ORANG-ORANG BAHAGIA BEKERJA DENGAN LEBIH PRODUKTIF

 

cropped-profile-djajendra.jpg

ORANG-ORANG BAHAGIA BEKERJA DENGAN LEBIH PRODUKTIF

“Meskipun bahagia adalah persoalan hati, dan sering sekali sifatnya sangat pribadi, tetapi perusahaan haruslah memiliki program-program untuk meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja. Jadi, bila perusahaan menginginkan para karyawan selalu termotivasi dan bergairah dengan pekerjaan, maka perusahaan harus membuat suasana hati karyawan bahagia. Sebab, bila karyawan sedang bahagia bersama perusahaan, dan sedang memiliki persepsi positif tentang perusahaan, maka mereka akan sangat termotivasi untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sepenuh hati dan produktif.” ~ Djajendra

Perasaan bahagia membawa energi positif, dan menjadikan orang-orang lebih percaya diri untuk menjalankan rutinitas kehidupan dan pekerjaan dengan totalitas. Jadi, lingkungan kerja yang terisi dengan orang-orang bahagia selalu memiliki gairah untuk menjadi lebih produktif.

Perusahaan yang unggul selalu memahami kekuatan energi bahagia, sehingga mereka suka merancang program-program yang bertujuan untuk menciptakan perasaan bahagia di hati para karyawan. Selain itu, mereka juga akan membangun budaya perusahaan yang kuat agar lingkungan kerja yang positif terwujud. Dalam hal ini, lingkungan kerja yang positif selalu mampu membantu memotivasi karyawan untuk berkontribusi dengan lebih baik.

Membangun lingkungan kerja positif dimulai dengan mengembangkan budaya kejelasan di semua wilayah kerja. Saat semua orang merasa jelas dan tegas tentang pekerjaannya, mereka mampu menggunakan waktu dengan efektif, untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Membangun kejelasan di tempat kerja akan mengurangi jumlah jam yang dibutuhkan untuk bekerja setiap minggu, sehingga para karyawan dapat menikmati lebih banyak waktu berkualitas untuk meningkatkan kualitas hubungan baik di tempat kerja. Kualitas hubungan baik ini akan menghasilkan energi bahagia, yang membuat semua orang menjadi semakin kolaboratif, serta terkoordinasi secara solid untuk menghasilkan kinerja terbaik.

Dalam hati yang bahagia selalu muncul kepribadian positif yang mampu menemukan panggilan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Dalam hal ini, orang-orang bahagia mampu menggunakan pikiran positif dan emosi cerdas untuk kesuksesan yang lebih cepat dan lebih mudah. Di sini, orang-orang bahagia tidak akan membuang-buang waktu dan energi untuk kegiatan yang tidak produktif. Mereka akan fokus untuk mencapai tujuan, dan tidak akan membiarkan dirinya terjebak dalam kelumpuhan oleh pikiran negatif dan stres.

Ketika karyawan merasa bahagia di tempat kerja, dan para pemimpin mampu membakar semangat juang karyawan dengan motivasi dan pencerahan yang luar biasa, maka energi produktif dari potensi karyawan akan memancar keluar untuk menghasilkan kinerja luar biasa. Jadi, karyawan yang termotivasi dari kejelasan peran dan fungsinya, akan membuat kontribusi yang meningkatkan reputasi dan kinerja perusahaan.

Budaya perusahaan yang kuat selalu merawat karyawan dengan sejumlah insentif pembangkit semangat. Dalam hal ini, bonus dan insentif keuangan lainnya untuk menghargai prestasi dan kinerja; kegiatan kekeluargaan di internal perusahaan dan juga kegiatan sosial di luar kantor, akan menciptakan ikatan yang kuat diantara karyawan dengan stakeholders lainnya di luar perusahaan; penyediaan fasilitas di tempat kerja, seperti:gym untuk berolahraga, kantin bersih,tempat bermain/penitipan anak, dan tempat menjalankan ibadah keagamaan, akan menjadikan karyawan lebih tenang dan fokus untuk menjalankan rutinitas di tempat kerja; memberikan pendidikan dan pelatihan secara berkelanjutan kepada seluruh karyawan, di semua tingkatan agar mereka menjadi lebih terampil, lebih percaya diri, lebih loyal, lebih bahagia, dan lebih menikmati pekerjaan; termasuk, kemampuan manajemen perusahaan untuk mengakui prestasi dan kinerja karyawan dengan adil, terbuka, dan jujur.

Menjadikan seluruh karyawan bahagia di tempat kerja haruslah dijadikan program yang terencana dengan baik. Untuk itu, perusahaan harus mau mengalokasikan dana khusus, supaya mampu menjalankan program-program yang menciptakan kebahagiaan karyawan secara berkelanjutan di sepanjang waktu.

Meskipun bahagia adalah persoalan hati, dan sering sekali sifatnya sangat pribadi, tetapi perusahaan haruslah memiliki program-program untuk meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja. Jadi, bila perusahaan menginginkan para karyawan selalu termotivasi dan bergairah dengan pekerjaan, maka perusahaan harus membuat suasana hati karyawan bahagia. Sebab, bila karyawan sedang bahagia bersama perusahaan, dan sedang memiliki persepsi positif tentang perusahaan, maka mereka akan sangat termotivasi untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sepenuh hati dan produktif.

Rahasia sukses dari perusahaan-perusahaan terbaik di dunia adalah selalu konsisten untuk menjaga kebahagiaan karyawannya. Mereka sangat paham bahwa motivasi yang paling hebat itu muncul dari perasaan bahagia karyawan dengan pekerjaannya. Jadi, mereka selalu membangun budaya kuat, insentif yang memotivasi, dan menjaga rasa bahagia dengan berbagai program perusahaan. Dan semua ini, mampu membuat para karyawan benar-benar mengabdi secara total dan berkontribusi dengan lebih produktif.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com