KARAKTER KERJA DAN BUDAYA PERUSAHAAN MERUPAKAN PILAR TERPENTING UNTUK PENINGKATAN KINERJA

DJAJENDRA 20 NOV 2013

KARAKTER KERJA DAN BUDAYA PERUSAHAAN MERUPAKAN PILAR TERPENTING UNTUK PENINGKATAN KINERJA

“Bisnis yang unggul adalah bisnis yang dihasilkan dari pola kerja yang berbudaya dan berkarakter unggul. Bila bisnis sudah mengalir di dalam kekuatan budaya dan karakter, maka bisnis tersebut selalu akan mencapai omset dan keuntungan yang lebih tinggi. Dalam hal ini, penjualan akan terus-menerus meningkat, kualitas pelayanan akan terus-menerus dikagumi oleh pemangku kepentingan, dan perusahaan akan secara konsisten mencapai kinerja dan prestasi terbaik.” ~ Djajendra

Setiap orang dalam perusahaan adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar. Oleh karena itu, diperlukan karakter dan budaya kerja yang tepat agar semuanya menjadi lebih berharga bersama visi perusahaan. Budaya organisasi dan karakter kerja adalah dua hal terpenting, untuk menyatukan setiap individu ke dalam misi besar perusahaan.

Karakter kerja adalah kekuatan yang harus dibangun dari nilai-nilai perilaku kerja.  Dalam hal ini, nilai-nilai inti yang sudah dikomitmenkan di dalam budaya organisasi, haruslah diinternalisasikan dan dialirkan ke dalam jiwa setiap insan perusahaan. Lalu, menjadikannya sebagai energi kolaborasi untuk menghidupkan nyawa atau roh dari budaya organisasi, sehingga setiap insan perusahaan mampu memainkan peran dan fungsinya sebagai energi pencipta kinerja optimal. Jadi, karakter dan budaya merupakan pilar terpenting untuk membuat semua orang berkontribusi dan melayani pencapaian kinerja terbaik.

Perusahaan-perusahaan unggul selalu bekerja dengan pedoman kerja yang jelas dan sederhana agar segala sesuatu dapat dikerjakan secara konsisten. Pedoman kerja dengan nilai-nilai perilaku kerja selalu membantu untuk penciptaan karakter kerja sesuai budaya perusahaan. Pedoman kerja yang dijiwai, mampu mengekspresikan budaya kerja, sehingga insan perusahaan mampu mencapai kinerja terbaik di dalam kekuatan kerja yang berbudaya dan berkarakter unggul.

Bisnis yang unggul adalah bisnis yang dihasilkan dari pola kerja yang berbudaya dan berkarakter unggul. Bila bisnis sudah mengalir di dalam kekuatan budaya dan karakter, maka bisnis tersebut selalu akan mencapai omset dan keuntungan yang lebih tinggi. Dalam hal ini, penjualan akan terus-menerus meningkat, kualitas pelayanan akan terus-menerus dikagumi oleh pemangku kepentingan, dan perusahaan akan secara konsisten mencapai kinerja dan prestasi terbaik.

Budaya dan karakter haruslah terlihat dan tampil untuk meyakinkan stakeholders tentang kuatnya jati diri perusahaan. Perusahaan-perusahaan unggul selalu menentukan nilai-nilai kerja, menentukan nilai-nilai perilaku, dan menampilkan nilai-nilai tersebut di dalam karakter kerja perusahaan. Di sini,  perusahaan menjadikan budaya sebagai tempat untuk berkembang dan tumbuh bersama harapan untuk menjadi bagian terbaik dari reputasi perusahaan.

Budaya unggul dimulai dengan kisah yang hebat dari para pendiri perusahaan. Kisah dan cerita awal perjuangan haruslah menjadi inspirasi yang memotivasi gairah kerja setiap orang, dan juga menjadi semacam energi untuk meningkatkan keyakinan dan kepercayaan pada pencapaian terbaik. Bila hal ini terwujud, maka dari sinilah awal pembentukan karakter kerja sejati sesuai dengan budaya organisasi, yang akan terhubung ke dalam mindset setiap insan perusahaan.

Setiap orang di dalam perusahaan adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar. Visi yang terang dan budaya yang mengalir di dalam jiwa, adalah kekuatan yang sangat dibutuhkan untuk menciptakan hasil terbaik dari pekerjaan besar perusahaan. Setiap orang di dalam perusahaan harus selalu membawa sesuatu yang positif di dalam aliran kolaborasi dan koordinasi, sehingga tujuan besar perusahaan dapat diwujudkan secara bersama-sama dengan kinerja optimal.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com