MELIBATKAN FUNGSI SATPAM PERUSAHAAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN

djajendraMELIBATKAN FUNGSI SATPAM PERUSAHAAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN

“Seorang satpam, walaupun sudah menunjukkan batas wilayahnya dengan seragam dan atribut yang dipakai. Tetapi, dia haruslah melebur dalam aliran budaya perusahaan, juga menjiwai nilai-nilai budaya dan nilai-nilai perilaku utama insan perusahaan tempat dia mengabdi sebagai satpam.” ~ Djajendra

Satpam atau satuan pengamanan di perusahaan, perannya sekarang telah berkembang menjadi frontliner yang membantu pelayanan sempurna perusahaan. Seperti diketahui bahwa fungsi satpam yang aslinya adalah untuk menjaga keamanan wilayah dalam dan luar dari sebuah perusahaan. Sekarang ini, sedang terjadi perubahan, satpam tidak hanya diperlukan untuk melaksanakan pengamanan yang sifatnya fisik, tetapi juga telah berkembang perannya untuk melengkapi wilayah pelayanan perusahaan dengan sikap yang lebih ramah dan banyak senyum.

Satpam selalu menjadi orang pertama yang ditemui pelanggan saat berinteraksi dengan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan yang berorientasi pada pelayanan sempurna, sangat berharap pada penampilan satpam yang lebih profesional, lebih berbahasa tubuh positif, lebih tersenyum, lebih memberikan kesan yang membantu kenyamanan dan keamanan pelanggan. Intinya, satpam harus tampil dengan sikap dan perilaku yang lebih melayani harapan dan kebutuhan pelanggan, tanpa kehilangan identitas sebagai penjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

Kesan pertama yang ramah dan membantu pelanggan akan menjadi awal yang baik untuk pelayanan berkualitas. Jadi, seorang satpam, walaupun sudah menunjukkan batas wilayahnya dengan seragam dan atribut yang dipakai. Tetapi, dia haruslah melebur dalam aliran budaya perusahaan, juga menjiwai nilai-nilai budaya dan nilai-nilai perilaku utama insan perusahaan, tempat dia mengabdi sebagai satpam.

Kemampuan satpam perusahaan untuk menciptakan kesan pertama yang positif kepada setiap pelanggan atau pemangku kepentingan lainnya, akan membuat target pelayanan perusahaan semakin mudah untuk dicapai. Di samping itu, satpam juga harus bersikap proaktif untuk membantu tugas-tugas customer services supaya pelayanan yang lebih berkualitas dapat diwujudkan dengan baik.

Wilayah garda depan merupakan wilayah wajah perusahaan, dan selalu menjadi andalan perusahaan untuk memperlihatkan karakter budaya perusahaan yang diimpikan, dan di sinilah wilayah kerja satpam. Kemampuan manajemen perusahaan untuk menciptakan kepribadian frontliner yang sesuai dengan nilai-nilai inti budaya perusahaan, akan menjadikan garda depan perusahaan selalu berperilaku sesuai dengan budaya perusahaan.  

Karakter atau penampilan seorang satpam haruslah ramah, tenang, bersih, rapih, berwibawa, supel, bersahabat, proaktif, membantu, terhubung, dan melayani. Dan semua ini, hanya dapat diwujudkan bila satpam terlatih untuk cerdas emosi dan berpikir lebih positif terhadap wilayah kerjanya.

Sejak mulai membukakan pintu gerbang perusahaan atau kantor perusahaan, satpam harus tampil dengan senyum dan memberikan salam penuh persahabatan. Satpam harus menampilkan karakter yang sangat profesional dan melayani, sehingga siapapun yang sedang masuk ke dalam wilayah perusahaan, bisa langsung merasakan reputasi dan kredibilitas perusahaan yang andal. Satpam juga harus tampil cerdas untuk memberikan informasi singkat tentang perusahaan, dan mampu mengarahkan tujuan pelanggan agar pelanggan bisa dengan mudah dan cepat terhubung ke customer services.

Jangan pernah menganggap kecil peran satpam. Siapapun yang tidak melibatkan fungsi satpam perusahaan untuk peningkatan kualitas pelayanan, maka dia akan gagal untuk memberikan pelayanan sempurna kepada pelanggan. Sebab, satpam dengan pasti menguasai wilayah garda depan perusahaan, dan siapapun yang ingin terhubung ke wilayah perusahaan atau kantor wajib melewati satpam. Jadi, bila perusahaan gagal memberikan kesan positif di wilayah garda depan ini atau di wilayah satpam ini, maka suasana hati yang tidak nyaman akan menjauhkan rasa cinta dan loyalitas pelanggan kepada perusahaan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com