanan adalah investasi yang paling menguntungkan, dan Investasi yang paling bebas risiko. Berikan layanan berkualitas yang lebih baik dari apa yang diharapkan oleh pelanggan Anda. Dan, pastikan pelanggan Anda selalu bahagia setelah berbisnis dengan Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com