KARAKTER DAN INTEGRITAS DALAM PELAYANAN

“Memberikan pelayanan yang baik seperti sedang membangun kehormatan perusahaan. Semakin berkualitas dan semakin memuaskan layanan perusahaan, semakin perusahaan mendapatkan kehormatan dan reputasi dari pelanggan.” ~ Djajendra

Pelayanan berkualitas adalah cara untuk mendapatkan respek dan kepercayaan yang lebih dari pelanggan.

Setiap orang di dalam perusahaan memiliki tanggung jawab otomatis, untuk terus tumbuh dan menjadi matang sebagai seorang pribadi dengan karakter kerja yang melayani. Intinya, dalam hal pelayanan, setiap orang harus memiliki kesadaran, dan menyesuaikan dirinya dengan visi, nilai-nilai, dan budaya perusahaan, serta mengembangkan keahliannya untuk bisa menjadi seorang yang melayani perusahaan dan stakeholders dengan sikap baik.

Dalam pelayanan yang berkualitas peran karakter dan integritas menjadi sangat menentukan. Karakter pelayanan yang bersumberkan nilai-nilai, budaya perusahaan, dan kepribadian yang positif, akan memudahkan energi diri mengalir dengan baik di dalam sistem dan proses pelayanan perusahaan. Integritas yang berkualitas akan mengekspresikan karakter pelayanan yang penuh tanggung jawab, peduli, berempati, konsisten, dan memberikan yang terbaik dengan jelas dan tegas.

Perusahaan yang unggul selalu mampu mendeskripsikan pekerjaan pelayanan dengan terang dan jelas. Definisi yang tidak tegas dan jelas tentang pelayanan, berpotensi menghasilkan kualitas pelayanan yang rendah. Oleh karena itu, pelayanan harus didefinisikan dengan hati-hati, dan diidentifikasikan dengan jelas agar semua orang di dalam perusahaan memahami arti pelayanan yang berkualitas yang diinginkan oleh visi perusahaan.

Pelayanan yang berkualitas tidaklah sebatas sikap, perilaku, dan karakter. Di sini, ada persoalan reputasi dan tanggung jawab bisnis, sehingga perusahaan harus menyiapkan infrastruktur pelayanan yang berbudaya melayani. Kemudian, setiap insan perusahaan harus benar-benar dilengkapi untuk menangani tantangan yang muncul dari tanggung jawab pelayanan perusahaan.

Karakter dan integritas dalam pelayanan adalah kunci sukses pelayanan. Untuk itu, perusahaan harus dengan jelas dan tegas menyiapkan daftar harapan yang tinggi, sehingga setiap insan perusahaan memahami tanggung jawab besarnya di dalam pelayanan. Bila sudah memiliki daftar harapan dan tanggung jawab, maka setiap insan perusahaan harus mengoptimalkan potensi sepenuhnya untuk melayani perusahaan, baik di internal maupun di eksternal.

Pelayanan membutuhkan energi komunikasi positif. Dalam hal ini, setiap insan perusahaan harus menyiapkan dirinya menjadi master komunikator yang mempromosikan cara kerja  dengan efektif, energik, etis dan berbudaya santun. Intinya, tata krama pelayanan yang menunjukkan sikap sepenuh hati, totalitas, dan bekerja sesuai dengan visi dan nilai-nilai budaya perusahaan.

Tantangan dalam pelayanan adalah sesuatu yang pasti. Diperlukan mental dan perilaku yang selalu menunjukkan kemauan untuk merangkul perubahan, dan cepat dapat beradaptasi dengan jawaban dari tantangan pelayanan. Jadi, yang paling penting, setiap tantangan harus ditemukan solusinya, lalu menyesuaikan kebiasaan diri dengan disiplin, untuk bisa melayani solusi baru tersebut dengan sepenuh hati dari karakter pelayanan yang unggul dan konsisten.

Karakter pelayanan yang berkualitas didasarkan dari budaya yang dikuatkan oleh energi akuntabilitas dan tanggung jawab. Semangat, ketekunan, disiplin, ketenangan, rasa hormat, adalah sebagian dari nilai-nilai terpenting untuk meningkatkan kualitas pribadi. Bila kualitas pribadi sudah unggul, maka dengan mudah pribadi tersebut dapat menghasilkan energi akuntabilitas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang baik.

Sportivitas, integritas dan karakter merupakan aspek yang harus keluar dari kepribadian untuk pelayanan yang berkualitas. Di samping itu, perusahaan juga harus menciptakan lingkungan kerja dengan struktur, budaya, etika, disiplin dan hal-hal lain yang memungkinkan untuk penciptaan kualitas pelayanan. Semua aspek dari perusahaan harus menjadi energi kehadiran yang konsisten dari setiap insan perusahaan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com